5 Kisah misterius kota kuno bawah laut, suasananya mencekam

Posted on

Brilio.net – Apakah kamu pernah mendengar kata Atlantis? Atlantis adalah pulau legendaris pertama yang disebut oleh Plato dalam bukunya. Menurut mitos pulau ini tenggelam hanya dalam satu hari satu malam. Hingga kini keberadaannya pun masih menjadi misteri. Populernya Atlantis sampai-sampai Disney membuat film animasinya pada tahun 2001 lalu.

Mirip kisah Atlantis yang misterius, ternyata di dunia ini memang benar-benar terdapat kota yang lokasinya ada di bawah laut. Kota bawah laut ini sudah berdiri sejak ratusan hingga ribuan tahun yang lalu. Tentu saja awalnya kota-kota ini terletak di daratan seperti kota pada umumnya.

Namun karena suatu kejadian atau letaknya yang memungkinkan, kota-kota ini akhirnya lenyap ditelan air. Beberapa ada yang dijadikan wisata bawah laut. Para turis lokal maupun mancanegara bisa mengunjungi kota ini dengan cara menyelam atau melihatnya dari perahu. Ada juga yang dijadikan situs kuno dilindungi oleh UNESCO.

BACA Juga :   Gaya dinner 7 pasangan artis yang masih pacaran ini romantis abis

Berikut ini 5 kisah misterius kota kuno bawah laut. Seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Minggu (25/3).

1. Dwarka, India.

foto: daily.bhaskar.com

Pada tahun 2000, arkeolog menemukan reruntuhan di bawah laut lepas pantai Kota Dwarka, India. Kota bawah laut ini ditemukan pada kedalaman 40 meter. Menurut legenda, Dewa Krishna pernah tinggal di kota yang tenggelam ini. Karena pada kisah Mahabarata, disebutkan kalau Sri Krishna adalah raja di Dwarka.

 

2. Port Royal, Jamaika.

foto: gounesco.com

Kota Port Royal ditemukan pada tahun 1518. Kota ini sering dijuluki ‘kota paling jahat dan berdosa di dunia’. Sebab, Port Royal jadi tempat persinggahan para bajak laut. Pada tahun 1692, terjadi gempa bumi dahsyat di kota ini disusul dengan bencana tsunami yang menewaskan 2000 orang. Oleh karena bencana tersebut, Port Royal akhirnya runtuh dan tenggelam di dasar lautan.

BACA Juga :   Deretan Berita Populer Minggu Ini buat Kamu yang Merasa Kurang Update sama Berita Terkini