5 Seleb ini rayakan Waisak, pesannya bikin damai

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Hari ini, Selasa (29/5) bertepatan dengan Hari Raya Waisak 2562 BE. Waisak merupakan hari suci agama Buddha. Dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting. Yakni, lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 SM, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodh Gaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 SM, dan terakhir Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 SM.

Di Tanah Air sendiri, perayaan Hari Raya Waisak paling besar dilaksanakan di Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Mulai dari upacara ritual pengambilan api alam Tri Suci Waisak 2562 BE/2018 di Mrapen Grobogan serta pelepasan lampion di Candi Borobudur.

Sejumlah selebriti Tanah Air yang beragama Buddha pun tak ketinggalan turut merayakan Hari Raya Waisak. Mereka juga menyampaikan pesan perdamaian bagi masyarakat Indonesia. Nah, berikut Hoopsbyjudy rangkum dair berbagai sumber, Selasa (29/5) selebriti Tanah Air yang diketahui beragama Buddha.

1. Roy Kiyoshi.

foto: Instagram/@roykiyoshi

Paranormal dan presenter acara ‘Karma’ ini diketahui beragama Buddha. Bahkan pria 31 tahun ini memiliki aula Buddha di dalam rumahnya. Roy sengaja membangun aula tersebut untuk semua orang khususnya untuk umat buddha.

2. Dewi Lestari.

foto: Instagram/deelestari

Penulis hits Tanah Air, Dewi Lestari atau yang akrab disapa Dee ini menjadi penganut agama Buddha karena keinginannya. Hari ini (29/5) ia pun merayakan Hari Raya Waisak.

“Every thought counts. Let’s make this world a little bit better each day. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Selamat Hari Waisak 2562 BE. From our family to all beings,” tulis Dee melalui akun Instagram pribadinya, @deelestari.

3. Novinta Dhini.

foto: Instagram/novintadhini

Mantan anggota JKT48 yang berasal dari Denpasar ini melalui akun Twitternya, mengucapkan selamat hari raya Waisak.

“Rahajeng Nyanggra Galungan lan Kuningan!
Selamat menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan!
Selamat hari raya Tri Suci Waisak!
Kedamaian dan kasih menyertai kita semua!
May all beings be happy!” tulisnya dalam akun @novintadhini__ pada Selasa (29/5).

4. Natalia.

foto: Instagram/@jkt48natalia

Natalia merupakan anggota generasi kedua JKT48, yang akhirnya menjadi anggota resmi Tim KIII pada tanggal 25 Juni 2013. Anggota tari dari sub-unit JKT48 Dance Project ini diketahui beragama Buddha.

“Selamat Hari Raya waisak bagi yang merayakannya” tulisnya di akun Twitternya @Nat_JKT48.

5. Rika Alfiany.

foto: Instagram/@rikafny

Rika Alfiany atau yang biasa disebut Teens Rika adalah anggota girl group Teenebelle. Ia merupakan member yang paling tua sekaligus leader Teenebelle.

 

 

(brl/pep)