6 Makanan tinggi karbohidrat ini nggak bakal bikin kamu jadi gendut

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Banyak yang menganggap makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi merupakan salah satu penyebab naiknya berat badan seseorang. Sehingga tak sedikit orang berusaha mengurangi konsumsi asupan karbohidrat seperti nasi ketika melakukan program diet.

Tidak mengherankan memang jika mengingat sisa karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh biasanya akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak pada tubuh. Meski sebagian besar karbohidrat akan diubah menjadi energi.

Namun demikian kamu tak perlu khawatir, pasalnya ternyata ada beberapa jenis makanan dengan kandungan tinggi karbohidrat yang justru tidak membuat berat badan kamu jadi cepat naik. Jenis makanan ini merupakan makanan yang mengandung karbohidrat pati resisten. Pati resisten sendiri adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak bisa dicerna oleh usus.

Apa sajakah jenis makanan-makanan tersebut? Berikut 6 makanan tinggi karbohidrat yang tak akan membuat berat badan kamu jadi cepat naik, seperti dilansir Hoopsbyjudy dari hellosehat.com, Senin (23/4).

1. Oat.

foto: thepioneerwoman.com

Oat atau bubur havermut adalah salah satu jenis makanan dengan kandungan karbohidrat pati resisten yang baik. Dalam 100 gram porsi oat standar mengandung sekitar 3,6 gram pati resisten, sedangkan untuk jenis rolled oats bisa mengandung pati resisten hingga 11,3 gram dalam 100 gram porsinya.

2. Beras cokelat.

foto: chowhound.com

Dalam 200 gram nasi dingin yang terbuat dari beras cokelat dapat mengandung sebanyak 3 gram pati resisten. Tak hanya itu, beras cokelat juga kaya akan vitamin dan mineral yang bisa membantu proses pemecahan energi dalam tubuh.

3. Kacang-kacangan.

foto: realfoodforlife.com

Beberapa jenis kacang-kacangan yang kaya akan kandungan pati resisten adalah kacang hijau, kacang putih, lentil, kacang polong, kacang buncis dan kacang merah. Per 100 gramnya kacang-kacangan ini bisa mengandung 1-4 gram pati resisten, tergantung jenis kacangnya.

4. Kentang.

foto: tarimturk.com.tr

Kentang merupakan makanan dengan sumber karbohidrat pati resisten yang tinggi. Selain karbohidrat, kentang juga kaya akan zat gizi lainnya seperti kalium dan vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh. Nah, untuk meningkatkan kandungan pati resisten pada kentang, sebaiknya dinginkan dulu kentang yang telah direbus.

5. Pisang hijau.

foto: organicfacts.net

Buah yang satu ini memang dikenal sebagai makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Akan tetapi untuk kadar karbohidrat pati resisten paling banyak ditemukan pada pisang hijau alias pisang yang kematangannya belum sempurna. Dilansir dari British Nutrition Foundation, per 100 gram pisang hijau mengandung 6,8 gram pati resisten, sementara pada pisang kuning hanya sebesar 0,98 gram saja.

6. Tepung jagung.

foto: livingnongmo.org

Tepung jagung terbuat dari biji jagung yang sebelumnya dikeringkan dan digiling hingga halus. Untuk meningkatkan kandungan pati resisten, kamu bisa menambahkan 1 sendok makan tepung jagung murni ke dalam yoghurt atau bubur oats dingin. Tak hanya mengandung pati resisten, tepung jagung juga dapat membantu menstabilkan gula darah.

 

 

(brl/gib)