6+ Jajanan yang Wajib Kamu Coba dari Berbagai Belahan Dunia. Paling Tidak Seumur Hidup Sekali Lah Ya

Posted on


Salah satu hal yang paling dicari saat berkunjung ke negara lain adalah kulinernya. Wajar sih. Selain karena makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, kuliner di setiap negara memiliki ciri khasnya tersendiri yang nggak bakal bisa kamu temukan saat kamu sudah pulang ke kampung halaman. Nggak heran kan kalau setiap jalan-jalan, hal utama yang selalu dicari adalah makanan!

Nah, kali ini Hoopsbyjudy bakal bahas jajanan kecil dari berbagai belahan dunia. Apa saja yang sudah kamu coba nih? Biar referensimu jajananmu bertambah, yuk simak ulasan Hoopsbyjudy berikut ini 🙂

1. Buat kamu yang pernah berkunjung ke Jepang, hampir di setiap sudut kota atau restoran ada menu yang namanya Yakitori

Yakitori via relish.com

Kudapan ini sudah ada di Jepang sejak lama. Yakitori bentuknya seperti sate, daging ayam dan sayuran ditusuk-tusuk, dibakar pakai arang, dan dinikmati dengan bumbu kecap atau garam. Dari dulu yakitori dikenal sebagai makanan ‘sahabat’ rakyat biasa karena harganya yang murah. Karena awalnya jajanan ini dibuat dari sisa tulang dan otot ayam yang diambil dari restoran-restoran. Tapi semakin ke sini yakitori juga dibuat dari daging dan jadi makanan favorit hampir seluruh lapisan masyarakat Jepang.

2. Jajanan di Macao juga tak kalah lezat, salah satunya Almond Cookies. Jajanan yang satu ini wajib kamu coba saat main ke Macao!

almond cookies via www.littlestepsasia.com

Sebagai salah satu jajanan khas Macao, Almond Cookies jelas nggak boleh kamu lewatkan saat kamu berkunjung ke sana. Almond Cookies ini sudah ada sejak tahun 1920-an di Macao lho. Nah dari resep yang sudah bertahun-tahun itu, sensasi crunchy yang berasal dari almondnya nggak berubah sama sekali. Karena itu banyak banget yang memilih Almond Cookies sebagai oleh-oleh khas dari Macao.

3. Kali ini kita pindah ke Korea Selatan. Di negara ini ada satu jajanan unik yang tidak kalah bikin penasaran, namanya Bungeoppang

Bungeoppang via hlebexpert.ru

Di Korsel, selain musik dan serial dramanya, hal yang sering jadi sorotan dunia adalah kulinernya. Pecinta K-Pop pasti tahu jajanan unik bernama Bungeoppang yang berbentuk ikan dengan isian kacang merah hangat di dalamnya. Meski bentuknya seperti ikan, tapi rasanya sama sekali bukan ikan kok. Adonan berwarna cokelat itu terbuat dari tepung terigu. Karena disajikan hangat, camilan ini biasa disantap saat musim dingin tiba.

4. Salah satu jajanan lain yang nggak kalah populer dari Macao adalah Egg Crisps. Cocok buat dimakan sembari menjelajahi jalanan Macao nih

egg crisps via gninethree.com

Kuliner Macao tidak ada habisnya. Selain egg tart Portugis, Serradura, hingga Almond Cookies, buat kamu yang doyan olahan ayam ada nih yang namanya“Egg Crisps”. Jajanan yang satu ini bisa kamu temukan pas kamu jalan-jalan di Senado Square. Terbuat dari bahan-bahan simpel seperti telur, tepung dan gula, jajanan manis yang satu ini cocok sebagai teman perjalanan mengelilingi Macao.

5. Di Turki ada makanan khas mirip kebab yang bernama durum. Bedanya isian dalam durum ini didominasi sayuran. Sehat banget!

Durum via www.outtheresomewhere.ca

Buat kamu pecinta sayuran, jajanan asal Turki satu ini cocok banget buat kamu coba. Meski didominasi sayuran, Durum tidak melupakan ciri khas kebab yang mana harus terdapat doner atau daging giling di dalamnya. Tidak hanya di Turki, durum juga ternyata banyak dijual di negara-negara Eropa lain, seperti Jerman.

6. India tidak hanya dikenal dari film-filmnya saja, banyak juga kudapan khas negara ini yang patut dicoba, salah satunya pani puri

Pani puri via www.crazymasalafood.com

Pani puri adalah jajanan berbentuk bola yang ukurannya sebesar bola pingpong, terbuat dari tepung dan biasanya diisi kacang-kacangan, kentang rebus, hingga rempah-rempah. Hmm…mirip-mirip pastel mungkin ya? Tapi bumbu rempah inilah yang membuatnya khas, karena terdiri dari campuran air, asam, cabai, daun ketumbar, daun mint dan beberapa bumbu ala India. Campuran air dengan rasa asam dan pedas inilah yang dinamakan ‘pani’.

7. Balik lagi ke Macao, ada Double Steamed Milk Pudding yang wueeenak nih

Steamed Milk Pudding via gninethree.com

Kuliner yang satu ini sudah berumur 150 tahun lebih lho. Aromanya yang kuat dan rasanya yang lembut dan creamy membuat kuliner yang satu ini selalu jadi tujuan untuk melepas lelah sehabis jalan-jalan keliling Macao. Mau pesan yang hangat atau dingin, sama-sama enak kok! Tertarik nggak nih nyobain yang ini?

Banyak banget hal-hal unik di Macao yang wajib dieksplor, termasuk kulinernya! Oh ya, kamu tahu tidak, Macao ini punya banyak sekali bangunan bersejarah yang masih kental budayanya lho. Salah satunya adalah Fortaleza do Monte, yang merupakan bagian dari “Pusat Sejarah Kota Macao”. Tempat ini ternyata masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO lho! Ya iya, dibangunnya aja tahun 1600-an, benar-benar sarat akan sejarah. Sebenarnya masih banyak sekali spot menarik yang ada di Macao. Sambil menikmati bangunan-bangunan klasik di sana, pastinya asyik kalau sambil nyemil jajanan-jajanan yang Hoopsbyjudy sebut di atas ya, guys.

Jajanan dari mana nih yang paling menggoda seleramu?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya