5 Resep Menu Berbahan Lontong Buat Sambut Jam Berbuka. Variasi Spesial Buat yang Sudah Bosan Nasi Melulu

Posted on


Featured Image

Selama bulan puasa, variasi menu makanan selama bulan Ramadan penting demi menjaga semangat tetap membara. Ya, biar selain biar nggak mudah bosan juga agar ragam nutrisimu tetap terjaga. Selain menu karbohidrat berbahan nasi biasa, kamu juga bisa lho berkreasi dengan menu berbahan dasar karbohidrat berupa lontong. Kuahnya bisa bermacam-macam, tergantu sajian menu kuahnya.

Nah, menu berbahan lontong memang terkesan sulit dibuat, padahal nih kamu bisa nyetok lontong di kulkas untuk dikreasikan jadi berbagai macam menu lezat menggugah selera. Nggak melulu harus makan nasi ‘kan sebagai bahan utama karbohidrat? Yuk ah langsung simak dan screenshoot aneka resep sajian berbahan lontong ini sebagai menu berbuka kamu!

1. Lontong sayur bisa kamu kreasikan buat menu berbuka ataupun saat sahur. Membuatnya ternyata nggak terlalu sulit kok!

Nyam, sedapnyaa~ via keeprecipes.com

Sumber: Instagram Icha Irawan

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 200 gr daging bertulang
  • 700 ml santan
  • 1 liter air
  • 3 buah labu siam
  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun kunyit
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • Garam dan gula secukupnya

Bumbu halus:

Bahan halus :

  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 cm jahe
  • 5 cm lengkuas
  • 1 telunjuk kunyit
  • 6 buah kemiri
  • 5 buah cabe merah besar

Cara membuat:

  • Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan bahan dedaunan, tumis lagi dan masukkan daging serta tulang, aduk-aduk sampai wangi
  • Masukan santan, tambahkan 1 liter air atau secukupnya, masukkan garam dan sedikit gula. Aduk-aduk sampai mendidih
  • Masukkan labu siam, aduk kembali sampai mendidih. Terakhir masukkan telur yg sudah direbus dan tahu goreng lalu masak lagi sampai mendidih, setelah dirasa cukup, matikan kompor
  • Sajikan bersama lontong, bawang goreng dan kerupuk. Mudah bukan?

2. Nggak perlu melipir ke rumah makan Padang demi mencicipi menu lontong Padang. Bisa kok kamu kreasikan sendiri di rumah~

Kerupuk merahnya itu lho menggoda via www.saribundo.biz

Sumber: resepdanmasakan.com

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 500 gr nangka muda, potong kecil lalu rebus setengah matang
  • 1,5 liter santan kelapa
  • 10 batang kacang panjang, potong seukuran 3 cm
  • 3 cm lengkuas, geprek memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm, gula merah, sisir halus
  • 2 sdm garam halus
  • 5 sdm minyak goreng, untuk tumisan

Bahan halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 8 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe merah besar
  • 1 sdm merica butir
  • Jahe 1 cm, kupas dahulu
  • Kunyit 2 cm, kupas dahulu

Bahan pelengkap:

  • Telur rebus 4 butir, belah bagi 2
  • Kerupuk merah 20 butir
  • Bawang goreng 4 sdm, siap saji
  • Lontong 3 buah ukuran besar

Cara membuat:

  • Panaskan minyak terlebih dahulu, kemudian tumis bahan yang dihaluskan, aduk sebentar sampai agak harum
  • Tambahkan lengkuas dan daun salam, aduk lagi sebentar dan tuangkan santan, tunggu sampai mendidih
  • Masukkan nangka muda yang sudah direbus setengah matang tadi dan kacang panjang
  • Selanjutnya masukkan gula merah dan garam halus, aduk sampai rasa benar-benar pas
  • Tambahkan juga penyedap kalau kamu suka dan tunggu sampai semua bahan matang
  • Siapkan mangkuk saji, potong lontong sesuai selera, tuangkan sayur yang sudah dibuat
  • Kemudian tambahkan bawang goreng dan kerupuk merah serta bahan pelengkap lainnya
  • Lontong sayur padang pun siap untuk disajikan. Nyam nyam!

3. Lontong banjar adalah salah sajian menu lontong yang bisa buat stok beberapa hari. Semakin sering dipanasin, kuahnya makin endolita bambina

Sekali makan pasti ketagihan~ via tandaseru.id

Sumber: bacaresep.com dan ncclontongweek.blogspot.com

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

1. Bahan Lontong

  • 500 gr beras yang agak gendut (punel)
  • Air secukupnya (untuk mengukus)
  • Daun pisang  secukupnya (untuk bungkus)

Cara membuat lontong:

  • Beras dicuci lalu tiriskan
  • Gulung daun pisang, yang berwarna hijau tua di dalam supaya lontong yang dihasilkan warnanya hijau dan wangi
  • Lalu isi dengan beras hingga setengahnya saja, kalo kurang nanti lontongnya lembek dan kalo berlebihan bentuknya masih utuh nasi dan bisa protol-protol
  • Susun berdiri di dandang lalu isi dengan air hingga lontong terendam penuh
  • Masak 2-3 jam. Jika  air menyusut sebelum waktu matang tambahkan air panas. Setelah matang tiriskan dan jejerkan.

2. Bahan Kuah Lontong Banjar

  • 100 ml air kaldu ayam
  • 600 ml santan kental
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • Garam
  • Bubuk kaldu jamur  jika suka

Bumbu halus untuk kuah:

  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri sangrai
  • 1 ruas kunyit sangrai
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • 1 buah labu siam, diiris tipis memanjang
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuat kuah:

Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, serai dan ketumbar, aduk tambahkan air kaldu, masukkan labu siam. Setelah setengah matang masukkan santan dan kaldu jamur lalu kecilkan api. Masak sampai matang.

3. Ayam Hintalu Masak Habang

Ayam+Telor:

  • 1kg paha dan dada ayam, bagi jadi 2 lumuri air jeruk nipis
  • 5 biji telur bebek rebus kupas
  • 5 daun salam
  • 5 cm kayu manis
  • 4 cengkeh
  • 500ml air mendidih
  • ½ gelas minyak gorengBumbu halus masak habang:
  • 6 cm jahe
  • 250 gr bawang merah
  • 200 gr bawang putih
  • 30 buah lombok kering*, rebus 15 menit, buang airnya n bijinya, lalu blender
  • 6  sdm gula merah
  • Garam
  • 1.5 sdt terasi (acan banjar) bakar dan larutkan dalam 3 sdm air asam jawa

Cara membuat:

  • Panaskan wajan, beri minyak, goreng bumbu halus sampai matang dan beri daun salam, kayu manis, cengkeh
  • Beri gula merah, jika suka warnanya gelap, tambahkan lebih
  • Masukkan ayam, aduk sampai matang dan agak keras, beri air ketika ayam berubah warna. Masukkan telur rebus
  • Masak sampai air hampir habis dengan api kecil. Jika sudah berminyak dan airnya agak kering, angkat.

Cara penyajian : Tata lontong di atas piring, siram dengan kuah lontong, beri lauk telur atau ayam dan kuah masak merah. Terakhir taburkan bawang goreng. Rasanya ugh, jangan ditanya. Dijamin bakal ketagihan, hehe~

4. Sudah pernah mencoba lontong pical khas Padang? Kalau belum, coba buat sendiri yuk biar puas nyicipinnya, hehe

Lezatnya dijamin sampai ke ubun-ubun! via tandaseru.id

Sumber:  carabuatresep.blogspot.com

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan utama

  • 4 lembar kol, diiris, dikukus
  • 100 gram taoge, direbus
  • 200 gram jantung pisang, direbus
  • 100 gram daun singkong, direbus
  • 1 buah ketimun, dipotong-potong
  • 250 gram mi kuning
  • 1 1/4 sdt gula pasir
  • 1 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt cuka makan
  • 200 ml air matang

Bumbu halus:

  • 100 gram kacang tanah goreng
  • 3 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit
  • 2 cm kencur
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt gula merah

Bahan pelengkap:

  • Lontong, dipotong-potong
  • Kerupuk merah, digoreng
  • Bawang goreng renyah

Cara membuat:

  • Cara membuat saus kacang untuk bumbu pecel : Aduk rata bumbu halus, air, cuka, gula, dan garam.
  • Tata mi kuning, lontong atau ketupek dan sayur di piring saji.
  • Siram saus pecel
  • Taburkan kerupuk dan bawang goreng renyah
  • Sajikan untuk 5 porsi. Yummy!

5. Kreasikan sendiri yuk lontong Medan andalan kamu yuk! Sekilas penampakannya mirip dengan lontong biasa, tapi rasanya sih jelas beda dong ya!

Bisa diganti kerupuk biasa kok via cookpad.com

Sumber: Cookpad Elisabeth Febrina Sebayang (Mak Gege)

Bahan yang kamu butuhkan:

  • 4-5 potong Daging Ayam /Tetelan Sapi
  • 5 buah telur ayam rebus
  • 5 buah tahu potong kotak2 ukuran sedang goreng hingga kecoklatan
  • 10 batang daun buncis iris halus serong panjang
  • 2 buah wortel potong korek api
  • 1 buah labu siam/jipang potong korek api
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai geprek
  • 1 buah asam kandis
  • 1 buah santan instan cair

Bumbu Halus

  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit merah (sesuai selera)
  • 2 ruas jahe
  • 2 ruas lengkuas
  • 2 ruas kunyit
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar bubuk secukupnya
  • garam, gula pasir secukupnya kaldu bubuk
  • secukupnya air

Pelengkap:

  • Lontong
  • Kering tempe pedas manis
  • Kerupuk Jangek (Kerupuk Kulit)
  • Bawang goreng

Cara membuat:

  • Pertama, cuci bersih ayam, lalu beri garam dan jeruk nipis biarkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu rebus daging ayam hingga setengah matang. Angkat dan sisihkan
  • Panaskan wajan, tumis bumbu halus beserta daun salam, daun jeruk dan sereh geprek hingga harum
  • Setelah itu masukkan tahu goreng, ayam dan telur yg sudah direbus tadi. Beri garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan asam kandis. Aduk rata, lalu koreksi rasa
  • Bila kuah gulai terlalu pekat, bisa ditambahkan dengan air matang sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah
  • Masak hingga sayuran empuk serta bumbu gulai meresap ke Ayam, telur dan tahu. Angkat dan sisihkan.

Gimana, sudah nggak bingung lagi ‘kan mencari alternatif menu karbohidrat selain sajian nasi biasa? Sesekali boleh dong makan menu lontong, biar nggak bosa makan yang begitu-gitu aja. Selamat mencoba dan semoga acara masak-masaknya sukses ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya