5 Makanan termahal di Asia Tenggara, ada yang sampai Rp 30 juta lho

Posted on

Brilio.net – Beberapa jenis makanan tercatat ke dalam daftar termahal di dunia. Makanan-makanan ini biasanya memiliki nilai harga yang tinggi karena bahan baku yang digunakan tergolong langka, sulit didapat, unik atau berkualitas tinggi.

Meski memiliki harga selangit, hal ini tidak mengurungkan niat para pecinta kuliner untuk mencicipi makanan eksklusif tersebut. Selain sebagai pengalaman sekali seumur hidup, para penikmat kuliner ini tidak ragu merogoh kocek yang dalam demi menikmati cita rasa khas dan sempurna.

Di antara deretan makanan termahal tersebut, siapa sangka terdapat makanan yang berasal dari Asia Tenggara. Bahkan dua makanan berasal dari negara Indonesia lho.

Nah biar nggak penasaran, yuk langsung intip 5 makanan termahal di Asia Tenggara yang brilio.net lansir dari qraved.com, Kamis (5/4).

BACA Juga :   10 Rumah berkelas untuk anjing, ada yang harganya Rp 4,5 miliar

1. Jamur morel Kahsmir, Myanmar.

foto: freep.com

Jamur morel sebenarnya lebih banyak ditemukan di daerah Asia Tengah. Namun ternyata jamur yang dengan tekstur seperti spons ini juga ditemukan di daerah Myanmar yang berbatasan langsung dengan jalur pegunungan Himalaya. Jamur ini sama sekali tidak berbau serta memiliki kualitas rasa yang begitu lezat. Harga jamur morel kahsmir di pasaran saat ini bisa mencapai Rp 8 juta per kilogramnya.

2. Ayam cemani, Indonesia.

foto: vitorlazas.hu

Mungkin kamu pernah mendengar nama ayam yang satu ini. Jika belum, jenis ayam yang hanya diternakkan di Indonesia ini merupakan ayam berwarna hitam di sekujur tubuhnya, bahkan hingga ke bagian bola matanya. Umumnya daging ayam cemani diolah untuk melengkapi sajian ritual sebagian budaya Jawa. Banyak yang menyebut cita rasa ayam jenis ini sangat gurih. Ayam cemani rata-rata memiliki harga jual sekitar Rp 2 juta per ekornya.