5 Cara Nyata Manusia Bisa Punya Superpower Kayak Deadpool. Kata Ilmuwan Sih Nggak Mustahil

Posted on


Siapa nih di antara kalian yang udah nonton film Deadpool 2 di bioskop? Para penggemar superhero Marvel tentunya nggak akan ketinggalan tiap ada film-film barunya tayang deh. Meskipun kalau dipikir-pikir film superhero itu jauh banget dari kenyataan sebenarnya, tapi justru di situ letak keunikan film-film fiksi ilmah. Orang dipertontonkan dengan apa yang belum pernah ia lihat di kehidupan nyata. Contohnya aja tokoh Deadpool, yang bisa menyembuhkan diri mau seberapa parah kerusakan tubuhnya. Kemampuan ini disebut regenerasi.

Mungkin sebagian besar dari kalian merasa, ah nggak mungkin lah manusia biasa punya kekuatan semacam itu. Ngeri juga kali ya kalau tubuh kita bisa tumbuh lagi meskipun udah kepotong-potong jadi beberapa bagian. Tapi, kalian tahu nggak sih, para ilmuwan mengaku kalau kemampuan regenerasi ini mungkin aja dikembangkan jadi kekuatan super manusia biasa kayak kita lho! Wah, gimana caranya tuh?? Nih, Hoopsbyjudy News & Feature udah merangkum informasinya buat kamu. Mari disimak!

1. Kekuatan meregenerasi bagian tubuh yang hilang ini sebenarnya udah dimiliki secara alami oleh manusia

Meski nggak kayak Deadpool yang langsung bisa menggantikan tangannya via 3dcharacterartist.com

Deadpool yang diperankan oleh Ryan Reynolds ini dikenal sebagai superhero yang bisa menyembuhkan diri dengan cepat dan sempurna. Saat ia tertembak, luka tembaknya bisa sembuh sendiri. Bahkan saat tangannya putus, tubuhnya terbelah jadi dua, atau tulangnya patah, tubuh Deadpool bisa tumbuh seperti sediakala. Fakta sebenarnya, kita manusia normal juga punya kemampuan dasar menumbuhkan beberapa bagian tubuh yang lepas kok, misalnya kuku atau kulit.

2. Bukan hanya kita, beberapa jenis hewan juga punya kemampuan regenerasi yang bahkan bisa dibilang lebih ekstrem

Axolotl atau salamander Meksiko disebut-sebut sebagai makluk hidup yang paling mirip Deadpool via www.forbes.com

Dilansir Forbes, beberapa hewan juga terang-terangan bisa menumbuhkan tangan dan kakinya yang putus, kayak hewan amfibi macam salamander. Bahkan organ penting kayak otak atau jantung juga bisa mereka tumbuhkan lagi! Nggak usah jauh-jauh deh, cicak yang sering nempel di tembok rumah kita aja punya kemampuan regenerasi ekornya yang putus. Khusus untuk organ-organ penting, misalnya aja hati, memang saat ini manusia belum bisa melakukannya. Tapi melihat ‘potensi’ di atas, bukan nggak mungkin ilmuwan bakal mengembangkan superpower ini.

3. Meski tidak bisa regenerasi dari dalam, manusia sudah bisa menumbuhkan bagian tubuh dari luar dengan teknologi 3D-printing. Imuwan cukup optimis kok dengan cara ini

Belum bisa menggantikan satu organ penuh sih, tapi sudah digunakan untuk gantikan jaringan via www.techcult.ru

Seperti dikutip dalam video Futurism, meskipun eksperimen ini masih jauh banget dari kata sempurna, tapi ilmuwan terus bekerja untuk mengembangkannya. Kalau memang DNA manusia nggak bisa meregenerasi organ-organ penting, kenapa nggak menumbuhkannya di luar tubuh? Itu yang jadi bikin ilmuwan makin penasaran mencoba. Bukan nggak mungkin di masa depan, manusia jadi bisa punya organ baru yang tumbuh dari hasil “utak-atik” dunia kedokteran modern. Wagelaseh!

4. Tapi, ada yang menarik dalam diri Deadpool. Meskipun jago meregenerasi tubuh, tapi dia nggak bisa menyembuhkan penyakit kankernya sendiri

Tidak bisa menyembuhkan kankernya sendiri via www.ladbible.com

Alasan terkuat adalah karena Deadpool bukan manusia sepenuhnya, dia adalah seorang mutan. Kemampuan super regenerasinya diperoleh dari gen mutan yang dimilikinya. Tapi ternyata setiap sel di tubuhnya itu mewarisi kekuatan regeneratif, termasuk sel-sel tumor yang pada akhirnya terus berkembang. Tapi di satu sisi, kemampuan menyembuhkan dirinya ini juga mengontrol sel kanker biar nggak sampai bikin dia mati. Tuh, pusing nggak? Sama, penulis juga puyeng haha!

5. Harvard Medical Centre & The Children Hospital of Boston pernah memasukkan gen bernama Lin28a ke tubuh seekor tikus. Hasilnya…?

Tikus percobaan via cardiffstudentmedia.co.uk

Sebuah percobaan pernah dilakukan pusat medis di Amerika. Para ilmuwan memasukkan gen bernama Lin28a ke tubuh seekor tikus. Gen ini berguna untuk meningkatkan metabolisme dan ‘menipu’ tubuh supaya berpikir kalau dia lebih muda dari fakta sebenarnya. Lalu, mereka melakukan operasi untuk menghilangkan telinga, bulu, dan jari kaki. Memang sih, kelihatannya jahat banget, tapi tahu nggak apa yang terjadi? Bagian tubuh yang diangkat itu bisa tumbuh kembali! Meski kayaknya canggih banget, ilmuwan masih belum menemukan cara gimana bisa menumbuhkan lagi organ penting kayak jantung.

Gila ya, nggak nyangka banget gimana ilmu pengetahuan seolah bisa menjawab satu per satu apa yang awalnya cuma ada dalam film fiksi, jadi kenyataan. Meski belum sempurna, dengan pesatnya perkembangan teknologi, bukan nggak mungkin film-film fiksi 10 tahun ke belakang bakal beneran jadi nyata di masa depan. Entah kapan…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya