4 Proyek eksperimen tikus ini gila abis, ada yang glow in the dark

Posted on


Brilio.net – Bereksperimen dengan makhluk hidup merupakan praktik yang selalu dilakukan para ilmuwan dan tak pernah berhenti. Eksperimen tersebut bisa menghasilkan manfaat luar biasa. namun terkadang juga menghasilkan hal-hal aneh.

Salah satu hewan yang sering dijadikan eksperimen ialah tikus. Foundation for Biomedical Research (FBR), menyatakan 95% hewan di dalam laboratorium adalah tikus. Adaptasi tikus yang cepat menjadi salah satu alasan mereka kerap dijadikan bahan percobaan.

Akhir-akhir ini hasil eksperimen tikus semakin ada-ada saja. Mulai dari ada tikus glow in the dark hingga tikus produser sperma.

Yuk simak eksperimen dengan tikus dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (28/3).

1. Tikus glow in the dark.

foto: newsnation.in

Ilmuwan dari Stanford, Timothy Blake, berhasil membuat tikus glow in the dark menggunakan komponen protein yang menyusun cahaya dalam tubuh kunang-kunang. Protein yang bernama RNA dimasukan dalam sel-sel tikus. Tikur glow in the dark ini dapat beraktivitas seperti tikus pada umumnya. namun sayangnya umur tikus ini tidak panjang.

2. Tikus yang bercuit seperti burung.

foto: huffingtonpost.com

Ilmuwan dari Universitas Osaka memiliki proyek untuk mengamati mutasi tikus. Salahs satu ilmuwan bernama Arikuni Uchimura menjelaskan timnya memodifikasi mutas tikus dari satu generasi ke generasi lainnya. Pada salah sartu tahap mutasi, merekea mendapati bayi tidus yang lahir dan dapat bercuit seperti burung. Kini ilmuwan dari Universitas Osaka tersebut telah memiliki 100 tikus yang dapat bernyanyi seperti burung. Mereka berharap dapat menciptakan tikus yang mengenali bahasa manusia.

3. Tikus bisa dibuat sebagai “pabrik sperma”

foto: cracked.com

Prof Ina Dobrinski dari Penn’s School of Veterinary Medicine membuat proyek produksi sperma. Mereka menggunakan 3 hewan yang dapat dipakai untuk membuat sperma dengan dungsu sama seperti sperma manusia. Tim tersebut mengambil jaringan testis babi, kambing, tikus dan punggung tikus. Setelah diuji coba, dapat dihasilkan sperma sempurna. Penemuan ini konon dapat memecahkan kasus ketidaksuburan.

4. Tikus dapat memproduksi susu.

foto: popsci.com

Ilmuwan dari Rusia menemukan fakta bahwa tikus bisa memproduksi susu siap minum bagi manusia. Di dalam susu tikus ada kandungan lactoferrin yang baik untuk produksi susu formula bagi bayi. Hal ini dibenarkan Patrick van Berkel, ilmuwan dari Danish Biotech Company. Ia menyatakan bahwa susu tikus memiliki kandungan protein yang tinggi.

(brl/pep)