5 Alasan mudik tahun ini berasa perjalanan piknik, bye horornya macet

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Libur Lebaran identik dengan perjalanan mudik. Di momen spesial ini hampir semua orang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman agar bisa berkumpul dengan keluarga. Orang mennempuh jalur darat, laut, hingga udara agar bisa pulang ke kampung halaman.

Namun, dibandingkan laut dan udara, jalur darat melalui jalan raya masih menjadi pilihan utama. Nggak heran, saking banyaknya orang yang melakukan perjalanan mudik lewat darat, mengakibatkan terjadinya penumpukan kendaraan dan mengakibatkan kemacetan parah.

Eits, tapi tidak demikian dengan libur Lebaran di tahun 2018 ini. Pasalnya, perjalanan mudik tahun ini justru terasa seperti perjalanan piknik yang menyenangkan lho.

Wah, kok bisa ya? Penasaran apa alasannya? Berikut Hoopsbyjudy ulas dari berbagai sumber, alasan mudik tahun ini lebih mudah dan nyaman dari tahun-tahun sebelumnya, Selasa (12/6).

1. Jalurnya bagus dan banyak

foto: otosia.com

Nyaris tiap tahun, arus mudik Lebaran selalu menyebabkan macet. Eits, tapi tahun ini kamu bisa bernafas lega. Soalnya, saat ini jalur mudik sudah cukup banyak dan dalam kondisi bagus. Sebut saja jalan tol Trans Jawa yang bisa dilewati dari Jakarta hingga Surabaya. Serta ada juga Jalan Pansela yang menyusuri garis tepi Pantai Selatan dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur. Say good bye deh sama badan kaku karena perjalanan yang memakan waktu lama.

 

2. Cara pemesanan tiket

foto: Shutterstock.com

Jika dulu kamu harus datang ke maskapai penerbangan atau antre lama di stasiun cuma buat beli tiket, kini berkat kecanggihan teknologi bisa membeli tiket melalui sistem daring atau aplikasi. Kecanggihan teknologi memudahkan pemesanan tiket melalui sistem daring yang langsung terintegrasi dengan KAI atau maskapai penerbangan. Tinggal klik, tiket langsung berada dalam genggaman.

 

3. Moda transportasi nyaman

foto: Instagram/@keretaapikita

Jika menengok ke negara tetangga seperti Malaysia atau Singapura, moda transportasi umum di Tanah Air memang cukup tertinggal. Eits, tapi bukan berarti tidak ada perubahan dong. Buktinya perbaikan dan inovasi moda transportasi yang nyaman terus digalakkan. Terbaru sudah ada Kereta Api Sleeper. Kehadiran Kereta Api Sleeper juga bus dengan tempat tidur dan fasilitas top lainnya ini tentunya semakin mempermudah perjalanan mudikmu.

 

4. Liburnya panjang

foto: Shutterstock.com

Keputusan pemerintah untuk menambah cuti libur Lebaran disambut baik oleh masyarakat. Cuti libur Lebaran tahun ini disebut-sebut merupakan yang terpanjang. Pasalnya, dalam 11 tahun terakhir, cuti libur Lebaran hanya berkisar 4-6 hari. Dengan adanya penambahan libur ini kamu jadi nggak ribet dan terburu-buru saat mudik.

 

5. Aplikasi mudik Lebaran

foto: Shutterstock.com

Seiring dengan perkembangan zaman yang makin maju, teknologi pun kian berkembang dengan pesat dan memudahkan kegiatan manusia. Salah satunya adalah dengan hadirnya aplikasi-aplikasi yang menunjang aktivitas. Termasuk aktivitas mudikmu. Kini banyak aplikasi mudik Lebaran yang siap memandumu di perjalanan. Mulai dari aplikasi rute jalan, cuaca, sampai aplikasi kesehatan.

(brl/fen)