6 Alasan Cowok Jarang Bahas Pernikahan dengan Temannya, Bukan Karena Belum Siap Mentalnya

Posted on


Pernikahan di mata cowok

Bagi cewek, rasanya nggak ada hal yang lebih seru untuk dibicarakan selepas kuliah selain pernikahan. Di mana pun bahasan mengenai pelrnikahan ini selalu ada, di live instagram, di status twitter, di rumah, dan utamanya saat sedang nongkrong bersama karib sejawat.

Lain halnya dengan cowok, mereka cenderung jarang membicarakannya – bahkan hampir tak pernah. Inilah yang kadang membuat kamu (cewek) bingung dan penasaran, mengapa sih cowok jarang bahas soal pernikahan apalagi kalau sedang nongkrong? Padahal di usianya sudah nggak muda lagi dan sudah punya pekerjaan tetap? Nah biar nggak penasaran, ini lho beberapa alasan cowok malas bahas pernikahan saat sedang nongkrong bareng.

1. Bukan hanya bersifat terlalu personal, tapi cowok pun menganggap pernikahan itu topik yang kurang menarik untuk dibahas

Masalah personal via www.pexels.com

Bagi cowok pernikahan adalah ranah personal yang nggak perlu diumbar-umbar. Jangan salah, cowok juga sangat menginginkan pernikahan, bedanya cowok cenderung lebih tertutup menceritakannya. Ia lebih memilih momen yang pas untuk menceritakannya dengan orang yang tepat pula. Maka jangan heran kalau saat nongkrong cowok cenderung tertutup saat ditanya mengenai pernikahan. Bagi cowok, masih banyak topik yang mesti dibicarakan bersama teman-teman dibandingkan masalah pernikahan.

2. Bahasan pernikahan acapkali membuat cowok pusing, apalagi kalau bukan soal gambaran modal yang harus disiapkan

Daripada pusing memikirkannya mending bahas yang lain via unsplash.com

Mungkin salah satu alasan mengapa cowok enggan terbuka menceritakan pandangan atau wacana mengenai pernikahan adalah masalah modal. Yap, nikah butuh modal, dan inilah yang selalu menjadi kendala bagi sebagian besar cowok. Ia telah mati-matian menabung, namun ada saja kebutuhan yang memaksanya menggunakan tabungan itu. Selain itu juga, semakin hari biaya pernikahan semakin naik. Makannya cowok menghindari bahasan ini sebab ia takut malah jadi pusing sendiri memikirkannya.

3. Karena urusan pernikahan itu bukan obrolan ringan, cowok cuma nggak suasana susana santai jadi terlalu serius dan nggak nyaman

Cowok menghargai pertemuan yang fun via unsplash.com

Pernikahan bukanlah masalah sepele, sifatnya sakral, nggak bisa main-main. Maka dari itu sebagian besar cowok menghindari membahasnya saat nongkrong, sebab mereka nggak ingin momen hangat bersama teman menjadi tegang akibat bahasan soal pernikahan. Cowok sangat menghargai setiap pertemuan dengan teman-teman dekatnya, terlebih bagi mereka yang sama-sama sibuk bekerja. Mereka akan lebih memilih untuk bertukar cerita-cerita yang seru mengenai pekerjaan masing-masing.

4. Masih banyak hal lain yang lebih penting dibahas, seperti urusan karir, keluarga bahkan bisnis

Belum bisa dibahas via www.pexels.com

Saat cowok enggan membicarakan pernikahan barangkali karena memang belum ada yang bisa atau menarik untuk dibicarakan. Kalau sudah begini, biasanya cowok justru tertarik membicarakan hal lain – urusan bisnis atau seputar karir. Barangkali hal tersebut lebih menarik untuk dibicarakan. Bahasan ini tentu saja termotivasi oleh tuntutan modal untuk melamar dan menikahimu saat waktunya tiba nanti.

5. Banyak cowok yang memang kurang suka mengumbar rencana-rencana yang belum jelas kepastiannya

Kalau belum jelas kapan tanggalnya, mending nggak diumbar-umbar dulu via www.pexels.com

Cowok juga mempertimbangkan timing untuk menceritakannya kepada teman-temannya. Ia akan cerita hubungan dengan kekasihnya saat waktunya tepat. Biasanya saat segalanya sudah siap, mulai dari calon, modal, tanggal dan lain sebagainnya. Ya, cowok nggak akan mengumbar-umbar rencana pernikahannya sebelum benar-benar pasti. Ia nggak berani mengambil risiko menceritakannya jauh-jauh hari, sebab takutnya ternyata semua nggak berjalan sesuai rencana. Kalau sudah begitu, hanya malu dan sedih yang tersisa

6. Sebenarnya ada beberapa yang mau membahasnya. Tapi kebanyakan cowok merasa malu, apalagi kalau calonnya sendiri belum ada

Belum ada calon via unsplash.com

Alasan yang paling mungkin bagi cowok enggan membahas masalah pernikahan adalah karena belum ada calonnya. Kriterianya sih sudah ada, keinginan untuk menikahnya juga sudah, namun masalahnya seringkali calonnya yang belum ada. Maka dari itu cowok kerap memilih untuk bungkam saat ditanya masalah pernikahan.

Jangan salah mengartikan dengan cowok jarang – bahkan menolak membahas masalah pernikahan saat nongkrong bareng karena ia nggak mengehendaki pernikahan. Terang, itu salah. Beberapa alasan di atas lah yang melatarbelakangi mengapa cowok cenderung bungkam masalah pernikahan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya