11 Hal yang Boleh Kamu Beli dengan Harga Mahal. Nggak Perlu Hitungan Lagi Kalau Ini

Posted on


Hidup hemat selalu diyakini banyak orang sebagai salah satu kunci agar hidupmu dapat lebih terjamin di masa depan. Terlebih saat usia semakin menanjak dewasa, akan semakin banyak beban tanggung jawab yang membuatmu harus lebih cerdik lagi dalam mengatur keuangan dan menentukan skala prioritas.

Saat menentukan skala prioritas, penting untukmu agar dapat memilah mana yang layak mendapat jatah bujet ketat atau lebih besar. Seperti 11 hal berikut ini, yang layak untuk masuk daftar hal yang layak mendapat anggaran yang sedikit lebih besar dilihat dari segi manfaat dan kebutuhan jangka panjang kamu! Apa saja sih 11 hal itu? Cek yuk, Guys~

1. Edukasi layak mendapat anggaran yang cukup besar karena edukasi adalah modal untuk hidup yang lebih baik dan berfaedah

Berkarier atau nggak, edukasi itu tetap penting lho, Guys via www.copyright.com.au

Jika kamu memiliki kemampuan dan kesempatan, sebaiknya jangan segan-segan mengeluarkan anggaran yang lebih besar untuk tabungan masa depan yang tak akan lekang oleh waktu ini. Di era globalisasi, di mana persaingan semakin berat dan ketat, nggak ada salahnya mengeluarkan bujet lebih untuk menunjang edukasimu, entah itu di bidang akademik maupun non akademik.

Ingat, edukasi nggak semata-mata duduk di bangku kuliah saja lho! Mengambil kursus privat di bidang kecantikan, desain busana, atau seminar pengembangan diri termasuk edukasi juga, jadi jangan salah kaprah ya!

2. Jangan sepelekan soal asuransi hidup. Ini bisa bantu memberikan rasa aman dan nyaman saat menjalani hidup

Gunakan asuransi sejak masih sehat dan muda via www.pexels.com

Jangan kira asuransi hanya untuk mereka yang sudah mapan atau sudah berkeluarga saja ya! Untukmu yang sedang merintis karier, mulai menggunakan asuransi hidup dan masa tua nggak ada salahnya. Pasalnya kita nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita kelak ‘kan?

3. Busana untuk wawancara kerja adalah salah satu aset penting yang wajib kamu pilih dengan baik. Mahal sedikit, nggak apa kok!

Bekerja dengan  penampilan oke akan beri kamu rasa percaya diri lebih via www.pexels.com

Mengenakan busana terbaik dan paling profesional saat melakukan wawancara kerja akan memberikan kesan yang lebih baik ketimbang hanya mengenakan busana seadanya. Terlebih kalau kamu melamar di perusahaan yang cukup bergengsi, busana yang terlihat elegan bisa jadi poin lebih untukmu. Busana yang baik dan berkualitas pun akan memberikan rasa percaya diri ekstra yang pastinya kamu butuhkan saat melamar pekerjaan!

4. Potongan rambut adalah sesuatu yang sangat personal dan butuh tangan cerdas untuk menanganinya. Oleh karena itu jangan pelit-pelit merogoh kocek sedikit lebih dalam kalau ingin hasil yang memuaskan!

Salah potong rambut bisa bikin keki berminggu-minggu! via www.pexels.com

Kalau kamu sudah punya salon langganan atau punya hair dresser andalan yang tarifnya tergolong lumayan, nggak perlu merasa berdosa ya. Karena kemampuan menangani rambut itu memang sulit, jadi mahal sedikit wajar lah karena rambut adalah aset penting penampilanmu!

5. Belajar tentang kebudayaan akan memperkaya wawasanmu. Jangan ragu menganggarkan bujet lebih kalau memang ada kesempatan yang jarang kamu dapatkan ya!

