5+ Hal yang Harus Dicamkan Agar Rencana Traveling Bareng Teman Nggak Cuma Sekadar Rencana Doang!

Posted on


“Eh, akhir bulan ada long weekend nih. Traveling yuk? Yang deket-deket aja, ke Bandung gitu?”
“Ya elah, rencana kita ke Taman Safari dari tahun lalu juga belom kesampean. Jangan wacana doang ah!”

 

Ada yang familier dengan percakapan di atas? Saat nongkrong bareng dengan teman makan yang sudah akrab, seringkali muncul banyak rencana untuk traveling bersama. Mulai dari mengisi long weekend, sampai sengaja cuti dan liburan ke pulau atau luar negeri. Tapi sayangnya, banyak rencana traveling bareng teman makan yang gagal lantaran banyak hal. Mulai dari tanggal dan destinasi yang nggak ketemu kesepakatannya, mundur dari jauh-jauh hari, sampai batal dadakan.

Untuk itu, kamu seharusnya punya langkah-langkah jitu biar rencana traveling bareng teman makan terwujud. Nggak mau ‘kan rencana-rencanamu cuma berujung wacana? Coba deh, terapkan hal-hal ini, biar rencana traveling bareng teman makan bisa segera terealisasi.

 

1. Biar nggak ada alasan soal kendala akomodasi, pesan tiket di hari yang sama ketika kalian membuat rencana

pesan tiket
Pesen tiket di hari yang sama

Rencana traveling harus dimulai dengan memikirkan destinasi wisata. Kamu dan teman makan harus pertimbangkan secara matang mau pergi ke mana, ngapain saja, dan berapa lama. Ini penting juga untuk beli tiket akomodasi sebelumnya supaya dapat harga murah.

Karena rencana jalan-jalan bisa kapan saja dibatalkan, sebaiknya pilih dan pesan akomodasi bersamaan di hari yang sama kalian bikin rencana, entah tiket kereta, pesawat, atau mungkin menyewa kendaraan? Jadi kalau ada yang mendadak males, bakal teringat “Oh iya, kan gue udah beli tiket! Sayang dong kalau nggak jadi.”. Karena sudah ada biaya yang keluar, mau nggak mau kalian jadi semakin “niat” untuk mewujudkannya.

 

 

2. Soal izin cuti juga sering jadi kendala. Ada baiknya kalian membuat surat cuti bersama, dan mengirimkan ke HRD masing-masing bersamaan

Cuti
ajukan cuti bersama

“Duh gengs, kayaknya aku nggak bisa cuti nih. Kerjaan lagi hectic-hecticnya.”
“Ish kan! Kemarin katanya bisa? Aku udaha ngajuin cuti dan udah diapprove lho!”

Hadeeuuh. Alasan semacam itu sudah kerap jadi ganjalan rencana traveling. Kerjaan yang menumpuk bikin kalian ragu bisa dapat izin cuti dari kantor tersayang. Untuk itu, terutama untuk rencana traveling dari jauh-jauh hari, ada baiknya kamu dan teman makan membuat surat cuti bersama, lalu mengirimkannya ke HRD masing-masing pada waktu yang sama. Cuti adalah hak setiap karyawan, maka dari itu kalian harus dapat gunakan jatah cuti tersebut secara bijak. Bicarakan baik-baik dengan atasan, lalu buat surat cuti dan berikan kepada HRS kantor secara bersamaan. Kalau sudah begini ‘kan nggak ada lagi yang batalkan traveling karena nggak boleh cuti.

 

3. Bagi-bagi tugas, mulai dari sesi transportasi sampai penanggung jawab penginapan. Biar kalian sama-sama merasa bertanggung jawab

teman
bagi-bagi tugas

Namanya juga traveling bareng, kalian perlu saling bagi-bagi tugas ketika merencanakan. Semisal mulai dari sesi transportasi sampai penanggung jawab penginapan. Jika sudah tahu tugasnya masing-masing, maka ada rasa tanggungjawab penuh yang dimiliki. Dengan begitu, kamu dan teman makan akan lebih matang memikirkan rencana traveling-nya. Nggak akan asal mengerjakannya karena merasa tanggungjawab soal bagian tugasnya.

 

4. Diskusikan budget secara terbuka biar nggak ada yang berat sebelah. Ini penting untuk menghindari ada yang batalkan rencana tiba-tiba karena merasa nggak setara

diskusi
diskusiin budget

Traveling identik dengan budget. Karena ini sensitif banget, kamu perlu secara detail diskusikan dengan teman makan. Jangan sampai ada yang berat sebelah karena nggak setuju dengan biaya yang dikeluarkan. Ketika merencakan, satu sama lain harus berikan pandangannya mau keluarkan budget berapa. Karena nantinya akan berpengaruh terhadap keseluruhan rencana jalan-jalan seperti transportasi yang digunakan, destinasi wisata, dan tempat penginapan. Kalau sampai ada yang berat sebelah, ujung-ujungnya malah nanti ada yang batalkan rencana tiba-tiba karena merasa dirugikan.

 

5.    Belanja keperluan traveling bareng-bareng. Kalau bisa sekaligus packing pada waktu yang sama

belanja keperluan bareng

Menjelang keberangkatan, segala persiapan harus dicicil biar nggak ada yang terlupa. Nggak cuma siapkan pakaian, kamu perlu belanja keperluan traveling bareng-bareng. Semisal perlengkapan mandi, skincare rutin yang wajib dipakai sehari-hari, obat-obatan, dan camilan. Tisu dan tisu basah jangan sampai kelewatan, karena dua hal itu sangat diperlukan saat traveling. Jangan lupa juga membawa Bintang Radler 0.0% sebagai teman perjalanan kalian nanti.

Belanja barang bersama-sama bikin kalian menjadi lebih hemat karena bisa bagi-bagi tugas beli barangnya. Lalu supaya nggak bisa membatalkan rencana yang tinggal menghitung hari, sebaiknya kalian packing pada waktu yang sama. Jadi, ketika sedang packing kamu dan teman makan saling mengabari dan bertanya tentang barang-barang apa saja yang perlu dibawa.

 

6. Jangan lupa sering menanyakan kabar rencana traveling kalian. Sebagai pengingat supaya nggak ada alasan batal jalan-jalan

tanya kabar
saling menanyakan kabar persiapan

Sekalipun masih lama rencana traveling kalian terlaksana, nggak ada salahnya telah dari jauh-jauh hari saling mengabari. Baik kamu maupun teman makan bisa saling bertanya tentang sudah sampai mana persiapan renncana kalian. Hal ini juga sebagai pengingat agar nggak ada alasan yang membatalkan jalan-jalan.

 

Berawal dari #TemanMakan, kalian bisa jadi teman traveling bareng. Membayangkan keseruan ‘ngebolang’ bareng teman-teman harusnya bikin kamu semangat mewujudkan rencana liburan. Tapi demi terwujudnya rencana itu, kalian memang butuh mengobrolkan rencana itu matang-matang. Coba deh luangkan satu hari untuk bertemu dan membahas rencana itu sampai sedetil-detilnya. Biar lancar jangan lupa bawa Bintang Radler 0.0% yang kesegarannya tak perlu diragukan lagi. Diproses secara unik, minuman berkarbonasi rasa lemon ini bisa jadi teman di segala suasana. Baik sendirian, maupun pas bareng teman-teman.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, dijamin deh rencana traveling bareng #TemanMakan-mu sudah selangkah lebih dekat. Nggak ada lagi kasus gagal liburan karena kehabisan tiket, nggak dapet cuti, ataupun menghilang mendadak tanpa kabar. Jadi, rencananya kalian mau ke mana di liburan terdekat nanti?