5 Hal yang Memudahkanmu Adaptasi di Tempat Baru, Pun Agar Kamu Tak Resah ataupun Kaku

Posted on


Manusiawi kalau jantungmu bekerja ekstra alias berdebar-debar saat akan pindah ke tempat baru. Entah itu pindah kantor atau lingkungan rumah, akan ada banyak kekhawatiran yang menyergapmu. Kalau dipikir-pikir seperti anak kecil. Meski begitu, bukan berarti kamu menyikapi momen pindah ke tempat baru layaknya anak kecil. Jika umurmu sudah 20-30an, kenapa nggak coba belajar bersikap secara dewasa?

Oleh karena itu, kamu perlu tahu hal-hal seperti apa yang wajib dilakukan ketika pindah ke tempat baru. Selain rasa deg-degan yang bikin menyebabkan malu atau kekikukan, kamu jadi lebih terampil berada di lingkungan baru. Terlebih, kamu bakal luwes saat bertemu pertama kali dengan mereka. Ngomong-ngomong caranya seperti apa ya? Simak ulasan berikut ini.

1. Tetap jalin hubungan dengan orang-orang di tempat lama. Siapa tahu mereka punya informasi tentang tempat baru kamu

tetap jalin hubungan via pixabay.com

Satu hal yang pasti saat kamu pindah ke tempat baru yaitu jangan pernah lupakan keberadaan orang-orang di tempat lama. Pindah ke tempat baru bukan berarti hidupmu hanya berisi orang-orang baru doang. Justru kamu tetap jalin hubungan dengan mereka yang sudah lama kenal kamu. Kerabatmu jadi makin banyak dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, semisal bertanya tentang informasi yang mereka punya di tempat baru kamu. Bahkan, siapa tahu ada yang ternyata tinggal di sana.

2. Coba ikut organisasi atau komunitas setempat. Kamu juga bisa ambil kursus tertentu biar punya kenalan baru

ikut organisasi via pixabay.com

Gunakan waktu luang yang kamu punya buat ikutan organisasi atau komunitas setempat. Kamu dapat sesuaikan yang isinya sesuai kegemaranmu atau malah mau coba hal baru di sana. Nggak cuma keterampilan makin terasah dan dapat banyak informasi yang sebelumnya kamu nggak tahu, tapi juga kenalan baru. Siapa tahu dari mereka ada yang pergaulannya cocok sama kamu dan bisa jadi teman akrab.

3. Jangan malas menjadi orang ramah. Dengan mulai menyapa orang-orang di sekitar, tanpa disadari kamu dianggap menyenangkan sama mereka

jadilah orang yang ramah via pixabay.com

Sebagai anak baru, kamu dilarang keras sombong atau malas berinteraksi. Mulailah senyum atau menyapa orang-orang di sekitar sambil ucapkan “halo, selamat pagi, duluan ya, dan permisi” ke mereka. Karena selama jadi orang baru, kamu akan jadi pusat perhatian. Siapa yang nggak senang kalau ada anak baru yang ramahnya menyenangkan kayak kamu?

4. Kalau kamu pindah ke kota baru, luangkan waktu jalan-jalan sendiri mengeksplor berbagai tempat. Seru dan bikin kamu nggak bete

eksplor berbagai tempat via pixabay.com

Pindah ke kota baru adalah kesempatan kamu buat eksplor berbagai tempat. Nggak cuma jalan-jalan seru, tapi juga bisa sekalian wisata kuliner di sana. Kamu yang lagi rindu sama tempat dan teman lama, betenya bisa hilang deh. Tanpa disadari, kamu juga jadi punya lokasi favorit di tempat baru. Semisal warung kopi favorit buat ngerjain tugas atau tempat favorit buat mengatasi rindu sama orang-orang di kota lama.

5. Malu bertanya sesat di jalan. Namanya juga orang baru, nggak perlu ragu bertanya ke orang sekitar. Secara nggak langsung kamu jadi dikenal juga, lho

jangan malu bertanya via pixabay.com

Kamu wajib sekali kalau nggak tahu tentang suatu hal untuk bertanya segera ke orang sekitar. Mereka pasti bakal memahami posisimu saat itu, jadi kamu nggak perlu ragu ya untuk menanyakannya. Lama-lama kalian bisa mengakrabkan diri dan mereka pun senang dengan kepekaanmu karena mau bertanya.

Kini, bukan saatnya kamu bersikap seperti anak kecil saat pindah ke tempat baru. Rasa deg-degan yang kerap kali muncul bisa kamu netralisir dengan lima cara tadi. Selamat mencoba ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya