11 alasan mengapa kamera instan ini digandrungi anak muda, keren lho

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Di era digital menyetak foto mungkin dianggap kuno. Tapi tunggu dulu. Jangan langsung menjustifikasi seperti itu ya. Justru saat ini menyimpan foto dalam bentuk cetakan kembali hits lho. Alasannya menyimpan foto cetak lebih real sekaligus bisa menjadi kenangan yang unik.

Tapi banyak orang beranggapan menyetak foto itu ribet. Harus datang ke tempat percetakan foto segala. Eits tunggu dulu. Sekarang ada lho kamera analog instan yang bisa membuat foto langsung jadi.

Salah satunya instax Square SQ6 (SQ6) besutan PT Fujifilm Indonesia (Fujifilm) yang baru saja diluncurkan. Menurut Presiden Direktur Fujifilm Indonesia Noriyuki Kawakubo, foto adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Karena itu Fujifilm instax hadir untuk menghidupkan berbagai memori yang ditangkap melalui kamera.

“Foto instax terasa lebih personal karena kita langsung mendapatkan cetakan foto saat itu juga. Hasil cetakan inilah yang kemudian kita simpan di dompet atau dipajang sebagai nostalgia,” kata Kawakubo saat peluncuran kamera ini di Atrium Mall Kota Kasablanka baru-baru ini.

Nah salah satu selebritas yang juga pengguna Instax, musisi Eva Celia mengaku mengandalkan kamera ini untuk mengabadikan kegiatan sehari-harinya, seperti saat di studio musik atau berkumpul bersama teman-teman.

Sebagai salah satu penggemar dan pengguna kamera instan, Celia mengaku menggunakan kamera analog memberikan pengalaman unik yang tidak didapatkan dalam penggunaan kamera lain.

“Hasil dari kamera instan juga cenderung lebih terlihat artistik, sehingga dapat ditampilkan di media sosial maupun sebagai dekorasi di kamar saya,” ungkap Eva.

Eva Celia

Ya karena mengusung slogan “Stories Stay Real”, pengguna kamera ini dapat menangkap spontanitas, ekspresi seru, dan keceriaan dalam bentuk foto fisik, tanpa perlu editan digital.

“Momen-momen kecil yang berharga seperti ulang tahun pasangan, momen berkumpul dengan keluarga, hingga keseruan bersama teman-teman dapat diabadikan dengan mudah,” ujar General Manager Consumer Printing Division Fujifilm Indonesia Johannes J Rampi.

Lantas seperti apa ya keunggulan kamera instan yang apik dan kokoh ini sehingga cocok dipakai siapa saja, khususnya anak muda? Berikut 11 fakta mengenai instax Square SQ6 yang berhasil dihimpun Hoopsbyhudy.com.

1. Format foto square

Kamera ini menghasilkan format foto square (1:1). Ini yang pertama lho. Format square sengaja dibuat karena terinspirasi foto-foto Instagram. Format ini sekaligus menambah estetika hasil foto dan mempermudah pengguna mengatur komposisi gambar yang proporsional.

2. Desain bodi simple dan stylish

Meski analog bukan berarti kamera ini jadul ya. Justru perangkat ini mengusung berbagai fungsi fotografi yang canggih dan membungkusnya dengan desain bodi simple dan stylish. Nggak heran deh jika kamera ini juga digandrungi mereka yang berjiwa muda karena kamera ini gampang banget dioperasikan. Bodinya yang ramping dan ringan membuatnya praktis ditenteng ke mana saja lho.

3. Pilihan warna yang keren

Dari sisi desain, kamera ini tampil simpel, namun tetap elegan dan stylish. Ada tiga pilihan warna lho, yaitu Pearl White dengan warna yang netral dan chic, Blush Gold untuk sentuhan premium dan elegan, serta Graphite Gray untuk penyuka nuansa kalem dan cool.

4. Mantap digenggam

Bingkai lensa tampil dengan metallic finish untuk meningkatkan estetika dari produk asal Jepang ini. Bodi depan kamera dilengkapi dengan tekstur yang semakin memantapkan genggaman dan menambah keunikannya.

5. Fitur automatic exposure

Yang nggak kalah keren, kamera ini juga memiliki variasi fungsi menarik yang dapat digunakan pengguna seperti automatic exposure untuk mendeteksi kadar cahaya dan menyesuaikan intensitas shutter speed dan flash light untuk menghasilkan komposisi foto dengan resolusi terbaik. Bahkan ketika sedang gelap, subyek dan background foto akan tetap terlihat jernih.

6. Bisa buat selfie

Selain itu ada juga selfie mode yang akan mengoptimalkan fokus dan kadar cahaya pada subyek foto. Cermin kecil di depan kamera memudahkan pengguna mengatur gaya dan posisi sebelum menekan tombol shutter. Nah untuk foto group selfie pengguna dapat menancapkan kamera pada tripod dan menggunakan timer untuk hasil terbaik.

7. Fitur double exposure

Lalu ada juga mode Double Exposure yang memungkinkan pengguna menempelkan dua hasil jepretan dalam satu foto. Keren kan.

8. Bikin foto macro juga bisa

Ada juga mode Macro yang dapat mengambil foto jarak dekat dengan detail yang lebih tajam, dengan jarak minimal 30 cm.

9. Bisa buat foto lanskap

Ada juga mode Landscape yang cocok untuk mengambil foto lanskap jarak jauh sehingga keseluruhan panorama dapat tertangkap dalam lensa.

10. Lebih artistik dengan filter

Nah buat kamu yang suka bergaya artistik, kamera ini juga dilengkapi color filter attachment yang menyediakan tiga pilihan filter warna (oranye, ungu, hijau) yang dapat dipasang di depan flash sehingga menghasilkan efek foto yang unik dan artsy.

11. Harga terjangkau

Soal harga, cukup terjangkau koq. Kamera ini dibanderol dengan harga Rp 2.049.000.

Nah buat kamu yang ingin merekam momen kebersamaan saat Ramadhan dan Lebaran nggak ada salahnya mencoba kamera ini.

 

(brl/red)