4 Potret mengerikan efek radium yang jadi bahan kecantikan zaman dulu

Posted on

Brilio.net – Radium ditemukan oleh Marie dan Pierre Curie pada tahun 1989. Zat kimia bersimbol Ra ini satu juta kali lebih radioaktif dari uranium. Itu artinya, efeknya bisa sangat berbahaya. Namun radium dimanfaatkan sebagai bahan berbagai produk, mulai dari cat, mainan, hingga kosmetik.

Pada awal abad ke-20, radium dianggap aman dan memberikan efek fantastis. Terlebih dalam produk kecantikan, radium disebut-sebut mampu meregenerasi sel kulit sekaligus membuat wajah tampak bersinar dan lebih muda. Maka tak heran, dulu krim radium dan beberapa produk kosmetik lainnya yang banyak mengandung radium begitu laris manis. Bahkan ada produk yang kandungan radiumnya mencapai 90 persen!

BACA Juga :   8 Potret Siti Badriah saat pamer pundak, seksi abis

Namun ternyata radium memberikan efek yang tak kalah mengerikan. Berbagai kerusakan fisik bisa disebabkan oleh radium. Mulai dari pembusukan gigi, tulang rahang copot, tulang mudah patah, kanker tulang, hingga kematian.

Nah, berikut ini deretan bukti sejarah yang menunjukkan betapa berbahayanya efek radium terhadap tubuh ketika digunakan berlebihan dan intens sebagaimana dilansir brilio.net dari laman Ranker, Senin (2/4).

1. Pegolf amatir Eben Byers kehilangan gigi dan wajahnya membusuk.

foto: YouTube UpperKasegirl

Eben Byers kehilangan gigi dalam kurun waktu tiga tahun semenjak mengonsumsi Radithor, minuman berenergi yang mengandung efek radioaktif tinggi berasal dari radium, pada tahun 1927.

Bukan sekadar minuman berenergi, Radithor diklaim mampu menyembuhkan sejumlah penyakit, termasuk impotensi.

BACA Juga :   10 Pesona Cita Citata saat pamer pundak seksi, bikin cowok geregetan

foto: theconversation.com

Eben Byers mengonsumsi Radithor untuk menyembuhkan lengannya yang patah, sebagaimana dikutip dari theconversation.com. Namun sayang, Eben seperti ketagihan mengonsumsi Radithor sekalipun lengannya telah sembuh.

Sebuah sumber menyatakan dia telah menghabiskan 1.400 botol Radithor selama dua tahun yang mengakibatkan wajahnya membusuk dari dalam.