4 Penyebab Penyakit Kesepian Sedang Melanda Anak Muda Masa Kini, Kamu Pasti Bisa Melawan!

Posted on

Epidemi Kesepian Melanda Anak Muda

Sebenarnya, perasaan sepi yang hadir pada diri kita tercipta oleh sugesti kita sendiri. Pikiran kita terlalu dini membentuk anggapan bahwa keramaian selalu membuat diri ini tak nyaman. Padahal efek paling jahat yang akan timbul dari selalu merasa kesepian adalah kematian. Dilansir dari Vemale, seorang profesor psikologi bernama John Cacioppo mengatakan:

“Kesepian dapat mempengaruhi fisik serta otak yang dapat menyebabkan peningkatan depresi secara keseluruhan.”

Ada beberapa faktor penyebab kenapa kesepian menjadi momok yang menakutkan bagi kawula muda. Dilansir dari Vice, kita sudah merangkumnya buat kamu-kamu anak muda agar terhindar dari kesepian. Mari kita ulas bersama!

1. Sejak kecil kita sudah diajarkan paham neoliberalisme di sekolah, bahwa prestasi individu di atas segalanya

Individualisme akar dari timbulnya perasaan sepi via dailyutahchronicle.com

Ketika masa sekolah, mulai dari anak-anak hingga remaja, kita memang dituntut untuk memiliki prestasi setinggi mungkin agar dapat membanggakan orangtua dan punya reputasi baik di lingkungan pergaulan. Bekerja secara individu sudah mengakar dan menjadi kebiasaan agar dapat menjadi siswa yang kompetitif. Salahnya, justru cara ini sangat mengancam pribadi anak muda yang terlalu menjunjung tinggi individualisme. Kita terlalu fokus dengan urusan sendirian, hingga kesepian lebih mudah menerjang.

“Di manapun, kita diajarkan bahwa kesuksesan datang melalui sikap mementingkan diri, kompetitif, dan menjunjung individualisme ekstrem,” jelas George Monbiot, Aktivis Politik, lansiran Vice

Gara-gara perspektif seperti ini pula akhirnya kita menjadi begitu tertekan ketika sedang kesepian. Kita merasa orang lain juga mementingkan dirinya sendiri. Agak miris mengingat Indonesia sebenarnya punya masyarakat yang menjunjung kolektivisme, bahu membahu, dan gotong royong. Kebangetan kalau ada yang merasa kesepian di negara ini.

BACA Juga :   8 Pose konyol Vanesha Prescilla ini bikin gemes, imutnya tiada tara