6 Aplikasi ini nggak disangka bikin kinerja smartphonemu jadi lelet

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Di zaman serba modern dan canggih ini, keberadaan smartphone tentunya sangat berguna untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Bisa dibilang, smartphone merupakan perangkat utama yang harus dimiliki kebanyakan orang. Selain menyediakan informasi yang memperkaya pengetahuanmu, kamu juga bisa menemukan berbagai aplikasi yang nggak kalah membantu untuk kehidupanmu.

Meningkatnya kebutuhan manusia akan ponsel pintar membuat produsen smartphone kini merajalela dengan menyasar berbagai pangsa pasar. Tak hanya itu, model dan tipe smartphone pun semakin hari semakin beragam. Sebab itu, bagi kamu yang hendak membeli smartphone, pastikan untuk melihat detail spesifikasinya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari keluhan kinerja smartphone yang nggak sesuai dengan ekspektasi.

Sistem operasi yang digunakan oleh smartphone juga beragam. Yang paling populer dan banyak digunakan adalah smartphone Android. Nah, bagi kamu yang memiliki ponsel Android terkadang sering bermasalah dengan kinerja hp yang nggak maksimal. Hal ini dikarenakan memori RAM hp kamu telah mencapai batas maksimum, sehingga menghambat performa ponsel. Harus diingat, semakin banyak aplikasi di ponselmu dapat memperlambat kinerja smartphone lho.

Sebaiknya kamu menghapus beberapa aplikasi yang ternyata bisa membuat smartphonemu jadi lambat. Dilansir Hoopsbyjudy dari berbagai sumber Selasa (8/5) berikut enam aplikasi di Android yang bisa bikin smartphonemu jadi lelet.

1. Aplikasi penghemat baterai.

foto: downloadhematbaterai.blogspot.com

Untuk menghemat baterai ponsel, beberapa orang mengunduh aplikasi penghemat baterai. Namun begitu, aplikasi ini justru membuat baterai ponselmu lebih cepat habis. Pasalnya aplikasi ini melakukan proses menghemat baterai yang juga mengonsumsi daya ponsel.

2. Aplikasi antivirus.

foto: Youtube/HOT NEWS

Sebenarnya, dari sistem Android sendiri telah melakukan scanning virus untuk aplikasi yang diunduh langsung dari Play Store. Kalau kamu jarang mengunduh aplikasi yang bukan dari Play Store ataupun menghubungkan ponsel ke komputer, aplikasi ini kurang berguna dan justru memenuhi RAM ponselmu.

3. Aplikasi pembersih ponsel.

foto: gunalovenovi.wordpress.com

Banyak aplikasi pembersih ponsel yang bisa diunduh melalui Play Store. Namun begitu, aplikasi tersebut tidak terlalu dibutuhkan bagi ponselmu dan justru proses menghemat RAMnya bisa menutup proses dari aplikasi lainnya.

4. Aplikasi cuaca.

foto: thunder-widget.id.aptoide.com

Aplikasi cuaca dibutuhkan apalagi bagi kamu yang suka berpergian. Namun begitu, kamu nggak perlu mengunduh aplikasi khusus cuaca yang tentunya akan menambah beban memori ponselmu. Terlebih smartphone saat ini sudah membekali ponsel dengan aplikasi cuaca yang bisa kamu pergunakan dengan maksimal.

5. Aplikasi Wi-Fi.

foto: techaline.wordPress.com

Aplikasi ini cukup populer karena kebanyakan pengguna berharap untuk memecahkan password wifi yang terdeteksi oleh ponsel. Namun begitu, ternyata aplikasi ini hanya menyediakan fitur analisis Wi-Fi saja, oleh karena itu, keberadaannya di ponsel Androidmu sebaiknya dihilangkan saja agar tidak memenuhi memori ponsel.

6. Aplikasi penambah memori.

foto: androidharian.com

Aplikasi penambah memori ini juga banyak beredar di Play Store. Namun, ternyata aplikasi ini tidak memiliki fungsi seperti yang diekspektasikan. Melainkan, aplikasi ini ternyata hanya menghapus cache di Androidmu. Prosesnya juga nggak kalah memakan daya dan keberadaannya memenuhi memori ponsel yang bisa bikin performa handphone menjadi lelet.

(brl/pep)