5 Tips Memilih Travel Haji Terpercaya. Supaya Terhindar dari Penipuan dan Tenang Hatinya

Posted on


Beberapa waktu belakangan ini, terdapat berbagai pemberitaan negatif terkait travel agen Haji dan Umroh yang menghiasi tajuk media massa. Kebanyakan agen travel haji dan umroh tersebut menjanjikan biaya yang murah meriah di bawah rata-rata. Tawaran itu tentu membuat banyak orang tergiur, yang pada akhirnya menjerumuskan mereka pada janji-janji palsu. Uang biaya haji sudah dibayar, namun para calon jemaah haji nggak kunjung diberangkatkan.

Kerugian yang ditaksir biasanya mencapai triliunan rupiah. Bisa dibayangkan ada berapa ribu orang yang dirugikan dan malah tidak jadi pergi ibadah.

Banyaknya kasus penipuan travel Haji dan Umroh ini membuat masyarakat jadi resah. Terlebih bagi mereka yang mendambakan pergi ke Tanah Suci dan sudah merencanakannya sejak lama. Perasaan was-was akan terjebak penipuan pihak travel tak bisa dihindari. Tapi tenang, kali ini Hoopsbyjudy telah merangkum tips-tips untuk memilih travel Haji dan Umroh yang terpercaya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Yuk, simak~

1. Salah satu langkah sederhana yang bisa kamu lakukan adalah mencari testimoni di Internet atau bertanya ke relasi yang pernah memakai jasa travel yang sama~

testimoni netizen via www.123rf.com

Biasanya agen-agen yang sudah terpercaya akan banyak mengantongi testimoni positif dari pelanggan. Selain tanya ke orang-orang terdekatmu, kamu juga bisa mencarinya di Internet. Biasanya kalau googling, akan banyak muncul review dari orang-orang soal travel Haji dan Umroh yang kamu tuju. Kalau mayoritas testimoninya baik, berarti kemungkinan besar agen tersebut bisa dipercaya. Tapi kalau di halaman pertama Google aja isinya udah maki-makian, mending ganti deh.

2. Selain itu jangan lupa cek apakah biro travel tujuanmu sudah terdaftar di Kementrian Agama atau belum. Meski agak repot, tapi ini penting lho

Verified! via www.123rf.com

Meski sekarang banyak banget pihak yang menyediakan jasa pemberangkatan Haji atau Umroh, tapi nyatanya nggak semua agen terdaftar di Kementerian Agama. Penting kiranya kamu cek lebih dulu, apakah agen tujuanmu sudah punya izin resmi atau belum. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah travel Haji dan Umroh itu sudah resmi terdaftar atau belum. Pertama, dengan mendatangi langsung kantor Departemen Agama setempat, dan minta daftar Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) di wilayah tersebut. Kedua, bisa juga dengan mengakses website resmi Kementerian Agama di sini.

3. Memerhatikan harga saja tidak cukup. Kamu juga harus melihat apa saja fasilitas yang diberikan

Telusuri fasilitas yang diberikan, seperti akomodasi dan transportasi via haji.okezone.com

Banyak orang tergiur dengan harga murah yang ditawarkan biro-biro perjalanan Haji dan Umroh. Hal itu memang tidak sepenuhnya salah, tapi kamu tetap harus perhatikan apa saja fasilitas yang ditawarkan. Apakah sebanding dengan biayanya? Soalnya banyak lho kasus mereka yang tergoda harga miring, tapi malah keamanannya tidak terjamin dan kepastian keberangkatannya tidak jelas. Daripada kayak gitu, lebih baik pastikan dulu ya.

4. Penting juga untuk mencari travel Haji dan Umroh yang sepaket dengan asuransi. Biar ibadah Haji lebih terjamin

Asuransi sebagai payung perlindungan via www.123rf.com

Bagi kaum millennials, mungkin belum pernah kepikiran buat melakukan perencanaan Haji di masa depan. Padahal penting lho mengingat daftar antreannya yang sangat panjang. Buat kamu yang bingung gimana memulainya, FWD Life punya produk Asuransi Bebas Tawakkal, berupa perencanaan dana haji berbasis syariah. Selain kontribusi perbulan yang terjangkau, mulai Rp1 juta/bulan, asuransi ini juga aman dan waktu tunggunya relatif lebih cepat.

Dengan Asuransi Bebas Tawakkal, FWD Life ingin ikut mendukung umat muslim di Indonesia untuk menyempurnakan salah satu rukun Islam dengan menjalankan ibadah haji, dimana perencanaan dana nya dilakukan oleh FWD Life sebagai lembaga pengelola keuangaan yang terdaftar dan diawasi oleh OJK dan FWD Life bekerjasama dengan perusahaan agen perjalanan untuk membantu pengurusan keberangkatan Haji.

Hal ini juga dapat menjawab ke khawatiran masyarakat bahwa dana mereka dikelola oleh lembaga keuangan resmi, dalam hal ini FWD Life.

Nggak hanya bekerja sama dengan agen travel haji terpercaya, Asuransi Bebas Tawakkal juga dilengkapi dengan fitur donasi dengan bekerjasama dengan Dompet Dhuafa. Jadi buat yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk orang-orang yang membutuhkan, produk ini cocok banget deh, paket komplit! Tunggu apalagi? Yuk, cek di sini buat info lebih lanjut!

FWD Bebas Tawakkal

5. Pastikan agen travel tersebut punya jadwal yang pasti. Hindari yang tidak bisa memberi kepastian keberangkatan

kepastian jadwal berangkat via www.123rf.com

Seringkali ditemui biro perjalanan Haji dan Umroh yang tidak memiliki detail pasti jadwal keberangkatan. Mereka biasanya cuma memperkirakan pemberangkatan di bulan sekian dengan menggunakan maskapai A atau B. Semua serba tidak jelas. Akibatnya para calon jamaah merasa digantung. Harusnya kalau travel Haji dan Umroh resmi, mereka sudah mendapat jatah VISA untuk tiap tanggal keberangkatan. Karena udah punya kuota VISA itu, mereka berani membeli tiket pesawat PP. Jadinya jelas, berangkatnya kapan, jam berapa, dari bandara mana, landing dimana, maskapainya apa, dan lain-lain.

Nah, gimana, udah paham ‘kan apa aja yang perlu dipertimbangkan saat survei agen travel Haji / Umroh. Pokoknya jangan malas buat mencari tahu sedetail-detailnya informasi agen tujuanmu. Kalau travelnya terpercaya, ‘kan ibadahnya juga jadi fokus dan nyaman~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya