5 Sosok pebisnis wanita Indonesia yang sukses dan sangat inspiratif

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Hari Kartini yang jatuh pada setiap tanggal 21 April, menjadi salah satu momen penting bagi para kaum perempuan Indonesia untuk tetap mengobarkan semangat perjuangan Raden Ajeng Kartini di masa penjajahan dulu. Semangat tersebut tetap dilanjutkan meski sudah berpuluh-puluh tahun berlalu.

Kini perjuangan pahlawan wanita asal Jepara itu sudah terbayarkan. Hal ini terlihat dari banyaknya kaum perempuan yang juga menuai prestasi dan berkarya tanpa ada perbedaan hak dengan kaum laki-laki.

Para kaum hawa ini tetap membawa semangat dan perjuangan Kartini lewat berbagai macam karya dan usaha. Diantaranya adalah dengan menjadi pebisnis handal yang namanya sudah tidak perlu diperhitungkan lagi.

Siapa saja mereka? Berikut 5 sosok pebisnis wanita Indonesia yang sukses dan juga inspiratif seperti dirangkum Hoopsbyjudy dari berbagai sumber, Sabtu (21/4).

1. Diajeng Lestari

foto: Instagram/@diajenglestari

Namanya mungkin tidak banyak dikenal orang. Akan tetapi bisnis startup-nya pasti sudah diketahui banyak orang. Ya, Diajeng Lestari merupakan sosok jenius dibalik berdirinya e-commerce HijUp. Diajeng memulai usahanya pada tahun 2011 lalu dengan menjual pakaian dan aksesoris yang ditujukan khusus bagi kaum muslim Indonesia.

2. Merrie Elizabeth

foto: Instagram/@merrieelizabeth

Blobar merupakan salah satu salon terkemuka yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga. Siapa yang menyangka jika pendirinya adalah seorang perempuan muda bernama Merrie Elizabeth. Bahkan berkat kerja kerasnya ini Merrie sempat masuk dalam daftar 30 Under 30 Forbes Asia untuk kategori Retail dan E-commerce tahun 2016.

3. Carline Darjanto

foto: Instagram/@carlinedarjanto

Kamu yang suka belanja online pasti tahu dong dengan brand fashion Cotton Ink? Ya, merek dengan produk fashion yang selalu hits ini didirikan oleh seorang wanita bernama Carline Darjanto bersama rekannya Ria Sarwono. Bahkan dirinya sempat disebut oleh Forbes sebagai salah satu pendiri label fashion keren asal Indonesia.

4. Helga Angelina Tjahjadi

foto: Instagram/@helgaangelina

Beralih ke dunia kuliner, ada seorang perempuan cantik bernama Helga Angelina Tjahjadi yang merupakan pendiri dan managing director dari restoran Burgreens. Wanita berkulit sawo matang ini menciptakan menu burger sehat dengan menggunakan daging petty yang terbuat dari kacang-kacangan, jamur dan bayam. Kesuksesannya menciptakan menu burger sehat ini sempat membawanya masuk dalam daftar 30 Under 30 Forbes Asia tahun 2016 untuk kategori Arts dalam bidang kuliner.  

5. Susi Pudjiastuti

foto: Instagram/@susipudjiastuti115

Selain menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, wanita dengan gaya nyentrik ini juga meruapakan pengusaha dan pemilik dari PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang merupakan eksportir hasil-hasil perikana. Tak hanya itu dirinya juga mempunyai usaha penerbangan Susi Air dengan nama perusahaan PT ASI Pudjiastuti Aviation.

(brl/guf)