4 Tradisi unik malam takbir di Indonesia, ada yang di bandara

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Hari kemenangan telah tiba. Setelah sebulan penuh berjuang mengendalikan lapar, haus, dan hawa nafsu, kini saatnya riuh suara takbir bergema di mana-mana. Sorak gembira umat muslim pun semakin menambah semarak malam takbir menjelang Idul Fitri.

Lebaran menjadi momen istimewa. Selain sebagai pertanda kemenangan setelah beribadah selama Ramadan, juga sebagai ajang kumpul keluarga. Terlebih di Indonesia, tradisi mudik saat Lebaran sudah berakar lama.

Namun Lebaran bukan sekadar ajang berkumpul dan saling bermaafan, melainkan juga ada keseruan tradisi yang sayang dilewatkan. Mau tahu tradisi unik Lebaran di Indonesia, terkhusus malam takbir? Berikut disarikan Hoopsbyjudy dari berbagai sumber, Kamis (14/6), tradisi unik malam takbir di beberapa wilayah di Indonesia.

1. Meriam Karbit di Pontianak.

foto: borneo channel

Masyarakat di Pontianak menggunakan meriam yang dipercaya mengusir roh jahat saat hari kemenangan tiba. Petugas pemerintah yang bertanggung jawab untuk acara ini biasanya akan menyalakan meriam di pinggir sungai Kapuas yang terlihat makin indah.

2. Tumbilotohe di Gorontalo.

foto: gorontaloprov.id

Masyarakat Gorontalo merayakan hari kemenangan dengan memasang ratusan lampu minyak di seluruh tanah lapang yang berbentuk kaligrafi, masjid, ayat suci dan ketupat. Unik banget ya, berasa lebih riuh nih takbiran kamu.

3. Ronjok Sayak di Bengkulu.

foto: bandungnewsupdate

Tradisi Lebaran dari tanah Sumatera ini diramaikan dengan dinyalakannya api melalui tumpukan serabut kelapa setinggi satu meter atau dikenal dengan tradisi bakar gunung api. Kamu tetap hati-hati ya saat mengikuti tradisi ini, karena ini memerlukan tenaga ahli untuk melakukannya.

4. Takbir keliling di Bandara Internasional Juanda.

foto: antara foto

Tak hanya ikut meramaikan, takbir keliling di Bandara Juanda ini juga menghibur pemudik yang terkena drama delay penerbangan dan masih menunggu keberangkatan. Ternyata, takbir keliling di Bandara Juanda ini rutin diadakan setiap tahun.

 

(brl/tin)