6 Kenangan keakraban Mahathir Mohamad dengan Soeharto, sahabat dekat

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Penduduk Malaysia baru saja mendapat pemimpin negara baru, setelah melangsungkan Pemilu Malaysia 2018 pada Rabu (9/5) kemarin. Hasil akhir dari pemungutan suara yang diikuti oleh seluruh masyarakat Negeri Jiran ini mengumumkan bahwa nama Mahathir Mohamad terpilih menjadi perdana menteri Malaysia.

Kemenangan Mahathir Mohamad pada Pemilu Malaysia 2018 kemarin menjadi tonggak sejarah baru karena mengakhiri dominasi Barisan Nasional yang sudah memerintah Malaysia selama lebih dari 60 tahun. Koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin Mahathir memenangkan 115 kursi parlemen, melebihi ambang batas 112 kursi yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan.

Politikus kawakan Malaysia ini kembali menduduki jabatan perdana menteri di umurnya yang sudah tidak muda lagi, yakni di usia 92 tahun. Sebelumnya sosok yang akrab disapa Dr M ini sudah pernah menjabat sebagai perdana menteri Malaysia dari tahun 1981 hingga 2003.   

Diketahui, Mahathir Mohamad memiliki hubungan baik dengan negara Indonesia. Pasalnya, ternyata beliau merupakan sahabat dan teman baik dari mantan Presiden Soeharto. Nah, berikut ini 6 kenangan keakraban Mahathir Mohamad dengan Soeharto yang dihimpun Hoopsbyjudy dari berbagai sumber, Jumat (11/5).

1. Saat Mahathir Mohamad menjabat sebagai perdana menteri tahun 1981, negara yang pertama kali dikunjunginya adalah Indonesia.

foto: historycontroversy.blogspot.co.id

2. Persahabatan yang mereka miliki memberi efek pada persahabatan kedua belah negara.

foto: merdeka.com

3. Mahathir diketahui mengagumi cara kepemimpinan Soeharto saat menjabat sebagai Presiden Indonesia.

foto: soscili.my

4. Keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama menjadi pemimpin negara terlama di negara masing-masing.

foto: ww1.kosmo.com.my

5. Foto kebersamaan Soeharto dan Mahathir Mohamad bersama Presiden Amerika Serikat Bill Clinton. Ketiganya kompak mengenakan kemeja batik.

foto: indonesiakuexplore.blogspot.co.id

6. Potret keakraban Mahathir Mohamad dan Soeharto di tahun 2006. Saat itu Mahathir mengunjungi Jakarta untuk bertemu Soeharto.

foto: economist.com

 

 

 

(brl/gib)