5 Makanan ini tak boleh dipanaskan dengan microwave, berbahaya sekali

Posted on

Brilio.net – Hidup di kota-kota besar dengan kesibukan yang sangat tinggi membuat seseorang dituntut melakukan hal apapun secara cepat. Seperti belanja melalui aplikasi digital, hingga makan makanan instan.

Banyak orang yang menyiapkan makanan secara instan dengan metode menghangatkan makanan menggunakan microwave. Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan oleh microwave. Dilansir dari Foxnews, Kamis (22/3), berikut 5 makanan yang tak boleh dipanaskan dengan microwave.

1. Telur

Telur rebus sangat berbahaya bila di dalam microwave, karena kelembapan di dalamnya menciptakan penumpukan uap yang ekstrem, seperti kompor tekanan miniatur, sampai titik di mana telur bisa meledak loh! Bahkan risiko yang lebih parah lagi, telur tidak akan pecah di dalam microwave saat sedang dipanaskan, tapi sesudahnya, yang berarti telur panas bisa meletus di tangan, di piring, atau bahkan di mulut. Untuk menghindari mengubah telur menjadi bom uap, potong menjadi potongan-potongan kecil sebelum dipanaskan kembali, atau lebih baik lagi dihindari untuk dimasukkan ke dalam microwave sama sekali.

BACA Juga :   Terinspirasi susahnya nikah, Ayudia Bing Slamet bikin bisnis keren ini

2. Air susu

Memiliki banyak ASI merupakan kebahagiaan setiap ibu. Biasanya ibu yang memiliki ASI berlebih disimpan di dalam kantung ASI. Jika ingin diberi ke anak pasti dipanaskan terlebih dahulu. Tidak sedikit ibu yang menggubakan cara simple memanaskan ASI dengan memanaskan botol susu bayi, padahal hal itu sangat berbahaya loh.

Menghangatkan botol berisi ASI ini yang akhirnya membuat titik panas bisa membakar mulut dan tenggorokan bayi. Selain itu, ada juga bahaya karsinogen yang muncul lewat pemanasan ulang bahan plastik. FDA (Food and Drug Administration) merekomendasikan agar susu dan susu formula dicairkan serta dipanaskan kembali di dalam panci di atas kompor, atau gunakan air keran panas.

BACA Juga :   Serupa Kinder Joy, 7 jajanan fenomenal ini ingatkan masa kecilmu

3. Olahan daging