13 Korban dikeluarkan dari dalam gua, ini tahapan evakuasi nan heroik

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Proses evakuasi korban yang terjebak di dalam Gua Thang Luam, Thailand berakhir. Sejumlah 13 orang korban berhasil dikeluarkan oleh tim penyelamat dalam keadaan selamat. Proses evakuasi pun dinyatakan selesai Selasa (10/7) pada pukul 16.09 waktu Thailand.

Evakuasi yang melibatkan gabungan dari tim penyelamat hingga penyelam dari berbagai negara ini berlangsung dramatis. Pasalnya di hari penemuan mereka banyak yang tidak menyangka mereka masih bisa bertahan hidup 9 hari lamanya berada di dalam gua. Mereka mulai ditemukan oleh seorang penyelam yang tak sengaja melewati gua tersebut dan melihat sekumpulan sepeda dan sepatu bola yang tertinggal di mulut gua.

Awalnya evakuasi ini akan berlangsung dengan mengebor bagian atas gua agar tidak dievakuasi melewati jalur air yang sangat berisiko dan berbahaya. Tapi rencana ini dibatalkan. Tim Thai Navy Seal pada 30 Juni 2018 memutuskan bahwa mereka akan mengerahkan seluruh tim penyelam dari berbagai belahan dunia untuk mengambil solusi dengan menyelam secara bergantian sepanjang 4 KM dengan bantuan tabung oksigen yang juga banyak disediakan.

Sayangnya, proses evakuasi ini memakan korban satu nyawa penyelam mantan anggota Thai Navy Seal. Veteran itu diduga kehabisan stok oksigen saat dalam perjalanan kembali ke mulut gua dari lokasi korban terjebak.

Proses evakuasi ini pun terus berjalan hingga hari ini mereka berhasil dinyatakan selamat dan keluar dari gua tanpa kekurangan satu apapun. Dikutip Hoopsbyjudy dari akun Facebook Official, Thai Navy Seal, Selasa (10/7) ternyata berbagai tahap demi tahap evakuasi pengeluaran ke-12 remaja ini berlangsung cukup rumit dan berbahaya. Simak kronologi selengkapnya sebagai berikut.

1. Minggu, (8/7) 19.35

Postingan dalam beranda akun Facebook Thai Navy Seal memberikan keterangan, “19.35 am 3 wild pigs out of the cave.” Dalam unggahannya ini tiga anak berhasil dikeluarkan pada pukul 19.35 malam setempat di hari Minggu (8/7) lalu.

2. Minggu (8/7) 19.47

Selang beberapa jam kemudian, pada unggahan pukul 19.47, korban keempat berhasil dikeluarkan. Total empat korban berhasil dievakuasi pada Minggu (8/7), hingga proses evakuasi dilanjutkan esok harinya.

3. Senin, (8/7) 20.19

Keesokan harinya, Senin (10/7), ada empat korban lagi yang berhasil dievakuasi. Hal ini tampak dari unggahan Thai Navy Seal pukul 20.19, yang menuliskan, “1TH BOAR 2th forest moo 3TH BOAR 4TH BOAR 5TH BOAR 6TH BOAR 7TH BOAR 8TH BOAR (2 DAY 8 body)” yang berarti 8 orang sudah berhasil dikeluarkan dari gua tersebut.

4. Selasa, (10/7) 16.50

Evakuasi terhadap lima korban lainnya dilakukan pada hari ini, Selasa (10/7). Thai Navy Seal mengumumkan berhasil mengevakuasi korban ke-9 pada pukul 16.06 waktu setempat. “The 9th Wild Boar was out of the cave at 4:06 pm. Hooyah!”

5. Selasa, (10/7) 18.47

Tim penyelamat bertekad untuk mengevakuasi seluruh korban pada hari ini, Selasa (10/7). Tekad dan kerja keras akhirnya membuahkan hasil. Thai Navy Seal mengumumkan bahwa seluruh anggota tim sepak bola yang terjebak di Gua Luang Tham berhasil dikeluarkan. “12 wild pigs and coaches out of the cave. Safe everyone. This time, waiting to pick up 4 Frogs. Hooyah!”

Tim gabungan juga memberikan sandi khusus kepada 12 orang remaja dan satu pelatihnya yang terjebak itu dengan sebutan ‘Wild Boar’. Sedangkan ‘Frogs’ adalah sebutan bagi pasukan penyelam yang membawa mereka keluar dari gua tersebut.

 

 

(brl/pep)