5 Film ini terinspirasi tragedi Mei 1998, sudah nonton?

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Bulan Mei 1998 merupakan titik puncak tuntutan reformasi di negara Indonesia. Aksi demo oleh mahasiswa menuntut lengsernya pemerintahan Orde Baru masih membekas di ingatan rakyat Indonesia. Peristiwa ini sekaligus menyisakan memori tentang berbagai tragedi yang kelak dikenang sebagai sejarah bangsa.

Reformasi bukan hanya menjadi titik balik sejarah bangsa Indonesia, namun juga awal dari sistem negara demokrasi yang bisa dinikmati rakyat hingga kini. Berbagai kalangan masyarakat pun terlibat dalam aksi ini. Mulai dari aktivis mahasiswa hingga warga etnis Tionghoa turut meneriakkan reformasi demi tegaknya negara demokrasi.

Kini, 20 tahun berlalu, tragedi ini tentunya tak luput dari kenangan. Berbagai cara dilakukan untuk mengenang jasa mereka dalam memperjuangkan hak-hak bangsa. Salah satunya melalui film yang terinspirasi dari peristiwa aksi massa yang berujung pertumpahan darah ini.

Beberapa film yang dibuat para sineas Indonesia ini mengangkat kisah dengan latar belakang tragedi Mei 1998. Kira-kira apa saja ya? Yuk, kita simak lima film yang terinspirasi dari tragedi Mei 1998 seperti Hoopsbyjudy rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (12/5), berikut ini.

1. Di Balik 98 (2015).

foto: Wikipedia

Dari judulnya saja, film ini mengambil latar tragedi 1998. Dibintangi aktor-aktor kondang seperti Chelsea Islan, Boy William, Ririn Ekawati, dan Donny Alamsyah, film ini bercerita tentang tragedi Mei 1998 dari berbagai sudut pandang.

2. Merry Riana (2014).

foto: ranselahok.com

Film penuh motivasi ini ternyata dilatarbelakangi oleh peristiwa Mei 1998. Keluarga Merry Riana yang merupakan warga etnis Tionghoa berniat melarikan diri ke Singapura, namun harta keluarga ini dirampas di tengah jalan, sehingga hanya Merry Riana lah yang bisa terbang ke Singapura.

3. May (2008).

foto: oldeuboi.wordpress.com

Film ini menampilkan sudut pandang berbeda dari sejarah Mei 1998. Sutradaranya, Viva Westi menyuguhkan peristiwa tersebut dari sudut pandang rakyat jelata yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Film ini menceritakan tentang sosok May yang menjadi korban pemerkosaan. Meskipun begitu, film ini tetap menampilkan kerusuhan 1998 dengan begitu epik.

4. 9808, Antologi 10 Tahun Reformasi (2008).

foto: youtube.com

Film ini merupakan sebuah antologi film yang dikerjakan oleh sepuluh sineas Indonesia. Bukan untuk tujuan komersil, film ini dimaksudkan untuk membuka ruang diskusi di kalangan anak muda terkait peristiwa kelam 1998. Film ini pun didistribusikan dalam berbagai komunitas dengan disertai dialog dan diskusi bersama.

5. Student Movement in Indonesia (2002).

foto: herupyuda.wordpress.com

Film ini merupakan sebuah film dokumenter yang menayangkan potret peristiwa Mei 1998. Film ini mengisahkan tentang perjuangan mahasiswa dalam meruntuhkan rezim Orde Baru yang dipimpin Presiden Soeharto. Student Movement in Indonesia sendiri digarap oleh sutradara senior Tino Saroengallo dan rilis pada tahun 2002.

 

(brl/tin)