6 Racikan Es Kepal BUKAN Milo yang Kalorinya Lebih Santai. Cocok Buat Teman Buka Puasa Nih!

Posted on


Siapa sih yang nggak tahu es kepal milo? Es serut yang dikepal-kepal lalu disiram dengan adonan milo bercampur cokelat bubuk dan susu ini memang lagi viral banget sejak awal April lalu. Meski banyak yang berburu kudapan hits ini, sayangnya es kepal milo diklaim menyimpan banyak banget kalori. Bayangkan saja, dalam satu porsi es kepal mengandung gula mulai dari cokelat bubuk dan susu kental manisnya, belum lagi kalau sudah ditambah topping. Siap-siap tambah haus deh!

Nah, buat yang udah penat dengan es kepal milo yang manisnya kebangetan itu, Hoopsbyjudy punya racikan es kepal selain milo yang kalorinya lebih rendah. Cocok buat persiapan takjil buka puasa juga.

1. Kelezatan rasa green tea yang menggugah selera bakal kamu temukan dalam Es Kepal Matcha yang disajikan bersama topping yang bersahabat di perut

Es Kepal Greentea via www.youtube.com

Bahan-bahannya:

  • 2 sachet susu kental manis putih
  • 50 gr bubuk matcha green tea
  • 2 sdm air panas

Cara membuatnya:

  1. Campurkan bubuk matcha green tea dan susu kental manis, lalu tambahkan air panas, aduk hingga larut.
  2. Serut es batu, lalu siapkan di mangkuk saji.
  3. Siramkan larutan saus matcha green tea di atas es kepal, lalu beri topping sesuai selera, misalnya kacang mete atau kacang tanah sangrai.

2. Paduan es serut dengan kreasi biskuit oreo nggak kalah nendang rasa cokelatnya. Kamu bisa tambahkan susu atau gula sedikit saja sesuai selera

Es Kepal Oreo via www.vemale.com

Bahan-bahannya:

  • 8 keping biskuit oreo, pisahkan dari krimnya
  • 250 ml susu cair
  • 100 ml air
  • Es krim vanila buat topping

Cara membuatnya:

  1. Campur susu cair dan air, aduk rata, lalu bekukan dalam boks es batu.
  2. Sementara itu, hancurkan oreo dalam wadah.
  3. Setelah susu beku, keluarkan dan serut dengan menggunakan mesin serut es.
  4. Tata es serut dalam gelas, taburi permukaan es dengan oreo yang sudah dihancurkan.
  5. Hias bagian atasnya dengan satu scoop es krim vanila. Sajikan selagi dingin.

3. Sembari nostalgia, kamu bisa racik sendiri Es Serut Pelangi Jadul yang gampang banget bikinnya. Kamu bisa tambahkan dengan isian yang kamu suka

Es Serut Pelangi Jadul via dude4food.blogspot.co.id

Bahan-bahannya:

  • Sirup rasa melon
  • Sirup rasa coco pandan
  • Air soda biru
  • Nata de coco, jelly, kacang-kacangan atau isian lainnya yang kamu suka
  • Es serut secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Masukkan nata de coco, jelly, atau isian lain sesuai selera.
  2. Tambahkan es serut hingga menggunung dan menutupi mangkuk. Lalu tuangkan sirup rasa coco pandan, sirup rasa melon dan air soda biru pada sisi yang berbeda.
  3. Es serut pelangi sudah siap untuk dihidangkan.

4. Kamu yang doyan banget makan durian, menu Es Kepal Durian rasanya pas banget buat teman berbuka puasa. Tapi ingat, jangan kebanyakan, ya!

Es Serut Durian

Bahan-bahannya:

  • 600 gr durian, ambil daging buahnya
  • 1 liter santan dari kelapa parut
  • Sirup coco pandan
  • Es serut secukupnya
  • Susu kental manis buat taburan

Cara membuatnya:

  1. Rebus santan hingga mendidih, lalu sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk saji, beri daging buah durian. Tambahkan dengan santan rebus yang sudah dingin, sirup coco pandan dan es serut secukupnya.
  3. Sebagai pelengkap, siram dengan susu kental manis secukupnya.

5. Buat memenuhi asupan kacang-kacangan, rasanya bikin Es Kepal Kacang Merah bisa jadi ide bagus

Es Kepal Kacang Merah via www.sumber.com

Bahan-bahannya:

  • 150 gr kacang merah, rendam semalaman
  • 100 gr gula merah, sisir halus
  • 200 gr gula pasir
  • Air (khusus untuk merebus kacang)
  • Air 700 ml
  • Susu kental manis
  • Es serut
  • Alpukat untuk taburan
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat:

  1. Untuk sirup gula, rebus air 700 ml, masukan gula pasir, gula merah dan daun pandan hingga mengental.
  2. Masukkan kacang merah dalam air yang sudah mendidih, masak hingga lunak atau empuk. Angkat dan dinginkan.
  3. Siapkan mangkuk, masukan kacang merah dan sirup, tambahkan es serut, tambahkan alpukat lalu tuangkan susu kental manis. Sajikan.

6. Satu lagi yang suka buah, Es Kepal Mangga yang rasanya nano-nano ini pas banget buat berbuka puasa

Es Serut Mangga via hobsons-cafe.jp

Bahan-bahannya:

  • 100 ml sirup vanili
  • 2 buah mangga arumanis, kupas, dan potong-potong
  • 100 ml jus mangga
  • Es batu, serut

Cara membuat:

  1. Blender sirup vanili, mangga, dan jus mangga, sisihkan.
  2. Tuangkan ke dalam gelas lalu masukkan es serut ke dalamnya.
  3. Hias dengan potongan buah mangga dan sajikan.

Nah, kalau sudah bosan atau khawatir dengan kalori es kepal milo yang terlalu tinggi, kamu nggak perlu bingung lagi, segera praktikkan es kepal selain milo yang nggak kalah menyegarkan ini, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya