10 Potret Sarkasme atas Sudut Kota yang Menyedihkan Menjadi Lebih Ceria. Sebuah Pesan demi Kebaikan

Posted on


Featured Image

Tinggal di negara berkembang dengan jumlah penduduk yang banyak kadang bikin sudut kota terlihat kumuh. Hal ini membuat kota tersebut akan terlihat menyedihkan dan bakal menimbulkan kepiluan bagi siapa pun yang melihat. Belum lagi sisa bencana alam yang nggak bisa dihindarkan, tentu makin membuat wilayah tersebut menjadi kelam dan mengerikan. Tapi beda ceritanya kalau sudut kotanya dihias dan menjadi terlihat menarik. Wah, seperti apa, ya?

Mulai dari gambar-gambar yang dicetak di kertas hingga grafiti, semuanya sukses menciptakan nuansa baru yang bikin semangat. Nggak lagi identik dengan kesedihan terus, tapi sudut kota yang dianggap kumuh lama-lama menyenangkan juga. Seperti 10 potret sudut kota yang dibuat tampak seru berikut ini.

1. Perjuangan anak-anak yang masih semangat untuk sekolah ketika banjir tiba memang bikin salut. Biar melihatnya makin greget, tambahkan gambar ikan hiu yang seperti pengen memakan mereka kayak ini 😀

Ada ikan hiu! via mokhallad-habib.deviantart.com

2. Untuk meredam kepanikan warga, foto bangunan yang sedang kebakaran ditambahkan gambar tokoh kartun lengkap dengan kardus sulapnya

seperti sulap, ya via mokhallad-habib.deviantart.com

3. Kabel tiang listrik di jalan kalau kamu perhatikan kok semrawut sekali, ya? Daripada pusing membayangkan kesemrawutannya, mendingan bikin gambar Rapunzel dan posisikan kertasnya sejajar dengan tiang. Nah, kabelnya sekarang jadi rambutnya Rapunzel deh

mirip rambut Rapunzel via mokhallad-habib.deviantart.com

4. Bosan lihat buah-buahn yang begitu-begitu saja? Dengan disertai tokoh kartun yang rambutnya mirip kayak buah-buahan, bikin kamu nggak percaya kalau rambutnya ternyata buah lho

ada-ada saja via mokhallad-habib.deviantart.com

5. Tembok atau pagar yang menjulang tinggi, jarang penghijauan, dan terkesan kaku memang sudah seharusnya ditambahkan ‘sesuatu’ agar terlihat menarik. Semisal dalam potret di bawah ini

biar nggak bosan via mokhallad-habib.deviantart.com

6. Siapa yang menyangka kalau ada jin keluar dari dalam botol pada siang hari di salah satu sudut kota?  Kalau sudah begini jangan lupa kamu abadikan, ya 😀

kayak jin yang keluar dari botol via www.cbc.ca

7. Karena sudah bosan dengan segala demonstrasi kepada pemerintah, aspirasi suara wara lewat grafiti seperti “HELP” bikin kota yang penuh pilu jadi lebih menarik dipandang

grafit sebagai ‘suara’ untuk pemerintah via www.scmp.com

8. Kamu pasti tahu kalau buang sampah sembarangan itu perbuatan tercela. Makanya, di sebelah lokasi yang sering dijadikan tempat buang sampah ada gambar cewek sedang bersedih menoleh ke arah sampah-sampah itu. Yakin masih tega buang sampah di sana?

Hayo, jangan buang sampah sembarangan! via www.adventurous-travels.com

9. Momen yang sangat pas ketika gambar seorang cewek sedang berpikir dan menengok ke arah segerombolan cowok di pinggir jalan. Katanya, “Mereka lagi ngapain sih?”

Lagi pada ngapain tuh? via www.streetartbln.com

10. Salah satu pemandangan yang kerap kali kamu lihat saat berada di sudut kota yang kumuh yaitu terdapat ibu-ibu membawa bakul berat di kepalanya. Seperti gambar berikut ini

keren ya via www.socialworkdegreeguide.com

Tata kota yang belum baik, apalagi dengan banyaknya masyarakat yang belum teratur bikin pemandangan kota tersebut kumuh. Karena itu, kehadiran sepuluh gambar tadi sukses menambah sedikit keceriaan di sudut kota itu. Sebuah sarkasme, sebuah pesan demi kebaikan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya