4 Permen tradisional ini nggak cuma enak tapi juga berkhasiat banget

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Biasanya kalau kamu sedang merasa ngantuk, selain minum kopi salah satu cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa kantuk adalah dengan mengonsumsi permen. Dengan mengunyah permen, kamu akan merasa lebih berkonsentrasi karena gerakan mulut yang terus mengunyah, apalagi kalau permen yang kamu makan adalah permen karet.
 
Permen sendiri merupakan makanan ringan berbahan dasar gula yang biasanya dicampur dengan bahan-bahan lain seperti buah dan susu. Camilan yang tak pernah lekang oleh zaman ini memang digemari dari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Selain itu, permen juga sudah memiliki banyak jenisnya. Nah saking banyaknya, beberapa jenis permen tradisional asli Indonesia banyak yang mulai dilupakan dan bahkan tidak dikenali oleh anak-anak zaman sekarang. Padahal permen-permen tradisional tersebut nggak cuma enak tapi juga berkhasiat lho!

Berikut 4 permen tradisional yang enak dan juga berkhasiat, seperti dilansir Hoopsbyjudy dari berbagai sumber, Selasa (10/7).

1. Permen jahe.

foto: zotaresep.blogspot.com

Jenis permen tradisional yang satu ini memang masih sering ditemukan di beberapa penjual makanan ringan dan gula-gula. Permen ini biasanya bertekstur empuk dan sedikit lengket, berwarna cokelat dengan taburan gula putih yang membalurinya.

Rasanya cukup khas dengan rasa manis, sedikit pedas dan hangat di tenggorokan. Nah ternyata, permen ini memiliki banyak manfaat seperti mengatasi mual atau mabuk kendaraan, mengatasi batuk, flu, radang tenggorokan, sakit kepala, juga membantu melegakan asma.

Hal ini karena jahe yang terkandung pada permen mengandung banyak nutrisi, antara lain magnesium, tembaga, kalium, vitamin C dan antioksidan alam yang dapat menyegarkan tubuh.

2. Permen asam jawa.

foto: deskgram.com

Permen asam Jawa mempunyai tampilan yang tidak berbeda jauh dengan permen jahe. Hanya saja permen asam Jawa berbentuk lebih bulat dan berwarna cokelat tua.

Perbedaan lainnya terletak pada tekstur yang tidak terlalu lengket dan rasanya yang cenderung asam-manis. Permen ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung banyak vitamin C, A dan B1.

Kandungan lainnya yaitu kalsium, zat besi dan fosfor yang bermanfaat untuk mengatasi batuk, sariawan, sakit perut, demam dan lainnya.

3. Permen karamel susu.

foto: rahard.wordpress.com

Kalau kamu lagi berkunjung ke Bandung atau lebih tepatnya ke daerah Lembang, biasanya kamu akan mudah menemukan penjaja yang menjual permen karamel susu. Permen empuk berbentuk kotak kecil dan berwarna kecokelatan ini rasanya manis banget.

Biasanya permen ini disajikan dengan pembungkus kertas yang dilipat bagian ujung-ujungnya. Selain itu, permen ini ternyata juga bermanfaat lho! Hal ini tidak terlepas dari bahan dasar pembuatnya yang terdiri dari susu sapi. Kandungan kalsium yang tinggi pada susu tentunya memberi manfaat untuk tulang dan gigi kamu nih.

4. Permen jelly kering.

foto: resepdanmasakan.com

Warna-warni cantik dari permen ini biasanya akan langsung mencuri perhatian kamu ketika berada di toko permen ‘kan? Sesuai dengan namanya, permen jenis ini terbuat dari agar-agar atau jelly dan buah-buahan.

Bentuknya bisa bermacam-macam, tetapi yang paling umum adalah persegi panjang kecil-kecil. Permen ini biasanya bercita rasa manis, tergantung pada campuran buah di dalamnya.

Dulu, buah yang sering dijadikan bahan campuran adalah buah pepaya, namun sekarang sudah sangat beragam dengan warna yang bermacam-macam. Selain itu, permen ini juga mempunyai tekstur yang unik, yaitu bagian luarnya kering dengan taburan gula putih, sedangkan bagian dalamnya empuk dan lembut.

Nah, karena berbahan dasar agar-agar, permen ini mengandung serat yang baik dan dibutuhkan untuk sistem pencernaanmu.

RECOMMENDED