5 Fakta unik tempe ini bikin kamu berfikir ulang buat meremehkannya

Posted on

Brilio.net – Sebagai orang Indonesia pasti kamu sudah tidak asing lagi dong dengan makanan yang terbuat dari fermentasi biji kedelai ini? Ya, tempe memang merupakan salah satu makanan asli dari Indonesia.

Namun sayangnya, makanan yang biasa disajikan dengan tahu ini masih sering dianggap remeh oleh banyak orang di negeri asalnya sendiri. Padahal tempe memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh. Bahkan tempe juga dikenal sebagai jenis makanan sehat yang mempunyai protein tinggi dan daya cerna yang bagus.

Tidak hanya kandungannya saja yang sehat, saat ini tempe juga sudah dikenal luas oleh masyarakat dari berbagai negara. Keunggulan yang dimilikinya dapat membuat tempe menjadi makanan yang mendunia. Bahkan kini sudah banyak ditemukan pabrik tempe di luar negeri yang memproduksi dan menjual tempe.

BACA Juga :   Satu-satunya Badak Putih Jantan di Dunia Meninggal. Kini Hanya Tersisa Dua Ekor Betina

Selain sehat ternyata tempe juga memiliki beberapa kelebihan lainnya, apa sajakah itu? Yuk simak penjelasannya yang brilio.net lansir dari travelingyuk.com, Jumat (23/3).

1. Dulunya makanan kerajaan.

foto: spicetrekkers.com

Buat yang suka menganggap tempe adalah makanan murahan, kamu salah besar nih. Ternyata dulunya tempe merupakan makanan yang hanya khusus disajikan untuk keluarga para raja di Indonesia pada Abad ke-18. Fakta tentang hal ini didokumentasikan dalam salah satu kitab Jawa Kuno yaitu Serat Centhini.

Istilah tempe sendiri dipercaya berasal dari kata tumpi dalam bahasa Jawa Kuno yang berarti mekanan berwarna putih dan dibuat dari tepung sagu. Serat Centhini yang dibuat oleh juru tulis Keraton Surakarta, R Ng Ronggo Sutrasno pada 1814, menyebutkan bahwa Cebolang pernah menyantap hidangan tempe saat mengunjungi Pangeran Bayat.

BACA Juga :   Jauh dari gosip, ini 8 potret mesra Ananda Mikola & Marcella Zalianty

2. Kandungannya kalahkan daging.

foto: epicurious.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempe mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan tempe memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dibanding daging ayam dan kambing. Ditambah, kandungan lemak pada tempe juga lebih sedikit. Makanan yang biasa disajikan dengan digoreng ini juga mengandung banyak gizi berguna seperti karbohidart, kalsium, zat besi, vitamin A dan fosfor. Jadi masih ragu untuk makan tempe?