5 Alasan Miris Kenapa Banyak Orang Masih Minum Miras Oplosan. Padahal Korban Terus Berjatuhan

Posted on

Alasan miras oplosan banyak disukai

Entah udah ke berapa kalinya kita dengar kasus kematian orang setelah menenggak minuman keras oplosan. Kali ini peristiwa serupa terjadi di Cicalengka, Kabupaten Bandung. Sampai artikel ini ditulis, sebanyak 31 orang dilaporkan meregang nyawa karena mengonsumsi miras oplosan jenis Ginseng (GG). Sedangkan 89 orang lainnya masih dirawat di beberapa rumah sakit yang tersebar di Bandung.

Minuman mematikan ini merupakan campuran dari senyawa metanol, Coca Cola, sirup, Extra Joss, dan air. Dilihat dari komposisinya aja, udah jelas miras oplosan itu bisa berbahaya bagi kesehatan. Metanol ‘kan senyawa kimia yang tidak untuk dikonsumsi! Dan mirisnya, kejadian di Cicalengka ini merupakan kasus kelima yang terjadi di Jawa Barat, sejak awal 2018. Meski mungkin banyak orang sadar akan bahayanya, tapi kenapa ya miras oplosan ini masih banyak diminati? Simak informasinya bareng Hipwee News & Feature.

BACA Juga :   8 Potret maternity romantis Audy & Iko Uwais, penuh nuansa hitam putih

1. Harga yang terlampau murah jadi alasan utama mayoritas orang memilih mengoplos minuman kerasnya. Soal komposisi atau isi campurannya apa sih mirisnya jadi urusan belakang~

Miras oplosan via www.kompas.tv

Murah jadi alasan utama orang lebih memilih mengoplos miras sendiri dibanding beli yang biasa. Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Juleka Susy Susanti, dilansir Merdeka, juga mengamini alasan ini. Menurutnya keracunan juga terjadi karena pembuatan dan distribusi miras oplosan bersifat ilegal, jadi produsen tidak paham soal kandungan alkohol yang dicampur itu ternyata bisa berbahaya dan menyebabkan kematian.

2. Ada faktor lain yang bikin orang tidak ragu mengonsumsi miras meski dioplos bahan macam-macam, yaitu kesetiakawanan

Pesta miras via jawatimurpost.blogspot.co.id

Kebanyakan orang mengonsumsi miras oplosan bersama teman-temannya. Karena mengutamakan kesetiakawanan, banyak orang tergoda buat ikut menenggaknya, meskipun awalnya ia sudah menolak. Ini dilakukan demi menjaga hubungan baik dengan kawan-kawannya. Kalau menolak akan dianggap tidak solid. Duh, yang begini biasanya sering menimpa bocah-bocah sekolah, yang takut dianggap tidak setia kawan.

BACA Juga :   Diserang Netizen Indonesia Karena Sukai Sesama, Bintang Iklan Tropicana Slim Ini Beri Respon

3. Selain untuk menjaga hubungan baik, mereka biasanya juga ingin meningkatkan harga diri. Semakin banyak minum, maka akan makin dianggap jantan

Ingin dianggap jantan via www.merdeka.com

Kalau alasan ini soal jantan dan tidak jantan, yang bisa ditentukan dari kemampuan orang minum miras oplosan. Semakin orang itu banyak minum dan bisa bertahan alias tidak teler, maka semakin dia dianggap lelaki sejati. Kalau begini otomatis harga dirinya jadi meningkat. Dia jadi dianggap lebih hebat dari teman-temannya yang lain.