5 Makanan peningkat daya tahan tubuh, cocok buat pekerja keras

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Tidak jarang seseorang yang memiliki tumpukan pekerjaan akan lebih mudah terkena penyakit. Belum lagi jika orang tersebut sering lembur dan begadang untuk menyelesaikan pekerjaannya itu. Tentu hal ini akan semakin membuat daya tahan tubuh seseorang menjadi menurun.

Biasanya para pekerja ini juga kerap mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat bagi tubuh. Sebut saja seperti makanan junk food, gorengan, kafein dan gula yang berlebih pada minuman berenergi dan masih banyak lagi. Hal ini diperparah dengan tidak melakukan olahraga rutin.

Tentunya pola hidup yang tidak sehat ini lama kelamaan akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Mulai dari penyakit yang dapat disembuhkan hanya dengan minum obat hingga penyakit kronis yang biasanya baru menyerang di hari tua.

Nah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut bisa dengan menjaga asupan makanan, seperti dengan mengonsumsi 5 makanan peningkat daya tahan tubuh berikut ini yang dirangkum Hoopsbyjudy dari pergikuliner.com, Senin (14/5).

1. Bawang putih.

foto: draxe.com

Diketahui salah satu bumbu masakan yang sering kali digunakan dalam masakan Indonesia ini mempunyai zat alami antivirus dan bakteri yang bernama allicin. Jika kamu sedang sakit tenggorokan disarankan untuk mengonsumsi bawang putih agar cepat sembuh. Selain itu, bawang putih juga bisa mencegah kanker lho!

 

2. Kayu manis.

foto: healthline.com

Selam ini kayu manis lebih sering dikenal sebagai bahan penambah rasa atau aroma dalam makanan dan minuman. Akan tetapi, ternyata kayu manis juga bermanfaat sebagai anti virus, anti bakteri serta anti jamur. Kulit kayu manis mengandung minyak yang bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan. Kayu manis juga diketahui bisa membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh yang berguna ketika suhu dingin menyerang dan sebagai penghilang racun dalam tubuh.

 

3. Bayam.

foto: simplyrecipes.com

Jenis sayur yang kerap dihindari oleh anak kecil ini mempunyai kandungan nutrisi tinggi yang ternyata dapat meningkatkan imunitas. Kandungan nutrisinya berfungsi sebagai gardu listrik sumber tenaga dalam tubuh. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk. Disarankan untuk mengonsumsi bayam dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

 

4. Brokoli.

foto: delish.com

Sama-sama berasal dari jenis sayuran hijau, brokoli juga mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi. Brokoli mampu meningkatkan imunitas tubuh seseorang hingga dua kali lipat dibanding jenis sayuran yang lainnya. Diketahui brokoli mengandung asam amino kolin yang membantu menjaga fungsi sel agar tetap baik dan meningkatkan kesehatan pada lapisan usus.

 

5. Yoghurt.

foto: Instagram/@moje.wasze.smaki

Jenis dessert yang memiliki cita rasa cenderung asam ini sangat baik dikonsumsi saat pagi hari karena akan menambah kekebalan tubuh. Yoghurt mengandung probiotik yang mampu meningkatkan imunitas dan baik bagi pencernaan. Menurut pakar kesehatan, 70 sampai 80% imunitas tubuh berasal dari pencernaan. Untuk mempunyai imunitas yang kuat, seseorang harus benar-benar memiliki pencernaan yang baik dan seimbang.

RECOMMENDED