10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran

Posted on

Brilio.net – Camping menjadi salah satu alternatif refreshing melepas penat dari segala kegiatan sehari-hari. Selain bisa menyegarkan pikiran, kegiatan ini juga bisa membuatmu lebih dekat dengan alam. Apalagi Indonesia dikenal memiliki 1001 objek wisata area camping yang indah, sangat cocok buat liburan sambil menikmati suasana alam sejuk dan asri.

Sayangnya, tak sedikit tempat camping tersebut terletak di area yang sulit dijangkau sehingga memaksamu blusukan. Namun seringkali di balik terjalnya jalan dan rute yang berkelok-kelok tersebut menyimpan tempat wisata dengan pemandangan menakjubkan.

Bukan saja keindahan yang ditawarkan di area camping, proses perjalanannya juga bakal menjadi momen mengasyikkan. Apalagi jika medan menuju area tersebut cukup sulit dan menantang, butuh kewaspadaan dan koordinasi dengan rekan seperjalananmu. Kebersamaan ini pasti bakal membekas sampai kapan pun.

Nah, berikut 10 spot camping di Tanah Air dengan rute menawan yang cocok buat segarkan pikiran sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/4).

1. Situ Gunung, Sukabumi.

foto: muthiafina.blogspot.co.id

Situ Gunung adalah danau yang berada di ketinggian sekitar 850 mdpl kaki gunung Gede Pangrango, Sukabumi. Tepatnya sekitar 16 km dari pusat Kota Sukabumi. Danau Situ Gunung ini masih dikelilingi hutan pinus yang lebat. Area Camping Ground di Situ Gunung pun banyak dan luas. Cocok untuk camping ramai-ramai.

BACA Juga :   10 Gaya seksi Sophia Latjuba pamer perut rata, body goals banget nih!

Jalur menuju Danau Situ Gunung relatif landai, dan mudah dicapai dengan kendaraan. Meskipun beberapa titik akan terdapat sejumlah jalan menanjak, keadaan itu tidak menjadi halangan berarti dan menjadikan momen perjalananmu semakin asyik. Selepas sampai di pintu masuk area wisata Situ Gunung, hati-hati kalau mau membawa motormu hingga ke sisi danau. Sebab, jalanan menuju pinggir danau mayoritas masih berbatu dengan turunan tajam dan tanjakan terjal saat hendak kembali naik ke arah pintu masuk.

2. Pantai Sanglen, Jogja.

foto: jejakpiknik.com

Pantai Sanglen terletak di Dusun Kelor, Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul. Lokasinya sekitar 70 km dari pusat Kota Jogja atau dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam mengendarai kendaraan pribadi. Meski letaknya berdekatan dengan Pantai Watu Kodok yang sudah terkenal, pantai ini belum banyak diketahui orang, jadi sangat cocok buat camping.

Selain menawarkan pemandangan indah, pantai ini juga cocok buat kamu yang suka touring. Akses jalan menuju Pantai Sanglen ini cukup menantang. Jalan menuju ke pantainya belum diaspal, masih cor blok. Apalagi jalannya cukup sempit sehingga kamu harus berhati-hati dan bergantian jika ada mobil lain lewat dari arah berlawanan. Untuk mencapai pantai ini, kamu juga perlu menuruni bukit terlebih dahulu.

BACA Juga :   Curhat Soal Anak dan Bipolarnya, Ben Kasyafani Dukung Marshanda dengan Komentar Adem dan Mengharukan

3. Pinus Taman Dayu, Pasuruan.

foto: indonesia.tripcanvas.co

Camping di The Pines Taman Dayu, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur merupakan alternatif liburan di tengah alam terbuka dengan suasana hutan pinus yang indah. Apalagi akses menuju kawasan ini akan memacu adrenalinmu dengan kondisi jalanan yang berkelok-kelok.

Perjalanan menuju The Pines dari Gerbang Taman Dayu Kabupaten Pasuruan cukup jauh. Namun tidak perlu khawatir karena kamu akan disejukkan oleh pemandangan sekitar yang indah. Hal menyenangkan lainnya, area ini menyediakan beberapa pilihan tempat menginap. Ada rumah kayu, rumah pohon, dan tenda lho.

4. Dataran Tinggi Dieng.

foto: dieng.co

Dieng merupakan destinasi wisata alam yang sangat populer dan tergolong destinasi wisata alam favorit di Indonesia. Dataran Tinggi Dieng, berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, merupakan daerah pegunungan dengan banyak bukit kecil yang mengitarinya.

Tempat ini menjadi surga bagi penikmat alam karena Dieng menawarkan 1001 pemandangan langka. Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan tersebut, kamu harus melewati jalanan menanjak dan berkelok. Kondisi yang disukai oleh biker buat touring ramai-ramai.

BACA Juga :   10 Pesona Vannya Istarinda, sosialita muda calon mantu keluarga Bakrie

5. Pantai Nyangnyang, Bali.

foto: edededan.com

Pantai ini terletak di Bali Selatan, yakni di desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini dikenal masih perawan dengan kondisi alam yang benar-benar masih asli dan alami. Keindahan ini tersembunyi di balik bukit yang tinggi, sehingga untuk bisa sampai ke lokasi harus menempuh perjalanan yang terjal. Jalanannya berbatu kapur yang terjal. Menuju pantai ini benar-benar suatu petualangan yang mengasyikkan.

Keindahan pantai yang masih sepi, tenang, dan bersih ini bisa dinikmati dengan berkemah. Dari bukit, kamu bisa menikmati pemandangan laut yang biru nan indah. Pantai Nyangnyang juga dinobatkan oleh CNN Travel Internasional sebagai salah satu pantai terbaik di dunia dan wajib dikunjungi tahun 2018 lho.

6. Bumi Perkemahan Sibolangit di Berastagi, Sumatera Utara.