10 Kreasi olahan makanan dari kurma, lezat buat berbuka puasa

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Kurma merupakan tanaman yang berasal dari Timur Tengah. Makanan ini membanjiri pasar di Indonesia, khususnya saat Ramadan tiba. Berbagai jenis kurma seperti kurma Ajwah, Dehlet Noor, Amer Hajj, dan lain sebagainya dapat dibeli dengan harga yang bervariasi.

Banyak ahli kesehatan menganjurkan umat muslim mengkonsumsi kurma selama berpuasa. Pasalnya buah ini memiliki manfaat baik bagi orang berpuasa. Antara lain menjadi sumber energi yang baik, mencegah sembelit, menyeimbangkan keasaman darah dan lain sebagainya.

Kurma biasanya bisa dimakan langsung. Namun jika bosan memakan kurma secara langsung, bisa juga dikreasikan menjadi olahan unik. Misalnya kurma diolah menjadi kue atau bolu. Nah agar timbul inspirasi mengolah kurma, yuk simak variasi lainnya dilansir Hoopsbyjudy dari cookpad.com, Minggu (20/5).

1. Bolu kukus pisang kurma.

Bosen dengan bolu yang gitu-gitu aja, bisa tuh membuat bolu berbahan dasar pisang dan kurma. Adonan bolu dengan rasa pisang dan isian kurma sehat dan lezat.

 

2. Kurma koklat.

Menyediakan hidangan lebaran tidak perlu dengan beli cokelat mahal. Cukup sajikan kurma berlapis coklat. Selain unik, hidangan ini juga legit.

 

3. Pancake kurma.

Pancake kurma bisa jadi opsi untuk berbuka dan sahur nih. Cara bikinnya simpel. Masak adonan pancake dan beri isian kurma.

 

4. Prol tape kurma.

Prol tape dengan isian keju, coklat dan kismis sudah biasa. Coba tambahkan kurma sebagai isian prol tapemu. Dijamin lebih lezat.

 

5. Kurma panggang oat.

Ingin cemilan sehat dan renyah? Bisa tuh coba membuat kurma panggang oat. Cukup panggang adonan kurma dan oat dalam oven dan tunggu hingga kering. Jadi deh sajian lezat dan menyehatkan.

 

6. Puding kurma.

Kurma juga bisa diolah menjadi puding lho. Caranya cukup blender kurma dan campur dengan adonan puding. Masak adonan dan tunggu hingga dingin.

 

7. Kurma Delight Oatmeal.

Ketika sahur pasti malas membuat masakan yang aneh-aneh. Nah kamu bisa coba menambahkan kurma sebagai isian bubur oat untuk menu sahur.

 

8. Kue sagu kurma.

Kue sagu biasanya terasa hambar dan manis. Agar memiliki cita rasa yang unik, bisa tambahkan kurma sebagai isian kue sagu.

 

9. Onde-onde kurma.

Onde-onde biasanya berisi kacang hijau. Nah kalau sudah bosan dengan kacang hijau, bisa tuh mengganti isian onde-onde dengan kurma.

 

10. Bubur sum-sum kurma.

Berbuka dianjurkan dengan yang manis. Lezatnya bubur sumsum dengan isian kurma cocok jadi santapan saat beduk Maghrib menggema.

RECOMMENDED