5 Tips Mencari Kos untuk Para MaBa dan Pekerja Kantoran. Jangan Asal Cari Murah Saja, yang Penting Aman dan Nyaman

Posted on


Tips Memilih Kosan

Merantau adalah salah satu fase yang dilewati sebagian orang saat ia mulai beranjak dewasa. Umumnya selepas SMA, sebagian besar dari mereka memutuskan untuk mengadu nasib ke kota orang, entah untuk kuliah atau bekerja. Bicara soal merantau tentu nggak bisa dilepaskan begitu saja dengan masalah kos-kosan. Sebab bagaimanapun juga sebagian besar kehidupan rantau dihabiskan di lingkungan kos.

Begitu banyak hal yang bisa diulas dari kehidupan anak kos. Namun kali ini Hoopsbyjudy Tips akan mengulas tentang bagaimana memilih dan menentukan tempat kos yang baik, murah dan nyaman untuk ditempati. Berikut adalah 6 tipsnya.

1. Tetapkan budget yang hendak dikeluarkan. Estimasikan anggaran berdasarkan kepada kiriman atau gajimu per bulan

Estimasi anggaran via www.pexels.com

Uang adalah permasalahan yang cukup sensitif sekaligus pelik bagi kehidupan anak rantau. Maka dari itu penting kiranya sebelum mencari kosan buat dulu estimasi anggaran, buat berdasarkan kemampuanmu (uang kiriman atau gaji per bulan).

Nanti, kamu akan dihadapkan pada pilihan cara membayar; tahunan atau bulanan. Keduanya punya plus-minusnya sendiri. Pilihan per bulan, maka kamu mesti tahan menyisihkan uang sebulanan sekali guna membayar sewa. Sementara kalau tahunan, cenderung berat di awal namun sedikit gambling sebab mau nggak mau kamu harus betah-betahin tinggal di sana apapun situasinya. Kalau sewanya per bulan ‘kan setidaknya kau bisa cepat pindahan kapan saja kalau sudah tidak betah.

2. Supaya lebih mudah, gunakan aplikasi pencarian kos. Supaya kamu nggak capek-capek nanya

Pakai aplikasi via tech.idntimes.com

Supaya lebih mudah dalam mencarinya, ada baiknya kamu menggunakan aplikasi gawai yang mengiklankan kos-kosan. Aplikasi ini akan memberikan gambaran informasi mengenai kamar kos atau kosong di seluruh Indonesia. Lengkap dengan informasi harga, fasilitas, dan nomor pemilik kos.

Selain itu informasi juga dilengkapi dengan foto, jadi kamu bisa memperkirakan sendiri apakah kamar kost yang cocok hanya dari aplikasi ini. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya, MamiKost, KosKost, Kost Hunt, dan lain sebagainya.

3. Fasilitas kos yang ditawarkan sangat penting untuk dipikirkan matang-matang. Mahal dikit nggak apa-apa kalau bagus fasilitasnya

Banyak fasilitas via www.designrumah.co.id

Beda kosan, beda pula fasilitasnya. Dimulai dari kamar mandi luar dan dalam, kosongan dan isian (biasanya lemari+kasur), hingga yang menyediakan fasilitas tambahan berupa WiFi atau AC. Tentu saja harganya sesuai fasilitasnya. Semakin lengkap semakin mahal.

Sekadar tips, nggak perlu ragu mengeluarkan sedikit lebih mahal untuk fasilitas yang lebih. Terutama yang memberikan fasilitas seperti kasur, lemari, dan meja. Mahal dikit nggak apa-apa lah toh bisa dipakai juga nantinya.

4. Saat memilih, kulik terlebih dahulu bagaimana suasana kosan. Mulai dari bagaimana tetangga kosmu, keamanan lingkungan, dan kebersihan

Kenyamanan adalah harga mati via rumahdijual.com

Memilih kos nggak bisa asal-asalan, selain karena ada budget, pertimbangan lain yang paling penting adalah kenyamanan. Maka dari itu pilihlah kos yang sesuai dengan kepribadianmu, kalau kamu termasuk orang yang suka menyendiri maka pilihlah kos yang diisi oleh para pekerja. Kalau kamu orangnya rame, maka pilihlah yang khusus mahasiswa.

Selain itu ada beberapa hal yang wajib kamu jadikan pertimbangan. Pertama, lokasi yang strategis; dekat kampus/kantor, dekat rumah makan, intinya ke mana-mana gampang. Kedua, keamanan; sebisa mungkina hindari lingkungan yang riskan pencurian. Ketiga, kebersihan; ini menjadi penting untuk kesehatan dan kenyamanan, terlebih bagi pekerja, supaya nggak mudah terserang penyakit.

5. Jangan pernah malu untuk bertanya, baik kepada penjaga kosan, penghuni, maupun harga dekat lokasi supaya kamu bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang akan datang

Malu bertanya sesat di jalan via wartakota.tribunnews.com

Untuk mengetahui bagaimana suasana kosan, jangan pernah malu bertanya kepada penjaga kosan mengenai informasi yang ingin kamu ketahui, bertanyalah kepada penghuninya juga bagaimana karakter para penghuni kosan tersebut, apakah cocok denganmu atau nggak. Selain itu jangan lupa bertanya soal keamanan kalau kamu ingin barang-barangmu tetap terjaga.

Kosan adalah tempat di mana kamu tinggal di rantauan. Sudah seharusnya kenyamanan menjadi faktor utama, agar kamu betah mengerjakan tugas, nyaman istirahat setelah bekerja seharian, tenang untuk merenung, dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa tips mencari dan memilih kosan ala Hoopsbyjudy. Semoga bermanfaat, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya