6 Alasan kenapa Gili Trawangan lebih diminati wisatawan ketimbang Bali

Posted on

Brilio.net – Siapa yang tak kenal Pulau Gili Trawangan? Pulau yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini memiliki lansekap pulau yang eksotis dan alami. Pulau sepanjang 3 km dan lebar 2 km ini juga dikenal dengan kebersihannya.

Banyak wisatawan yang ingin merasakan sensasi Gili Trawangan, pulau terbesar dari tiga pulau kecil (gili) di sebelah barat laut Lombok. Dua lainnya adalah Gili Meno dan Gili Air. Dari ketiga gili yang ada, Trawangan lebih bernuansa pesta. Maklum, hampir sepanjang malam selalu digelar pesta di berbagai tempat penginapan dan resto, khususnya di wilayah pantai timur dekat dermaga yang merupakan pintu masuk Trawangan.

Bahkan menurut sebuah survei situs perjalanan dunia, dari sisi pengeluaran per hari (mulai penginapan hingga layanan wisata), Gili Trawangan merupakan pulau wisata terjangkau dibanding pulau wisata lain di kawasan Asia Tenggara termasuk Pulau Bali. Tak heran jika pulau yang satu ini kerap menjadi tujuan wisata, baik turis lokal maupun mancanegara.

BACA Juga :   Kunjungi Thailand, 5 penampilan Evelyn mantan Aming ini dipuji cantik

Lalu, apa daya tarik lain Gili Trawangan yang disebut-sebut terus menandingi Pulau Bali sehingga banyak wisatawan mulai beralih mengunjungi pulau ini? Berikut alasannya:

1. Panorama pantai yang eksotis

Pulau yang sering disebut para turis sebagai “Gili T” ini dikenal dengan keindahan pantai yang membentang dari timur ke barat. Air laut yang masih bersih dengan bentangan pantai berpasir putih ini menjadi daya tarik tersendiri. Pantai di wilayah timur pulau ini lebih ramai dibanding pantai di sebelah barat. Maklum pantai timur berdekatan dengan dermaga yang menjadi pusat keramaian. Di sini banyak ditemui penginapan dan bar yang selalu menyajikan acara sepanjang malam. Meski Pantai barat lebih sepi bukan berarti nggak keren ya? Pantai di wilayah barat yang langsung menghadap Pulau Bali juga nggak kalah eksotis lho.   

BACA Juga :   8 Momen manisnya bridal shower Anissa Aziza, calon istri Raditya Dika

2. Bisa menikmati matahari terbit dan terbenam sekaligus

Di pulau ini, para turis bisa menikmati matahari terbit dan terbenam sekaligus dalam satu hari. Wajar jika di pagi hari pantai timur lebih ramai. Sementara sore hari para turis berbondong-bondong mengunjungi pantai sebelah barat dengan berjalan kaki atau bersepeda untuk menikmati matahari tenggelam bersama orang tercinta. Jarak dari pantai timur menuju pantai barat jika menggunakan sepeda atau cidomo (cikar, dokar, mobil) bisa ditempuh dalam waktu kurang dari setengah jam. Sementara jika berjalan kaki dibutuhkan waktu sekitar satu jam dengan menggunakan jalan kampung tanpa harus memutari pulau.

3. Pemandangan bawah laut yang memukau

BACA Juga :   4 Fakta Probosutedjo, adik Soeharto yang berpulang pagi ini

Satu lagi daya tarik Gili Trawangan yang tak kalah eksotis adalah pesona bawah laut. Air laut yang jernih membuat biota laut masih bisa dijumpai di pulau ini. Buat kamu yang tak ingin menyelam, bisa juga koq melakukan aktivitas snorkeling di sekitar pulau. Kamu dengan gampang bisa menyaksikan ikan badut (clownfish) alias ikan nemo berenang ke sana kemari. Asiknya lagi, arus laut di pulau ini cukup tenang. Jadi kamu bisa menikmati pesona bawah laut termasuk terumbu karang tanpa harus khawatir terseret arus laut.