6 Kebaikan dan Keuntungan si Hiperaktif ini Sering Tak Dihargai, Cuma Kebawelannya Aja yang Diingat

Posted on


Kamu yang dikenal bawel dan pecicilan acap mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari beberapa orang. “Diam sebentar nggak bisa apa?”, kalimat singkat namun menyakitkan semacam itu kerap kamu terima. Meski terkadang kamu sudah berusaha untuk berubah, namun semua itu nggak menghasilkan apa-apa selain menimbukan resah di dada.

Pastilah rasanya “makjleb” saat mendengarnya, entah itu diucapkan oleh teman sendiri ataupun orang asing. Sesekali kamu membatin “kenapa sih mereka nggak menerimamu sebagaimana adanya?”. Padahal menjadi hiperaktif nggak sepenuhnya identik dengan hal-hal yang menyebalkan, banyak kebaikan yang kamu peroleh dari sifat ini. Berikut beberapa di antaranya.

1. Sejatinya kamu adalah orang yang peduli dengan temanmu. Kebawelanmu acap menghibur sehingga momen kongko menjadi lebih cair

Mencairkan suasana via www.pexels.com

Menjadi hiperaktif identik dengan perilaku gemar berbicara alias cerewet. Apa saja bagi orang hiperaktif menarik untuk diobrolkan. Dari kebawelanmu ini, kamu acap menjadi pencair suasana kala berada di momen kongko yang membosankan.

Karena banyaknya topik obrolan yang dimiliki, kamu menjadi pusat perhatian orang. Hal ini juga didukung oleh perilakumu yang banyak aksi. Dari sini terbaca bahwa menyenangkan orang lain adalah kebaikan yang kamu miliki sebagai si hiperaktif.

2. Orang sering bilang kamu pecicilan, ke sana ke mari, ikut sana ikut sini. Mereka nggak tahu bahwa keaktifan itu membuatmu punya banyak pengalaman

Banyak pengalaman via unsplash.com

Banyak orang yang–entah karena risih atau iri–mempertanyakan keaktifanmu hingga menjulukimu pecicilan. Mulai dari sering dibilang nggak bisa diam sampai dicap nggak sayang tubuh dan jarang istirahat. Padahal sesungguhnya yang kamu lakukan ini adalah kebaikan. Keaktifanmu ini membawamu ke mana-mana, belajar apa saja. Dari sini kamu memperoleh bekal yang bernama pengalaman. Terang, itu sangat berharga.

3. Selain itu mobilitas yang tinggi, ditambah sifatmu yang mudah bergaul membuatmu punya banyak teman

Friendly via www.pexels.com

Kamu tergolong nggak segan mencoba hal yang baru dan nggak malu berkenalan. Dari situ banyak sekali pertukaran isi kepala yang membuatmu semakin berpengetahuan. Dan yang paling penting adalah kamu memiliki banyak teman yang sewaktu-waktu bisa membantumu di kala kamu menemui kesulitan.

4. Banyak omong menjadi kebiasaanmu yang akan menolong saat kamu dihadapkan pada momen kamu harus berbicara di depan orang banyak

Berbicara di muka umum via unsplash.com

Sejatinya kamu harus tahan dilabeli sebagai orang yang cerewet atau bawel, sebab mungkin mereka nggak tahu bahwa kebiasaanmu ini seringkali berguna, khususnya saat kamu harus dihadapkan situasi harus berbicara di hadapan orang banyak.

Karena kamu sudah terbiasa berbicara, kemampuan verbalmu menjadi terasah dan ihwal mental jangan lagi ditanya, kamu sudah terbiasa dengan tatapan-tatapan orang saat sedang berbicara. Tentu saja ini akan sangat berguna dalam dunia kerja nantinya

5. Keceriaan menjadi salah satu ciri khasmu. Kamu bisa dengan mudah mengatur mood, mengubah kesedihan menjadi kesenangan

Orang yang hiperaktif identik dengan keceriaan. Ia seringkali menjadi penghibur teman-temannya di tongkrongan. Dari sana ada satu pengalaman yang bisa diperoleh – baik secara langsung maupun tidak, kamu menjadi bisa mengatur mood-mu sendiri. Kamu rela mengorbankan suasana hatimu yang keruh dengan menghibur orang lain.

Maka jangan heran di kala sedih melanda, kamu acapkali bisa mengontrolnya, mengalihkan kesedihan dan menggantinya dengan memikirkan hal lain yang lebih menyenangkan.

6. Meski kadang ribet sendiri, namun punya banyak keinginan dan kegiatan akan membuatmu jadi tangguh dan lebih kreatif dalam mewujudkan cita-cita

KeBMan yang berujung kreativitas via www.pexels.com

Pernah nggak sih, aktivitasmu diinterupsi oleh temanmu? Mereka mempertanyakan keribetanmu mengurus ini dan itu. Pasti pernah, bukan? Yap! Memang sih kadang kamu kewalahan dengan keinginan, cita-cita, acara, yang kamu kerjakan. Namun, dengan keberhasilan melewati kesibukan itu, lama-kelamaan kamu menjadi terlatih dan berdaya.

Pengalaman-pengalaman itu akan mengubahmu menjadi orang yang kreatif dalam mengerjakan sesuatu karena kamu selalu dituntut untuk menyelesaikan banyak hal secara cepat.

Mudah bergaul, banyak teman, banyak pengalaman, kreatif, dan yang lainnya menjadi kebaikanmu yang jarang dibicarakan orang. Seberapa pun cibiran yang kamu terima terkait sifatmu yang bawel dan hiperaktif ini, baiknya jangan terlalu diambil pusing. Kalau dirasa cibiran mereka nggak berguna, abaikan saja. Lakukan apa yang membuatmu bahagia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya