5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Kebutuhanmu Tercukupi dan Gajimu Naik Lagi

Posted on


Setelah lulus kuliah sudah seharusnya kamu lepas dari pembiayaan orangtua. Bekal keterampilan sudah cukup, pun bekal gelar kuliah yang semestinya bisa jadi modal untuk mendapat pekerjaan yang layak. Toh semua awalan, memang pasti banyak rintangan dan dukanya. Tapi seiring berjalannya waktu, asal kamu bekerja keras, menaiki jenjang karir yang lebih tinggi bukan hal yang mustahil.

Sementara kenaikan jenjang karir, bukankah berbanding lurus dengan pendapatan atau gaji yang akan kamu terima? Setidaknya gajimu ini membuatmu punya pegangan lebih. Dengan kata lain kebutuhanmu sudah tercukupi, dan masih ada sisa lain yang bisa kamu gunakan untuk apa saja. Tapi akankah baiknya jika kelebihan gajimu tadi digunakan untuk hal yang bermanfaat. Setidaknya sebagai wujud syukurmu atas kelimpahan rezeki yang sekarang didapat. Dan mungkin, hal-hal seperti ini yang harus kamu lakukan sedari sekarang?

1. Sisihkan sebagian uangmu untuk orangtua. Tak hanya tanda bakti, tapi juga bukti kalau kamu bisa diandalkan mereka

Lebih dari sekedar balas budi via unsplash.com

Hal pertama yang mesti kamu ingat saat penghasilanmu lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari, sisihkan sebagian uangmu untuk orangtua di rumah. Nggak peduli berapapun nominalnya, sedikit atau banyak pasti sangat berguna bagi mereka. Ingat usia mereka sudah tak lagi muda. Sebentar lagi mereka pensiun, terlalu jahat jikalau kamu membiarkan mereka bersusah payah bekerja seperti dulu saat ia membiayaimu sekolah.

Selain itu, jangan pernah malu meski kamu baru bisa mengeirim sedikit. Orangtuamu pasti bakalan mengerti bahwa kamu sedang merintis karirmu dan juga sedang memikirkan masa depan dirimu sendiri.

2. Jangan hanya sibuk hura-hura, mulai pikirkan cara membangun usaha sendiri supaya gajimu tak habis sia-sia

Mulai memikirkan membangun kerajaan sendiri via www.pexels.com

Setinggi-tingginya jabatanmu selama kamu bekerja dengan orang selamanya kamu menjadi bawahan. Lain halnya dengan berbisnis sendiri, sekecil apapun bisnismu kamu adalah bosnya. Yap! memikirkan masa depan dengan merananag bisnis sendiri adalah pilihan yang layak kamu coba. Kamu nggak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan, maka dari itu penting kirannya untuk memikirkan alternatif sumber penghasilanmu kalau seaktu-waktu kamu sudah tidak bekerja lagi, entah karena bosan, resign atau diberhentikan.

3. Menabung khusus untuk masa depan, entah tempat tinggal atau rencana membangun rumah tangga

Biaya nikah makin mahal, cuy via www.pexels.com

Masa depan lain yang perlu dipikirkan adalah biaya untuk pernikahan dan kebutuhan hidup setelahnya. Sudah atau belum kamu punya calonnya, yang jelas semua perlu dipersiapkan sejak dini. Sebab semakin lama biaya pernikahan semakin mahal. Belum lagi kehidupan setelah berumah tangga, yang pastinya membutuhkan biaya-biaya tak terduga, seperti kebutuhan akan tempat tinggal.

Tak mungkin jika setelah menikah kamu terus menumpang di rumah orangtua. Ada masanya kamu dan pasanganmu kelak, merasa ingin hidup mandiri berdua saja. Jadi, menabung sedikit-sedikit sangatlah membantumu karena kamu nggak pernah tahu kan jodohmu akan datang, mungkin saja besok, lusa, atau minggu depan.

4. Memberi penghargaan untuk dirimu sendiri, bisa dengan liburan, atau sesekali mentraktir makan teman-teman

Merekatkan tali silaturahmi via www.pexels.com

Sebab banyak orang yang lupa menghargai jerih payah dirinya sendiri. “Sayang uangnya…” jadi alasan umum orang membatasi keinginan untuk membuat bahagia dirinya sendiri. Padahal menikmati jerih payah sesekali seperti liburan atau mentraktir  bukan dosa besar, atau kesia-siaan. Justru ini bagian penting agar kamu tahu betapa berharganya dan indahnya hidupmu ini.

5. Berbagi rezeki kepada orang lain yang sangat membutuhkan, sebab ini pun bekal utama di kehidupan

Bersedekah biar berkah via unsplash.com

Jangan lupa pula untuk bersyukur. Salah satunya dengan bersedekah, menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk mereka yang membutuhkan bantuan. Ingat betapa menderitanya mereka nggak punya uang seperti halnya kamu dulu sebelum memiliki pekerjaan. Selain itu, bersedekah juga merupakan cara kamu mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan kepadamu.

Kamu boleh tidak percaya, namun hal-hal di atas adalah beberapa hal yang bisa membuat hidupmu menjadi lebih berharga. Hidup bukanlah mengejar kekayaan materi semata, batinmu juga butuh dipuaskan. Meski tiap orang beda cara, namun barangkali hal-hal di atas bisa mewakili beragam cara untuk membuat hidup menjadi lebih bermakna dengan pencapaian karirmu yang sekarang ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya