6 Kebiasaan yang Menandakan Kamu Pribadi yang Kreatif dan Inovatif

Posted on


Terkadang kamu nggak perlu menjadi orang pintar untuk bisa sukses atau membanggakan keluarga. Adakalanya cukup menjadi orang yang kreatif. Karena pribadi yang kreatif selalu bisa menarik perhatian orang lain dengan cara pandangnya terhadap sesuatu, aktivitasnya yang beda dari orang lain, produktivitasnya dan lain sebagainya.

Meskipun terkadang mereka yang kreatif punya penampilan yang biasa sekali. Tapi entah kenapa mereka yang tergolong kreatif selalu punya daya tarik tersendiri atas keahlian yang dimilikinya. Kalau kamu bagaimana? Apakah menurutmu dirimu tergolong pribadi yang kreatif? Untuk bisa menilai kepribadian orang kreatif sejatinya kamu bisa melihatnya dari kebiasaan yang mereka lakukan. Berikut di antaranya.

1. Kamu gampang bosan, tapi mudah menyukai hal-hal baru, membuatmu ingin belajar selalu

Suka hal-hal baru  via www.pexels.com

Mereka yang tergolong kreatif biasanya adalah orang-orang yang mudah bosan dalam aktivitas tertentu. Namun ia akan cenderung fokus dan intens mengerjakan sesuatu yang benar-benar menarik perhatiannya, yang benar-benar ia suka. Selain itu, oorang yang kreatif juga suka dengan hal-hal baru. Ia terbuka dengan sebuah kebaruan, entah bentuknya hanya sekedar informasi atau pengetahuan maupun aktivitas yang akan dilakukan.

2. Ketika menyukai sesuatu kamu tak perlu alasan pasti, dan kadang melakukannya berdasarkan perasaan, apapun resikonya nanti

Karena suka aja via www.pexels.com

Orang kreatif acapkali tidak butuh alasan mengapa ia menyukai sesuatu. Misal tiba-tiba ia suka menggambar atau mendesain, saat ditanya alasannya ia pasti akan kesulitan mendeskripsikan penyebabnya. Ketika ia tertarik terhadap sesuatu, dasarannya hanya rasa suka dan ingin melakukannya. Barulah beberapa waktu setelah ia bosan, biasanya ia bisa mengingat penyebab dan alasan mengapa dulu ia suka menggambar dan lain-lain contohnya.

3. Kamu seringnya mendapat ide-ide gila nan cemerlang di waktu dan tempat yang tak terduga sebelumnya

Tempat yang nggak terduga munculnya suatu ide via www.pexels.com

Setiap ada karya atau pemikiran yang cemerlang, pasti ada salah satu orang yang bertanya “idenya dari mana sih?”. Salah satu hal yang acap bikin orang iri dari pribadi kreatif adalah cara ia mendapatkan ide. Sejatinya orang kreatif pun nggak tahu atau sukar memperkirakan kapan ide akan mengalir dari otak, ia hanya bisa merangsangnya dengan cara masing-masing (tiap orang berbeda). Bisa saja sebelum kamu tidur, saat melamun, saat melihat langit, makan nasi telur, hingga saat kamu pup pun ide bukan tidak mungkin bisa muncul dari jiwa kreatifmu.

4. Saat orang lain melihat hal baru sebagai kesulitan, kamu justru melihatnya sebagai peluang dan tantangan

Oportunis via unsplash.com

Kalau kamu tergolong pribadi yang kreatif barangkali kamu juga gemar berimajinasi. Dengan daya imajinasi yang nggak terbatas, kamu yang kreatif selalu menemukan celah dari tiap kesulitan yang dihadapi. Ketika orang lain melihat suatu masalah dan menganggapnya penghalang, kamu berbeda, kamu cenderung menganggapnya sebagai peluang dan tantangan untuk maju.

5. Kadang kamu di bilang nakal hanya karena nggak suka mengikuti aturan yang menurutmu kurang tepat dan merepotkan

Kerap dianggap rebel via www.pexels.com

Pribadi kreatif biasanya juga punya pemikiran kritis terhadap sesuatu, biasanya aturan yang berlaku. Ia kerap berseberang-paham dengan aturan main yang sedang berjalan disekitarnya. Maka jangan heran kalau karenanya kamu yang kreatif kerap menerima penolakan dari lingkungan, kamu kerap dianggap rebel hanya karena berlain paham. Lho, padahal kan wajar-wajar saja kalau punya pandangan yang berbeda, toh Tuhan menciptakan manusia beragam.

6. Kamu lebih sering begadang, sebab mengutak-atik konsep ide itu makanan sehari-harimu

Suka begadang via unsplash.com

Apakah kamu lebih memilih (karena lebih nyaman) begadang mengerjakan sesuatu ketimbang memilih waktu lainnya? Kalau iya, boleh jadi kamu tergolong pribadi yang kreatif. Melansir Huffingtonpost, peneliti dari Catholic University of the Sacred Heart di Italia, menemukan bahwa orang yang suka begadang lebih bisa menngembangkan solusi kreatif dan orisinal dalam memecahkan suatu masalah daripada orang yang tidur notmal.

Marina Giampietro, penulis utama studi ini, berhipotesis bahwa begadang mungkin mendorong pengembangan semangat non-konvensional dan kemampuan untuk menemukan solusi alternatif dan orisinal. Maka dari itu orang yang bekerja di malam hari tampak lebih kreatif.

Itulah beberapa ciri orang kreatif. Sejatinya untuk menilai apakah dirimu tergolong orang yang kreatif atau tidak kamu hanya perlu menilai dari kebiasaan-kebiasaanmu sehari-hari. Seperti yang telah diulas di atas, apakah kamu sudah tergolong pribadi yang kreatif atau belum?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya