6 Rahasia Dari Mereka yang Jarang Terlihat Stres, Kepoin Sekarang Sebelum Kamu Mengalami

Posted on


Kegiatan yang menumpuk seringnya jadi salah satu penyebab kamu terlihat stres. Sulit mengatur waktu karena harus kerjakan ini dan itu, ditambah lagi adanya deadline yang bikin kepala tambah pusing. Hebatnya, ada orang-orang yang ternyata nggak riweuh serepot apapun keadaan. Mereka malah terlihat tenang, santai, dan seperti nggak ada masalah sama sekali.

Orang-orang yang tetap tenang saat menghadapi apapun ini punya kebiasaan simpel. Mereka adalah tipe orang yang nggak gegabah, dan memikirkan secara matang dulu saat mau memutuskan. Untuk itu, kamu bisa kepoin beberapa rahasia orang yang jarang terlihat stres berikut ini. Lumayan, kamu jadi bisa coba ikuti biar tertular resep tenangnya dalam hal apapun.

1. Pikirkan momen-momen seru di tempat menyenangkan yang pernah dialami. Simpel, tapi sukses bikin otak nggak mumet

pikirkan momen menyenangkan via unsplash.com

Udara panas, terutama sering macet-macetan di jalan bikin siapapun stres. Kalau lagi begini harus diri sendiri yang mau mengubah suasana hati. Semisal kamu coba pikirkan momen-momen menyenangkan, apalagi kalau berada di tempat yang seru. Cara ini digunakan oleh orang-orang yang selalu tenang menghadapi apapun karena tekanan yang didapat semakin sedikit. Momen menyenangkan identik dengan kebahagiaan, maka kamu harus pandai mengolah emosi diri.

2. Kalau masih ada waktu esok hari, mereka tak memaksakan diri bekerja sampai larut malam dan memilih istirahat

nggak memaksa bekerja via www.medicalnewstoday.com

Kadang kamu berpikir kalau pekerjaan cepat selesai akan membuat diri lebih tenang. Hal itu sah saja terjadi kalau tubuh sehat dan ditunjang dengan istirahat cukup, serta pola makan yang baik. Tapi, beda ceritanya kalau memaksakan mata tetap terbuka saat sudah mengantuk, otak bekerja, dan tubuh lelah. Karena hal itu cuma membuat hasil pekerjaan nggak maksimal, kesehatan menurun, dan stres. Makanya, orang-orang yang selalu tenang sangat menghindari kebiasaan seperti ini. Kalau tubuh memang sudah lelah dan mengantuk, maka nggak akan lanjut bekerja sampai lembur tengah malam.

3. Saat tidur malamnya kurang, tidur siang hari jadi daftar wajib sebelum menikmati secangkir kopi

minum kopi via unsplash.com

Banyaknya pekerjaan, sekalipun tubuh sudah sangat lelah dan mengantuk mau nggak mau mmebuat orang-orang yang terlihat tenang akan kurang tidur. Ketika hal itu terjadi, mereka akan mengatasinya dengan tidur siang sejenak beberapa menit dan minum kopi secukupnya. Kedua hal itu terbukti mampu meningkatkan konsentrasi dan mengurangi rasa kantuk.

4. Fokus dengan semua hal yang ada hari ini dan masa depan, sementara soal masa lalu mau nggak mau harus diabaikan

fokus pada masa sekarang via unsplash.com

Masa lalu yang membekas dalam ingatan sering mengganggu. Melamun sebentar, si dia dari masa lalu datang dalam pikiran. Akibatnya, kamu jadi sulit fokus pada apa yang saat ini ada di depan mata. Kamu bakal sering gelisah dan lama-lama stres menghampiri. Sedangkan orang-orang yang tenang biasanya selalu berusaha fokus dengan sekarang. Mereka nggak mau biarkan diri merenungkan kesalahan masa lalu atau khawatir tentang masa depan.

5. Meditasi nggak cuma bagus untuk kesehatan tubuh, tapi juga pikiran dan perilaku

meditasi sejenak via unsplash.com

Sesibuk-sibuknya kegiatan, sempatkan untuk bermeditasi setiap hari. Walau cuma beberapa menit, meditasi tersebut dapat menghadapi tekanan apapun sehari-hari. Kamu akan jadi lebih tenang dan nggak serba pusing saat melakukan berbagai kegiatan dengan dikejar deadline. Biasakan juga memulai hari dengan tarik napas secara perlahan karena bisa menenangkan pikiran. Ambil  napas dalam-dalam di pagi hari sebelum meninggalkan rumah, lalu buang pelan-pelan. Ketika kamu merasa tertekan nanti, pasti mampu menangani situasi dengan pikiran yang tenang.

6. Nggak pernah memaksa berolahraga kalau belum istirahat dan makan yang cukup

nggak olahraga kalau belum makan dan tidur yang cukup via pixabay.com

Buat kamu yang selama ini sering malas-malasan berolahraga, dari sekarang harus diubah. Karena kegiatan bermanfaat satu ini sangat berpengaruh pada cara kamu menghadapi berbagai hal. Nggak cuma tubuh makin sehat, tapi bisa hilangkan stres. Namun, jangan pernah memaksa tubuh berolahraga saat kurang tidur dan belum makan yang cukup. Bukannya sehat, kamu malah bisa sakit dan menganggu kegiatan.

Rahasia orang-orang yang selalu terlihat tenang ternyata simpel banget. Tanpa mengeluarkan uang, mereka membiasakan diri lakukann enam hal sederhana tadi. Nah, kamu sendiri kapan mau memulainya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya