5 Candi megah peninggalan masa lalu di dunia, ada yang berlapis emas

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Peninggalan sejarah merupakan suatu yang sangat berharga bagi generasi ke depan. Apalagi peninggalan itu berkaitan dengan agama yang cukup besar di dunia.

Salah satu agama yang memiliki peninggalan sejarah di Indonesia adalah Budha. Candi selain mahakarya luar biasa juga merupakan tempat beribadah umat Budha.

Tak hanya itu, di dunia juga tersebar beberapa candi terkenal yang tak kalah dari Borobudur. Berikut 5 candi keren yang paling terkenal di seluruh dunia seperti dilansir Hoopsbyjudy dari berbagai sumber, Kamis (31/5).

1. Wat Arun

Candi ini terletak di Thonburi, Sungai Chao Phraya, Wat Arun adalah salah satu landmark tertua dan paling terkenal di Bangkok, Thailand. Candi ini dianggap sebagai representasi arsitektur Gunung Meru atau pusat alam semesta dalam kosmologi Buddhis. Jika kamu berkeinginan untuk datang ke candi ini, disarankan pada malam hari. Sebab, ada pemandangannya super cantik karena bertabur lampu dan matahari terbenam di belakangnya.

 

2. Pha That Luang

Candi ini sekilas seperti berlapis emas. Dengan beberapa stupa yang menjulang tinggi, membuat tampilannya cantik dan megah. Candi ini terletak di Vientiane, Laos. Siapa sangka, candi ini terbilang paling penting di negaranya. Stupa yang ada di dalamnya memiliki beberapa teras dengan masing-masing tingkat mewakili tahap yang berbeda dari pencerahan Buddha. Tingkat terendah mewakili dunia material, sedangkan tingkat tertinggi mewakili dunia hampa. Pha That Luang dibangun pada abad ke-16 di atas reruntuhan kuil Khmer. Kuil tersebut dihancurkan oleh invasi Siam pada 1828 yang kemudian direkonstruksi oleh Prancis pada 1931.

 

3. Pagoda Shwedagon

Pagoda ini berada di Yangon. Siapa sangka, kuil ini dianggap sangat suci di Myanmar. Banyak sumber yang menjelaskan bahwa pagoda ini pertama kali dibangun oleh Mon selama periode Bagan antara abad ke-6 dan 10. Kompleks candi ini penuh dengan kegemerlapan. Selain stupa yang berwarna keemasan, yang menjadi pusat perhatian lainnya adalah stupa setinggi 99 meter yang keseluruhannya di lapisi emas asli.

 

4. Bagan

Candi ini terletak di tepi Sungai Ayerwaddy. Secara keseluruhan, kompleks tempat suci ini terdiri dari kuil Buddha, pagoda, stupa, dan reruntuhan terbesar di dunia. Dilafalkan Pagan, Bagan merupakan ibukota kuno raja-raja Burma yang dibangun sebanyak 4.400 candi selama puncah kerajaan berlangsung antara 1000 dan 1200 Masehi. Pada tahun 1287, kerajaan jatuh ke tangan bangsa Mongol setelah menolak membayar upeti kepada Kubilai Khan dan Bagan pun menjadi pusat politik. Kini, Badan berkembang menjadi tempat beasiswa Buddha yang cukup populer di seluruh dunia.

 

5. Borobudur

Candi terbesar di Indonesia ini pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia. Candi ini berada di Pulau Jawa, tepatnya di Yogjakarta. Candi ini dibangun selama sekitar 75 tahun pada abad ke-8 dan 9 oleh kerajaan Sailendra. Candi ini tersusun dari 2 juta blok batu alam. Sejarah mengungkapkan bahwa candi ini mulai ditinggalkan pada abad ke-14 dengan alasan yang masih misteri.

(brl/fen)