12 Potret masjid tertua Inggris yang sempat dikunjungi Mohamed Salah

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Mohamed Salah, striker Liverpool tengah menjadi perbincangan banyak orang. Lebih-lebih usai duel dengan Sergio Ramos, bek Real Madrid, yang menyebabkan tangan Salah cedera saat laga Final Liga Champions 2018 pada Minggu (27/5) dini hari waktu Indonesia.

Popularitas Salah bukan hanya soal kelihaiannya memainkan bola di lapangan hijau, melainkan juga pribadinya yang dikenal sebagai sosok religius. Saking religiusnya, ayah satu putri ini disebut pesepak bola muslim berpengaruh dari Liverpool, meskipun dia tak berasal dari sana.

Hal tersebut didukung dengan pernyataan beberapa pihak dari masjid tertua di Inggris, Abdullah Quilliam yang terletak di Brougham Terrace, Liverpool. Mereka menyatakan bahwa bintang Timnas Mesir tersebut telah membantu meningkatkan kunjungan ke masjid tersebut dan memperbaiki citra Islam di Inggris.

“Banyak sekali anak muda datang mengunjungi masjid dan ikut salat Jumat saat mengetahui fakta Salah pernah di sini,” ujar Abdul Hamid, pengurus masjid Abdullah Quilliam sebagaimana dikutip Hoopsbyjudy dari laman Mirror, Minggu (27/5).

Mumin Khan, Chief Executive Abdullah Quilliam Society menyatakan, pesepak bola kelahiran 15 Juni 1992 tersebut adalah role model positif bagi komunitas muslim dan non-muslim di Britania Raya dan seluruh dunia.

Nah, sama seperti Salah yang menjadi ikon berpengaruh terhadap citra Islam di Inggris, masjid Abdullah Quilliam ternyata memiliki ceritanya sendiri. Berikut informasi dan deretan foto masjid Abdullah Quilliam sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Minggu (27/5).

1. Masjid Abdullah Quilliam didirikan oleh orang Inggris yang menjadi mualaf, William Henry Quilliam (1856-1932).

foto: abdullahquilliam.org

 

2. Abdullah Quilliam, nama William Henry Quilliam setelah jadi mualaf, membeli sebuah gedung di Brougham Terrace yang difungsikan sebagai masjid pada tahun 1889.

foto: abdullahquilliam.org

 

3. Masjid ini bukan sekadar tempat salat, tapi juga pusat kajian Islam di Liverpool, panti asuhan, sekolah boarding school, laboratorium, hingga museum.

foto: abdullahquilliam.org

 

4. Gedung masjid Abdullah Quilliam sempat mengalami perbaikan pada 2009 karena bangunan kumuh dan rusak di beberapa sudut.

foto: abdullahquilliam.org

 

5. Restorasi masjid lima lantai tersebut dipimpin Mohammad Akbar Ali, anggota Liverpool Muslim Society sekaligus pendiri Abdullah Quilliam Society pada 1997, yang justru meninggal dua minggu setelah masjid dibuka kembali untuk umum pada tahun 2014. Kala itu usia Akbar Ali 92 tahun.

foto: abdullahquilliam.org

 

6. Potret terkini interior ruang salat di masjid Abdullah Quilliam.

foto: abdullahquilliam.org

 

7. Penampakan bagian luar masjid Abdullah Quilliam saat masih dalam tahap renovasi.

foto: abdullahquilliam.org

 

8. Salah satu fitur pintu di masjid Abdullah Quilliam yang bergaya Georgian.

foto: abdullahquilliam.org

 

9. Ruang salat masjid Abdullah Quilliam ketika masih dalam tahap perbaikan.

foto: abdullahquilliam.org

 

10. Proses perbaikan ruang salat masjid Abdullah Quilliam.

foto: abdullahquilliam.org

 

11. Kondisi masjid Abdullah Quilliam semasa sang pendiri masjid Abdullah Quilliam masih hidup.

foto: abdullahquilliam.org

 

12. Prasasti masjid Abdullah Quilliam.

foto: abdullahquilliam.org

 

(brl/pep)