10 Ritual pernikahan unik di dunia, pengantin ada yang diludahi

Posted on

Hoopsbyhudy.com – Pernikahan merupakan upacara sakral bagi banyak orang dan menjadi bukti pengukuhan cinta seseorang. Pernikahan juga menjadi awal seseorang sah secara hukum menjadi pasangan suami istri.

Di Indonesia dengan 1.340 suku bangsa ini, banyak sekali ritual dan tradisi pernikahan. Ritual tersebut tergantung dari agama, budaya dan adat masing-masing daerah. Namun pada umumnya pernikahan di Indonesia cukup dengan acara resepsi sembari mengundang teman dan keluarga dekat. Namun ada juga ritual unik seperti menyalakan mercon di Betawi.

Di luar negeri, ternyata juga banyak ritual pernikahan unik. Ritual tersebut bisa dilakukan sebelum, saat, dan setelah pernikahan berlangsung. Setiap ritual punya makna masing-masing, lho.

BACA Juga :   Tak kalah dari ibunda, aksi 5 anak seleb pakai lipstik ini bikin gemas

Berikut Hoopsbyjudy merangkum 10 ritual pernikahan unik di berbagai dunia seperti dilansir dari wonderlist.com, Jumat (13/4).

1. Ritual menangis di China.

Etnik Tijua di China memiliki ritual unik yakni menangis selama 30 hari sebelum hari pernikahan. Calon pengantin akan menangis selama 1 jam per hari. Tak hanya calon pengantin, orangtua dan nenek pun ikut menangis. Ritual ini dilakukan sebagai ekspresi cinta yang mendalam.


2. Ritual ciuman di Swedia.

Di Swedia, pengantin bisa dicium siapapun saat pesta pernikahan. Pengantin pria bisa dicium para tamu undangan wanita. Hal ini berlaku sebaliknya.


3. Meludahi pengantin di Kenya.

Ritual pernikahan orang Massai di Kenya tergolong unik. Pengantin wanita rambutnya dicukur hingga botak, kepalanya lalu diolesi lemak domba dan minyak. Selanjutnya ayah pengantin wanita akan meludahi payudara dan kepala anaknya. Makna ritual tersebut adalah untuk memberi berkah pada anaknya.

BACA Juga :   6 Kota di Eropa yang Secara Terang-terangan Ditiru Oleh China. Hobi Banget Sih Bikin Kota KW Super!


4. Menikah dengan pohon di India.

Di India ada ritual Kumb Vivah yakni menikah dengan pohon. Ritual ini dilakukan jika perempuan yang akan dinikahi dianggap Manglik. Perempuan Manglik dianggap akan membawa sial bagi calon suaminya jika belum menikah dengan pohon. Pilihan pohon yang bisa dinikahi yakni Peepal atau pisang. Fungsinya untuk menetralkan kesialan di tubuh perempuan.


5. Memukul kaki pengantin lelaki di Korea Selatan.