6 Hal yang Kerap Disesali Mereka di Usia Senja, Karena Belum Sempat Melakukannya Saat Muda

Posted on


Penyesalan di usia senja

Hidup ini serba dilematis, saat kecil kita inginnya lekas dewasa, tapi saat dewasa ingin kembali menjadi anak-anak. Boleh jadi keinginan seperti itu akan dimiliki oleh setiap orang. Nggak percaya? Coba deh kamu perhatikan orang tua, banyak dari mereka yang berlaku seperti anak-anak – barangkali ini adalah representasi dari keinginan mereka untuk kembali muda.

Kita nggak bisa kembali ke masa lalu, maka dari itu ‘selagi masih muda, manfaatkan setiap kesempatan yang ada’. Kamu tentu familiar dengan wejangan semacam itu, biasanya disampaikan oleh orang yang jauh lebih tua dari kita – biasanya orang tua atau kakek-nenek kita. Di usia senja, kebanyakan dari manusia acap menyesal karena banyak yang waktu yang mereka sia-siakan saat muda.

1. Jalan-jalan kebanyak tempat, tak harus luar negeri, tapi cukup ke daerah-daerah di negerimu sendiri, biar ada cerita untuk anak dan cucumu nanti

Pesona Indonesia via www.thejakartapost.com

Indonesia dikenal sebagai salah satu surganya dunia dengan berbagai pesona alam yang dimilikinya. Nah sudah sepatutnya kamu untuk mewacanakan untuk berkeliling menikmati indahnya sebagai bentuk apresiasi terhadap karya Tuhan tersebut. Sebab semakin ke sini, orang-orang justru lebih memilih untuk pergi belibur ke luar negeri dibandingkan dengan mengelilingi kekayaan wisata bangsa sendiri. Miris.

2. Menuangkan keresahan hidup sembari berbagi cerita kepada orang lain dalam bentuk karya

Berkarya via www.pexels.com

Setiap manusia pastilah memiliki keinginan untuk hidup mereka berarti. Hal yang biasa dilakukan adalah berbagi cerita dan gagasan dalam bentuk karya. Ada yang memilih menulis, ada pula yang memutuskan untuk mencipta lagu. Nah khusus bagi kamu yang sedang memiliki keinginan semacam itu, lekas-lekaslah mulai untuk merealisasikannya. Mumpung masih ada waktu, tenaga dan kesempatan daripada menyesal saat tua nanti

3. Meraih impian atau cita-cita yang sedari dulu kamu pilih, meski harus hadapi realita yang tak pernah mudah

Keinginan via www.pexels.com

Berusaha mewujudkan mimpi dan cita-cita merupakan hal yang wajib kamu lakukan selagi muda. Mimpi dan cita-cita bukan hanya pelengkap hidup semata, namun juga perlu pelaksanaan dalam mewujudkannya agar hidupmu makin bermakna. Jangan takut bermimpi dan jangan mudah menyerah untuk mewujudkannya sebelum usiamu beranjak tua.

Meski kenyataan kadang nggak sesuai angan-angan, ketika sudah berusaha namun masih saja gagal, jangan khawatir apalagi berkecil hati mungkin memang belum rezekinya. Lagipula yang terpenting kamu sudah mencoba sehingga amu menjadi nggak penasaran lagi di kemudian hari.

4. Belum pernah merasakan bangkit dari keterpurukan. Padahal pengalaman pahit ini salah satu pelajaran yang berguna

Failure is knowledge via unsplash.com

Kegagalan adalah sebuah pelajaran. Saat menemui kegagalan kita melewati fase di mana mesti bangkit dari keterpurukan. Nah proses kebangkitan itulah hal yang penting dalam hidup kita. Dari situ kita belajar banyak hal karena mental kita diuji. Melewatinya berarti kamu telah naik kelas sebagai manusia. Dari situ banyak pengalaman yang bisa diambil dan dibagikan saat usia senja menjelang.

5. Teman yang bisa diandalkan dan diajak berbagi, membuat masa tuamu jauh dari kata sepi

Banyak teman via www.pexels.com

Kehadiran teman sangat penting bagi mereka yang berusia senja. Seperti yang kita tahu, teman merupakan sosok yang menyelamatkan kita dari kesepian hidup, teman membuat hidup menjadi lebih hidup. Kata orang, banyak teman bisa membuat orang lebih bahagia. Nah selagi masih muda, baiknya kamu banyak-banyaklah bergaul, bersosialisasi agar saat tua nanti kamu nggak kesepian.

 6. Takut keluar dari zona nyaman, dan akhirnya kamu belum pernah mencicipi rasanya mengambil keputusan yang beresiko besar

Takut mencoba via www.pexels.com

Salah satu penyesalan yang sering terjadi adalah ketika kita menyesal karena kerap takut mencoba tantangan baru atu takut untuk keluar dari zona nyaman. Akibat dari itu banyak pintu-pintu menuju dunia yang baru menjadi tertutup. Hidup pun menjadi terasa singkat karena banyak hal yang belum kamu coba dan ketahui.

Keluar dari zona nyaman adalah cara terbaik untuk menakar kemampuanmu juga sebagai jembatan menuju ke keseruan menjelajah dunia yang nggak terduga. Selagi masih muda, jangan sia-siakan segala kemungkinan-kemungkinan yang ada.

Itulah beberapa penyesalan-penyesalan yang acap dialami oleh mereka yang telah memasuki usia senja. Sebelum kamu menyesal, ada baiknya kamu menyadari dan mengubah kebiasaanmu yang salah. Hidup cuma sebentar, Guys.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya