18 Fakta terbaru Titanic yang belum banyak diketahui orang, misterius!

Posted on

Brilio.net – Siapa sih, yang nggak kenal dengan kisah Titanic? Kapal yang tenggelam di laut utara Atlantik ini dulunya digadang-gadang sebagai kapal yang tak akan pernah tenggelam. Tapi apa mau dikata, nasib berkata lain. Pada 15 April 1912, kapal buatan Inggris ini akhirnya tenggelam ditelan lautan luas.

Penumpang dalam kapal tersebut diestimasi sebanyak 2.224 orang. Tragedi ini sendiri memakan lebih dari 1.500 jiwa. Kondisi peralatan keselamatan yang kurang membuat banyak nyawa tidak bisa diselamatkan. Kejadian menyedihkan ini juga disebut sebagai salah satu kecelakaan laut paling mematikan sepanjang sejarah modern.

Kisah tragedi ini juga pernah difilmkan dengan judul Titanic. Akting Leonardo DiCaprio bersama Kate Winslet sendiri membuat penikmatnya tetap setia menonton hingga zaman sekarang. Kecelakaan kapal yang lebih dari 100 tahun ini sekarang sudah jadi legenda dunia.

Tapi di balik kisahnya, ternyata ada banyak fakta mengejutkan yang jarang orang ketahui, terlebih beberapa fakta-fakta terbaru yang baru saja terkuak ini. Penasaran?

BACA Juga :   Sering bikin keder, ternyata ini 5 manfaat kamu pakai kartu kredit

Dilansir brilio.net dari twentytwowords.com, Senin (2/4), berikut deretan fakta kapal Titanic yang beberapa di antaranya bari saja terkuak dan belum banyak diketahui.

1. Ada sebuah novel yang meramalkan kecelakaan Titanic.

Novel karya Morgan Robetson, The Wreck of The Titan ini diluncurkan pada tahun 1898 atau 14 tahun sebelum tenggelamnya Titanic. Uniknya, penyebab kapal tenggelam dalam novel tersebut sama persis dengan Titanic yaitu menabrak gunung es.

2. Banyak orang kaya dunia yang hampir jadi korban Titanic.

Pendiri makanan cokelat terkenal Hershey, Milton S Hershey, mempunyai tiket untuk menaiki Titanic. Tapi karena sesuatu, Hershey tidak jadi naik kapal tersebut. Ada juga Alfred Gwynne Vanderbilt, pria terkaya di Amerika pada saat itu yang tak jadi ikut pelayaran mematikan tersebut.

3. Kisah pasangan mengharukan.

Ida, seorang wanita menolak untuk dipisahkan dengan suaminya yang sudah tua, Isidor Straus. Perempuan ini bahkan memberikan jaket bulunya kepada pelayannya agar dirinya bisa melarikan diri. Mereka terlihat terakhir kali di dek kapal sambil memegang tangan satu sama lain.

BACA Juga :   Kisah haru pasutri tunanetra berjuang obati anaknya yang hidrocephalus

4. Penemu bangkai kapal Titanic sebenarnya punya tujuan lain.

Robert Ballard pertamanya mendapatkan dana dari pemerintah Amerika Serikat untuk mencari kapal selam nuklir yang tenggelam pada 1960.

Beruntungnya, pada akhir masa deadline pencarian, dirinya menemukan kapal selam dan Titanic hanya dalam selang beberapa waktu saja.

5. Penemuan Ballard ini meyakinkan peneliti tentang keadaan kecelakaan Titanic.

Banyak orang yang selamat dari Titanic mengatakan bahwa kapalnya terbelah menjadi dua. Peneliti banyak yang tak percaya. Tapi setelah penemuan Ballard pada tahun 1985 ini, para peneliti akhirnya percaya dengan kesaksian para penumpang.

6. Banyak anak-anak yang bekerja di Titanic.

Anak-anak berumur 14 tahun bekerja di Titanic sebagai bellboys atau orang suruhan. Sayangnya, tak ada orang yang selamat dari anak-anak yang malang ini.

BACA Juga :   Dalam Memenuhi Kebutuhan Pelanggan Millennials, Tri Hadirkan Gala Premier Film #TemanTapiMenikah Bersama Falcon Pictures

7. Ada juga bayi yang selamat dari Titanic.

Eliza Gladys ‘Millvina’ Dean ini baru berusia dua bulan saat dirinya menaiki Titanic. Kecelakaan ini sendiri sudah merengut nyawa ayahnya. Ibu dan kakaknya selamat setelah menumpangi lifeboat yang ada.

8. Tak ada teropong di tempat pengamatan atau Crownest di Titanic.

Sebelum pelayaran perdana Titanic, orang yang bertugas di Crownest David Blair ternyata dipindah ke kapal yang lain. Tak sengaja, David malah membawa kunci kotak dimana teropong disimpan. Alhasil, tak ada teropong yang biasa digunakan pelayar untuk melihat keadaan di sekeliling kapal.

9. Ini foto gunung es yang menenggelamkan Titanic.