10 Cara gampang buat turunin tagihan listrik di rumah, dijamin hemat

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Siapa yang nggak pusing jika tagihan listrik di rumah jadi membengkak? Listrik memang menjadi persoalan wajib dalam kehidupan kita. Zaman sekarang, sepertinya listrik menjadi sebuah kebutuhan paling vital. Hampir semua peralatan yang membantu pekerjaan rumah tangga, menggunakan listrik sebagai sumber dayanya.

Menjadi sumber daya yang penting, listrik hendaknya tidak dipergunakan secara sia-sia. Penggunaan energi listrik harus sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Dengan begitu, kita turut menjaga kelestarian sumber daya yang vital bagi seluruh manusia ini.

Banyaknya kebutuhan yan harus dipenuhi, membuat kita harus berhemat dalam hal tagihan listrik. Nah, untuk menghematnya, ternyata caranya cukup mudah loh. Penasaran? Yuk kita simak 10 cara mudah buat turunin tagihan listrik di rumah yang Hoopsbyjudy rangkum dari listamaze, Senin (30/4) berikut ini.

1. Gunakan kulkas secara efisien.

Jika di rumah kamu menggunakan lemari pendingin untuk menyimpan berbagai macam makanan, pastikan kamu menggunakannya secara efektif ya. Isi penuh kulkasmu sehingga tidak membuang energi listrik secara cuma-cuma. Pasalnya, baik terisi penuh atau kosong, daya yang dipakai kulkas tetap sama.


2. Gunakan air dingin untuk mencuci.

Jika mesin cuci di rumahmu terdapat pilihan mencuci dengan air dingin atau panas, pilihlah untuk mencuci dengan air dingin. Hal ini untuk menghemat penggunaan daya, karena pemanas air di mesin cuci menyerap hingga 90% daya loh.


3. Gantilah peralatan lamamu dengan yang baru.

Jika kamu masih menggunakan peralatan lama untuk menunjang pekerjaan rumah, saatnya untuk mengganti mereka dengan yang baru. Hal ini untuk meningkatkan efisiensi penggunaan daya listriknya.


4. Gunakan peralatan hemat energi.

Sebelum membeli peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik sebagai sumber daya utamanya, pastikan kamu mengecek seberapa besar alat tersebut mengonsumsi energi di rumahmu.


5. Mengisolasi pemanas air.

Pemanas air atau water heater merupakan salah satu alat mesin elektrik yang mengonsumsi banyak daya listrik. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu mengisolasi pemanas airmu untuk mengurangi pembuangan panas yang dihasilkannya.

6. Gunakan lampu LED.

Lampu LED akan menghemat konsumsi daya listrik sebesar 80-90% loh. Oleh karena itu pastikan untuk membeli lampu yang ramah lingkungan seperti ini.

7. Gantilah AC dengan kipas angin.

Menggunakan AC akan meningkatkan konsumsi daya listrik di rumahmu. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan kipas angin agar menghemat penggunaan listrik.

8. Jangan lupa mencabut peralatan elektrik yang tidak digunakan.

Jika kamu kerap mengisi daya handphonemu jangan lupa untuk mencabut chargernya dari colokan. Nggak cuma itu, kamu bisa mencabut semua peralatan elektrik yang tidak terpakai dari colokannya. Hal ini akan menghemat konsumsi listrik di rumahmu.

9. Cobalah sumber daya energi yang terbarukan.

Energi listrik merupakan sumber daya yang terbatas, sehingga untuk menghematnya perlu digunakan sumber energi yang terbarukan, misalnya dari panel surya. Kamu bisa menerapkan panel surya sederhana di rumahmu juga loh.

10. Rutin memeriksa arus listrik.

Kebocoran listrik sering terjadi dalam rumah tangga, sehingga diperlukan pengecekan rutin. Hal ini untuk menghindari laju arus listrik yang terbuang sia-sia.

 

(brl/lin)