Masuk ke lokasi wisata sekaligus mengintip kebudayaannya itu seru! via www.lomboktourplus.com

Wawasan akan membuka matamu lebih lebar dan memperluas sudut pandangmu tentang kehidupan. Ini tentu akan menjadikanmu pribadi yang lebih baik, jadi kalau ada kesempatan emas di depan mata jangan sampai dilewatkan begitu saja ya!

6. Sudah bukan rahasia lagi, sepatu yang bagus dan berkualitas akan memberikanmu rasa percaya diri yang lebih maksimal

Sepatu berkualitas itu penting! via www.pexels.com

Berinvestasi di satu-dua sepatu yang baik dan berkualitas akan membuatmu berhemat banyak karena nggak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk beli-beli sepatu lain di masa depan. Terlebih kalau kamu pintar merawat barang, sepatu berkualitas akan awet dan siap menemani langkahmu di banyak kesempatan.

7. Urusan kesehatan jangan dipandang sebelah mata ya, Guys. Uang masih bisa dicari, kesehatan mana bisa diganti?

Periksa kesehatan juga wajib banget lho via www.aiatopten.org

Jangan segan-segan mengeluarkan kocek lebih dalam demi urusan kesehatan, misal untuk membeli vitamin atau suplemen yang berkualitas atau untuk melakukan medical check up. Jika memungkinkan, sejumlah vaksin juga bisa kamu manfaatkan demi kualitas kesehatan yang lebih baik. Ingat, lebih baik menjaga tetap sehat daripada kelak sakit dan mengamburkan uang lebih banyak!

8.  Urusan soal well being atau kualitas hidupmu jangan diperlakukan seenaknya. Penting untukmu menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran agar selalu sehat dan bahagia

Investasi di outfit olahraga, kelas-kelas yoga atau gym yang berkualitas via www.pexels.com

Jangan malas berinvestasi di tempat-tempat yang bisa menunjang kesehatan tubuh dan mentalmu, seperti pergi ke tempat gym yang berkualitas, mendaftar di kelas yoga yang cocok atau membeli outfit olahraga yang mendukung aktivitasmu.

9. Jangan mau menganggarkan dana seadanya untuk perbaikan rumah atau tempat tinggalmu. Ini aset jangka panjangmu lho!

Sewa jasa tukang memang mahal, Guys… via www.pexels.com

Biaya renovasi tempat tinggal memang nggak murah, tapi demi aset jangka sebaiknya jangan terlalu berhemat soal ini. Lebih bijak kalau perbaikannya kamu cicil sedikit-sedikit daripada sekali borongan tapi bahan dan jasa yang kamu beli seadanya.

10. Sesekali dalam hidup kamu perlu travelling, sendiri atau bersama teman. Ini akan memperkaya wawasan dan pengalaman lho!

Travelling itu wajib biar otaknya lebih berwawasan via www.pexels.com

Jangan kira bepergian harus dengan bujet super mahal. Ada banyak kok pilihan untukmu bepergian yang sesuai dengan kocek. Intinya jangan menahan-nahan diri kalau ada kesempatan bepergian dengan alasan berhemat. Travelling itu penting dan ada banyak opsi kok agar acara jalan-jalanmu tetap aman dan nggak bikin bangkrut!

11. Mengunjungi keluarga itu penting, jadi ingat untuk sekali atau dua kali setahun menganggarkan dana untuk ini!

Penting lho mengunjungi sanak saudara via www.parenthub.com.au

Menjaga hubungan baik dengan keluarga, kerabat bahkan sahabat itu penting banget! Jadi jangan sampai dengan alasan ‘berhemat’ kamu sampai nggak menganggarkan dana khusus untuk mengunjungi keluarga di kampung halaman meski kamu sedang di perantauan!

Percayalah, uang bisa dicari dan ada banyak hal dalam hidupmu yang ongkosnya bisa ditekan. Jadi jangan sampai demi berhemat mati-matian, kamu sampai pelit mengeluarkan bujet lebih demi 11 hal ini ya! Menurutmu, poin berapa nih yang paling sering bikin galau?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya