3 Perbedaan pusing dan sakit kepala, penyakit yang sering dikira sama

Posted on

Brilio.net – Tak jarang ketika disela-sela aktivitas sehari-hari seseorang akan merasakan gangguan pada bagian kepala. Biasanya penyakit yang datang secara tiba-tiba ini berupa pusing dan sakit kepala.

Masih ada banyak orang yang keliru dan menganggap kedua gangguan ini merupakan sebuah penyakit yang sama. Padahal sebenarnya pusing dan sakit kepala ini adalah dua penyakit yang berbeda, meski keduanya sama-sama menyerang area kepala.

Jika seseorang tidak dapat membedakan antara kedua penyakit ini, tentu akan berdampak pada pengarahan diagnosis bagi dokter. Ditakutkan kekeliruan dalam menafsirkan rasa sakit di bagian kepala ini akan menyebabkan masalah yang lebih jauh. Bukannya sembuh, malah semakin parah.

BACA Juga :   12 Rumah ini unik abis, ada yang ukurannya cuma 1 meter

Nah untuk mencegah hal tersebut, yuk coba pelajari mengenai perbedaan sakit kepala dan pusing yang dilansir brilio.net dari hellosehat.com, Kamis (22/3).

1. Sensasi yang muncul dan dirasakan.

foto: loopvanuatu.com

Kedua gangguan ini memang menyerang di satu lokasi yang sama yakni kepala. Akan tetapi sensasi yang muncul tidaklah sama. Orang yang mengalami kepala pusing akan merasakan berbagai sensasi seolah akan pingsan atau goyah seperti limbung dan kehilangan keseimbangan, kepala terasa berat, penglihatan kabur serta badan lemas. Kondisi ini dapat menjadi semakin parah bila gejalanya menyebabkan seseorang merasa lingkungan sekitarnya terasa seperti bergerak atau berputar (vertigo).

Sedangkan pada orang yang menderita sakit kepala sensasi yang dirasakan adalah adanya denyutan di sekitar kepala. Baik di bagian samping kiri dan kanan kepala atau di bagian kepala lainnya. Rasa sakit ini meliputi rasa nyeri seakan-akan sedang dipukul-pukul atau kepala terasa diikat dengan kencang.

BACA Juga :   Betapa Mudahnya Warganet Tersulut Emosi dengan Unggahan Syahrini. Padahal Niatnya Bercanda Lho