15 Komentar Anak SMA di IG Kemdikbud Sehabis UNBK. Sedih sih, Tapi Banyak Juga yang Kocak~

Posted on

Curhatan anak SMA tentang UNBK

Setelah sejak Senin lalu berjibaku dengan komputer demi lulus sekolah, siswa kelas 3 tingkat SMA akhirnya dalam tahap selesai “berjuang”. Meski nanti masih ada ujian lainnya, tapi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) ini dirasa sebagai perjuangan yang paling memakan energi besar dan sangat menentukan apakah nanti mereka akan lulus dari sekolah atau nggak.

Tentu saja begitu banyak respons tentang apa yang mereka hadapi selama beberapa hari ini. Sebagian mereka malah sengaja curhat di akun Instagram @kemdikbud.ri. Nggak cuma berbagi cerita dengan sesama pejuang, anak-anak ini memanfaatkan akun tersebut untuk memberikan masukan, saran, atau kritikan terhadap UNBK tahun ini. Mereka berharap, apa yang mereka sampaikan bisa jadi perhatian untuk UNBK selanjutnya.

BACA Juga :   Suntik Steroid, Sering Jadi Obat Rahasia Penyanyi Tapi Berisiko Bahaya. Pantas Aja Maia Khawatir

Sebagian siswa mengeluhkan tentang soal ujian yang dianggap sangat sulit, bahkan untuk siswa terpintar di kelas. Mereka menganggap tingkat kesulitan terutama soal matematika sungguh membuat mereka berputus asa. Belum lagi masalah teknis yang berhubungan dengan pengerjaan soal ujian yang kini menggunakan sistem komputer. Oleh karena itulah, belasan ribu siswa ini curhat melalui kolom komentar akun @kemdikbud.ri. Mulai dari yang serius, sampai yang bikin ngakak, inilah 15 komentar siswa yang baru saja menyelesaikan UNBK.