5 Bahan pangan untuk pertolongan pertama saat keracunan makanan

Posted on

Brilio.net – Terkadang beberapa panganan yang dijual oleh para penjaja makanan tidak semuanya dalam keadaan higienis. Biasanya makanan tidak higienis ini lebih banyak ditemukan pada makanan yang dijual di pinggir jalan. Walau bisa saja, sebuah restoran menyajikan makanan yang kurang bersih.

Kebersihan makanan tentunya sangat memengaruhi kondisi tubuh seseorang. Jika makanan yang dimakan ternyata tidak higienis, hal ini dapat mengakibatkan keracunan makanan yang berbahaya bagi tubuh. Keracunan makanan sendiri merupakan kondisi yang muncul akibat mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh organisme menular, seperti bakteri, virus dan parasit.

Ciri-ciri yang umumnya terjadi pada seseorang yang keracunan makanan adalah perut mual disertai kepala pusing, hingga muntah-muntah. Keracunan makanan jika tidak ditangani dengan segera dapat berakibat fatal bahkan dapat berujung kematian.

BACA Juga :   Cita Citata Ngaku Sedih karena Musik Dangdut Dirusak Sensasi Murahan, Memangnya Serusak Apa sih?

Nah agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini 5 bahan pangan yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama saat mengalami keracunan makanan yang brilio.net lansir dari berbagai sumber, Selasa (10/4).

1. Air kelapa.

foto: lalpathlabs.com

Air kelapa memang sudah dikenal memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Kesegaran air kelapa selain dapat menghilangkan dehidrasi jga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi tekanan darah tinggi dan mengontrol diabetes. Tidak sampai disitu saja, air kelapa juga mampu menetralkan racun yang ada pada tubuh. Terutama gejala keracunan akibat kloramfenikol. Saat keracunan makanan kamu bisa langsung mengonsumsinya secara langsung tanpa tambahan apapun. Baiknya konsumsi jenis air kelapa hijau karena dinilai lebih memiliki khasiat unutk menetralkan racun dibanding jenis kelapa lainnya.

BACA Juga :   5 Potret Isyana Sarasvati saat pakai Hanbok, cantiknya bak putri raja

2. Susu murni.

foto: beveragemachinery.net

Selain sehat bagi tubuh, susu juga ternyata dapat berfungsi sebagai penetralisir saat keracunan makanan. Namun tidak semua jenis susu bisa menetralkan racun. Hanya jenis susu murni tanpa bahan kimia dan pemanis saja yang dapat menetralkan racun.