5 Kasus kerusuhan lapas terbrutal di dunia, korban jiwa tak terelakkan

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Kerusuhan di Markas Komando (Mako) Brimob menjadi kasus tragis yang terjadi beberapa hari terakhir. Dalam bentrok yang melibatkan narapidana teroris dan kepolisian ini meninggalkan luka mendalam. Setidaknya ada lima anggota polisi dan satu narapidana yang menjadi korban jiwa dalam insiden ini.

Di Indonesia sendiri, kerusuhan yang terjadi di lembaga pemasyarakatan (lapas) bukanlah yang pertama terjadi. Sebelum yang terjadi di Mako Brimob, kerusuhan juga pernah terjadi di lembaga pemasyarakatan Jambi.

Tak hanya di Indonesia, beberapa kerusuhan pernah terjadi di berbagai negara. Bahkan, kasusnya bisa lebih brutal hingga mengakibatkan banyak jatuh korban jiwa dalam insiden tersebut.

Kasus kerusuhan mana saja yang paling brutal? Berikut ini deretannya seperti Hoopsbyjudy himpun dari berbagai sumber, Jumat (11/5).

1. Lapas Carandiri, Brasil.

foto: midiagospel.com.br

Terjadi pada tahun 1992, insiden ini menjadi yang paling brutal yang pernah terjadi di Brasil. Saat itu kerusuhan berawal dari dua kubu narapidana yang bentrok.

Lebih dari 2.000 narapidana menyerang satu sama lain dengan menggunakan pisau dan juga benda tumpul lainnya. Akibat insiden ini, 111 napi menjadi korban jiwa sementara 37 lainnya luka parah. Banyak luka tembak di bagian kepala, dada, dan juga tenggorokan yang ditemukan pada tubuh korban.

2. Lapas Strangeways, Inggris.

foto: independent.co.uk

Kasus kelam yang terjadi pada tahun 1990 ini dipicu oleh banyaknya napi yang protes akibat buruknya fasilitas yang mereka terima. Mereka kemudian saling menyerukan untuk mengambil alih lapas.

Sebanyak 300 napi berhasil mengambil alih lapas yang ada di Manchester, Inggris ini selama 25 hari lamanya. Terdapat satu napi dan satu petugas yang tewas. Sementara 194 napi lain mengalami luka-luka akibat insiden ini.

3. Lapas Attica, Amerika Serikat.

foto: okayplayer.com

Insiden yang terjadi di lapas yang terletak di New York ini berawal dari ditangkapnya dua napi akibat berkelahi. Mereka akhirnya diasingkan ke ruangan khusus. Rumor menyebar di antara para napi bahwa orang yang diasingkan tersebut telah disiksa secara keji. Akhirnya sekitar 1.000 napi berinisiatif mengambil alih Lapas Attica ini.

Setidaknya ada 42 petugas yang menjadi sandera pada insiden tersebut. Setelah hampir satu pekan, akhirnya polisi beserta tentara berhasil menjinakkan para napi tersebut. Sebanyak 10 sandera dan 29 napi tewas akibat insiden ini.

4. Lapas Montana States, Amerika Serikat.

foto: wikipedia.org

Kericuhan terjadi dipicu permintaan memodernisasi fasilitas yang tidak dipenuhi oleh pihak lapas. Insiden kerusuhan terjadi selama 36 jam, mulai dari tanggal 16 April hingga 18 April 1959. Kericuhan ini menjadi yang terlama yang pernah dialami di Lapas Montana States. Tiga napi tewas dalam insiden ini, sementara puluhan lainnya luka ringan hingga berat.

5. Lapas Mako Brimob, Indonesia.

foto: merdeka.com

Kasus yang baru-baru ini terjadi di Tanah Air, melibatkan ratusan napi dan juga petugas kepolisian. Menurut keterangan kepolisian, insiden kelam ini berawal dari titipan makanan dari keluarga seorang napi yang masih dipegang petugas. Merasa tak terima akhirnya narapidana tersebut mengajak rekan-rekannya untuk membuat kerusuhan.

Akibat insiden brutal ini, setidaknya lima petugas polisi jadi korban jiwa. Sementara satu orang narapidana juga tewas akibat ditembak di bagian dada.

 

(brl/tin)