10 Tanda Penuaan Dini Kulit yang Perlu Diwaspadai Sebelum Panggilan ‘Kak’ Berubah Menjadi ‘Tante’

Posted on

Wajah lebih cepat tua dari usia.

Bicara soal kecantikan, perawatan kulit dan pola hidup sehat sudah pasti harus diterapkan. Namun, kesibukan yang cukup menyita waktu bikin kamu kurang peduli menjaga hal itu. Ujung-ujungnya, terjadi masalah-masalah kulit yang membuat jengah dan menyebabkan kadar percaya diri berkurang. Semisal tanda-tanda penuaan yang ternyata lebih cepat muncul dari usia.

Agar kamu bisa antisipasi hal itu dari sekarang, nggak ada salahnya coba ketahui apa saja ciri-ciri kalau wajah ternyata menua lebih cepat. Mulai dari kulit menjadi sangat kering, hingga munculnya bercak-bercak cokelat pada wajah. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. Adanya bintik-bintik cokelat seperti bekas terkena sinar matahari

bercak-bercak cokelat via focdownloads.blogspot.co.id

Sering beraktivitas di luar dan kerap terkena sinar matahari bisa mengurangi kecantikan kulit. Tanpa disadari akan muncul bintik-bintik seperti bekas terkena sinar matahari. Wajahmu yang sebelumnya mulus membuat penampilan sedikit berkurang, alhasil kamu harus berusaha keras mengakali bintik-bintik itu saat berpergian supaya nggak terlihat jelas.

BACA Juga :   Mewakili Indonesia di ajang Asia, Tim Olimpiade Fisika kekurangan dana

2. Kulit kamu nggak cuma kering, tapi sangat kering

kulit kering via www.liveabout.com

Bisa dibilang sewaktu remaja kulitmu berminyak, padahal seiring bertambahnya usia kulitmu akan menjadi kering, bahkan sangat kering. Jika kamu sudah memiliki kulit yang sangat kering dari sekarang, kemungkinan besar itu merupakan salah satu pertanda kalau wajahmu memang telah menua lebih cepat dari usia. Oleh karena itu, kulit sangat kering yang disebabkan terkena sinar matahari, merokok, dan stres harus kamu rawat dengan rutin poleskan pelembab sebelum beraktivitas.

3. Adanya garis-garis halus di sekitar mata dan mata mulai telihat bengkak serta gelap

mata bengkak dan gelap via www.foreo.com

Cara lain untuk mengetahui kalau kulitmu sudah menua atau belum yaitu dari keberaan garis-garis halus di sekitar mata. Selain itu, mata kamu akan terlihat bengkak dan gelap lantaran kulit sangat halus di sekitar mata rawan perubahan. Mata akan mulai terlihat lebih tua dengan kelopak mata berat, bengkak, dan gelap di bagian bawahnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba kurangi konsumsi garam, alkohol, dan cukup tidur.

BACA Juga :   Mulai berhijab, begini penampilan Natalie Sarah dengan balutan jilbab

4. Sering gunakan ponsel sampai lupa waktu? Jangan heran kalau bakal muncul bintik-bintik cokelat yang berasal dari radiasi ponsel

bisa karena radiasi ponsel via www.skincare.com

Siapa bilang kalau bintik-bintik cokelat hanya berasal dari sinar matahari? Karena ternyata bintik-bintik cokelat juga disebabkan cahaya inframerah dan energi tinggi dari ponsel. Bahkan, gelombang tertentu dari cahaya biru yang dipancarkan juga dari lampu dalam ruangan pun menimbulkan bintik-bintik cokelat ini. Maka dari itu, kamu bisa gunakan krim kecantikan kulit yang mengandung antioksidan untuk menguranginya.

5. Kulit berkeriput dan teksturnya tipis tak hanya terjadi pada wajah, tapi juga kulit bagian lain

mulai berkeriput via www.homeremediesweb.com

Selain pada wajah, kulit pada bagian tubuh lainnya juga akan berkeriput. Hal ini bisa disebabkan dari pola makan kamu yang nggak sehat dan kurangnya istirahat cukup. Di sisi lain, kamu juga harus perhatikan tekstur kulit yang tipis seperti kakek-nenek. Tekstur kulit tipis ini terjadi akibat kadar kalsium yang menurun saat kulit matang dan pH kulit naik. Perubahan pH ini bisa menggerogoti kolagen, sehingga kulit akan tipis jika memang sudah menua.