5 Metode ampuh liburan dadakan di akhir bulan

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Akhir pekan sudah tiba, tapi kamu masih bingung mau ke mana. Inginnya sih, liburan ke pantai sambil menikmati hangatnya sinar matahari. Tapi saat melihat dompet, kamu baru sadar kalau ini sudah menjelang akhir bulan. Selain masalah anggaran, liburan kamu jadi sering tertunda perkara minim persiapan.

Namun tak perlu khawatir, liburan dadakan tetap bisa jadi sweet escape menyenangkan buat kamu. Asal, kamu sudah paham metode ampuhnya. Brilio punya tips untuk melarikan diri sejenak dari rutinitas kamu dengan liburan dadakan. Apa saja tipsnya? Yuk, simak metode ampuhnya di bawah ini!

1. Tentukan kegiatan yang sesuai dengan kondisi keuangan.

foto: shutterstock.com

Tak harus ke Bali untuk menikmati suasana pantai yang indah. Cari pantai-pantai terdekat yang hanya perlu modal sedikit. Daripada budget kamu habis untuk transportasi dan penginapan, lebih baik kamu anggarkan untuk menikmati hidangan seafood langsung dari restoran-restoran tepi pantai.

Salah perhitungan yang tak sesuai dengan kondisi keuangan bisa sangat berisiko, lho. Bukannya refreshing, kamu malah pusing karena begitu pulang dompet sudah tipis sekali. Saat liburan dadakan, pastikan spot wisata yang kamu tuju sesuai dengan budget yang ada di dompetmu, ya!

2. Fleksibel memilih destinasi alternatif yang lebih terjangkau.

foto: shutterstock.com

Untuk urusan liburan dadakan, kamu juga dituntut untuk bisa fleksibel, salah satunya dalam memilih destinasi wisata. Jika tempat wisata impian terlalu menguras biaya, kamu bisa mencari alternatif destinasi lain. Dengan begitu, kamu masih bisa berlibur tanpa khawatir over budget.

Untuk menyiasatinya, kamu perlu melakukan research terlebih dahulu. Sebelum berangkat, kamu bisa mencari informasi terkait lokasi wisata dari mulai jarak, tiket masuk, hingga biaya untuk menuju ke sana. Selain itu, kamu juga bisa mendata tempat wisata yang dekat dengan destinasi tujuan awal. Hal ini juga bisa menjadi alternatif jika tempat wisata tujuan awal tutup atau sedang mengalami perbaikan.

3. Manfaatkan berbagai layanan khusus dari OTA.

foto: shutterstock.com

Agar liburan dadakan makin lancar, nggak ada salahnya untuk melirik layanan khusus dari Online Travel Agency atau OTA. Jika beruntung, kamu mungkin bisa menemukan diskon di hotel tertentu atau potongan tiket pesawat yang menggiurkan. Ada juga yang menawarkan berbagai kemudahan dengan berbagai metode pembayaran yang disediakan. Misalnya PayLater dari Traveloka, salah satu metode pembayaran terbaru yang ditawarkan OTA tersebut.

Dengan PayLater, kamu bisa memesan tiket pesawat, kereta, hotel, hingga berbagai macam aktivitas dan rekreasi melalui pembayaran satu bulan setelah pemesanan. Kamu juga punya opsi untuk membayar dengan cicilan dua, tiga, atau enam bulan. Tak tanggung-tanggung, batas maksimum kredit yang diberikan PayLater mencapai Rp 10 juta lho. Untuk mendaftar, kamu bisa lakukan dengan mudah dan cepat melalui aplikasi mobile Traveloka. Info lengkap mengenai PayLater dari Traveloka bisa kamu dapatkan di sini.

4. Buat itinerary.

foto: shutterstock.com

Sekalipun dadakan, itinerary tetap penting untuk kamu buat saat liburan. Pasti nggak mau kan saat sudah tiba di spot wisata yang dituju tapi bingung mau ngapain? Inginnya refreshing, eh realitanya kamu cuma menghabiskan berjam-jam duduk manis di kafe terdekat. Saking nggak tahu mau ke mana atau ngapain aja, kamu bisa kelupaan kalau besok jatah cuti sudah habis. Liburan juga jadi nggak memuaskan, deh.

Pastikan kamu mendata semua aktivitas yang akan kamu lakukan selama liburan dadakan ini, bisa mulai pilihan kuliner, destinasi, transportasi, sampai oleh-oleh perlu kamu perhatikan. Namun, kamu juga masih boleh kok mencoba di luar itinerary yang ditulis. Jadikan momen liburan menjadi waktu untuk mencoba hal-hal baru yang mengasyikkan!

5. Cek newsletter OTA di email.

foto: shutterstock.com

Hal satu ini sering kali dilupakan banyak orang. OTA sering kali mengirimkan berbagai promosi dan informasi menarik lewat newsletter di email. Bisa jadi, di dalamnya ada sesuatu yang menarik dan bisa kamu jadikan acuan untuk merencanakan liburan dadakan kamu. Teliti sedikit, kamu mungkin bisa menemukan ‘harta karun’ yang jarang dilirik orang lain.

Newsletter dari OTA ini bisa kamu buka saat sedang istirahat kerja. Melalui newsletter, kamu bisa mendapatkan informasi seperti diskon harga hotel, tiket pesawat, kereta, dan masih banyak lagi. Siapa tahu juga kan, kamu bisa raih kesempatan mendapatkan last minute deals?

Itulah lima metode ampuh untuk liburan dadakan di akhir bulan. Yuk, cek tanggal merah dan siapkan form cuti kamu dari sekarang. Selamat liburan dengan aman dan nyaman, Sobat Brilio!

 

(brl/tin)